Kehamilan

Jangan Disepelekan, Ini 6 Manfaat Tidur Menyamping bagi Ibu Hamil!

October 6, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kebanyakan wanita hamil sering mengeluh soal sulitnya menemukan posisi tidur yang nyaman. Hal itu disebabkan kamu harus tidur dengan kondisi miring agar sang bayi nyaman. Ini deretan manfaat tidur menyamping bagi ibu hamil. 

6 manfaat tidur menyamping bagi ibu hamil 

Berikut ini beberapa manfaat tidur menyamping seperti dilansir dari Healthline

1. Mengalirkan aliran darah 

Bagi kamu yang sedang hamil besar, sangat dianjurkan untuk tidur menyamping ke kiri.

Memposisikan diri di sisi kiri tubuh, membuat aliran darah mengalir secara optimal dari vena cava inferior (IVC), berjalan sejajar dengan tulang belakang di sisi kanan. Hal itu membawa darah ke hati dan akan sampai ke bayi yang berada di kandungan.

2. Mengurangi tekanan darah di hati 

Perlu kamu ketahui, tak hanya itu saja tidur miring ke kiri juga mengurangi tekanan pada hati dan ginjal. Ini berarti lebih banyak ruang agar berfungsi dengan baik, membantu mengatasi masalah pembengkakan di tangan, hingga pergelangan kaki. 

3. Menjaga rahim 

Sangat dianjurkan untuk tidur menghadap ke kiri karena hati berada di sisi kanan perut, dengan berbaring di sisi kiri membantu menjaga rahim dari organ besar tersebut. 

4. Meningkatkan sirkulasi darah ke jantung 

Tidur miring ke kiri juga meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Selain itu, posisi tidur ini bermanfaat untuk mengalirkan darah ke janin, rahim, dan ginjal. 

5. Mencegah sesak napas

Selain itu, posisi tidur miring ibu hamil juga bermanfaat untuk mencegah sesak napas selama kehamilan. Caranya, kamu cukup mengganjal bantal di bawah dada agar posisinya lebih tinggi.

6. Mencegah nyeri asam lambung 

Cara lainnya yaitu berbaringlah menyamping dengan posisi meringkuk di sisi kiri, selipkan bantal di antara lutut dan di belakang punggung. Kemudian, sangga kepalamu dengan tambahan bantal.

Posisi tidur ibu hamil yang satu ini membantu menjaga asam lambung tetap di dalam perut dan tidak naik ke tenggorokan. Hindari juga makan makanan pedas sebelum tidur untuk mencegah maag kambuh.

Apakah posisi tidur lainnya berbahaya bagi ibu hamil?

Melansir  penjelasan dari Kids Health, jangan membuat diri kamu terlalu khawatir akan berguling atau berubah posisi di malam hari. Pergeseran posisi adalah bagian alami dari tidur yang tidak dapat dikendalikan.

Kemungkinan besar, selama trimester ketiga kehamilan, tubuh tidak akan bergeser ke posisi tidur terlentang karena akan sangat tidak nyaman.

Cobalah bereksperimen dengan bantal untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Beberapa wanita merasa terbantu dengan meletakkan bantal di bawah perut atau di antara kaki mereka.

Selain itu, menggunakan bantal bertumpuk atau selimut yang digulung di bagian bawah punggung dapat membantu mengurangi tekanan. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar

Tips tidur nyenyak bagi ibu hamil 

Sangat penting bagi kamu untuk merelaksasikan otot-otot tubuh yang tegang ketika hamil. Hal itu dapat mempermudah ibu hamil menemukan posisi tidur yang nyaman. Ketika beberapa bagian tubuh tegang, berbaring ke kanan atau kiri pun jadi tidak nyaman.

Memijat atau meregangkan bagian tubuh seperti betis, bahu, dan lengan, telah terbukti efektif membantu ibu hamil tidur dengan nyenyak.

Merelaksasikan otot-otot tubuh bisa kamu mulai dengan menegangkan dan melepaskan otot-otot tangan dan lengan, pertama, di satu sisi dan kemudian di sisi lain. Ulangi ke arah lengan atas, wajah dan rahang, dada dan bahu, serta bagian perut. Kamu bisa lanjutkan sampai ke bagian kaki. 

Namun, ada baiknya juga, sebelum kamu menentukan posisi tidur yang nyaman dan sesuai keinginan, sangat dianjurkan untuk segera menyelesaikan segala urusan kamar mandi, termasuk buang air kecil dan buang air besar sebelum tidur. 

Dengan begitu, tidak harus sering terbangun tengah malam untuk bolak-balik ke kamar mandi dan membuat kualitas tidur semakin nyenyak. 

Namun, jika kamu masih tidak merasa nyaman atau tetap kesulitan untuk tidur nyenyak selama kehamilan ada baiknya konsultasi dengan dokter.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Kidshealth.org (2016) diakses pada 5 Oktober 2020. Sleeping During Pregnancy
  2. Whattoexpect.com (2020) diakses pada 5 Oktober 2020. Sleeping Positions During Pregnancy
  3. Healthline.com (2020) diakses pada 5 Oktober 2020. What Are the Best Sleeping Positions When You’re Pregnant? 
    register-docotr