Diet dan Nutrisi

8 Cara Membakar dan Menghilangkan Lemak di Perut yang Efektif, Yuk Dicoba!

October 6, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Buat kamu yang punya perut buncit karena tumpukan lemak pasti pernah merasa tidak percaya diri pada penampilan. Jangan diam saja, yuk terapkan cara menghilangkan lemak di perut berikut ini!

Ya, faktanya upaya menghilangkan lemak perut itu bukan hanya sekadar kebutuhan untuk menunjang penampilan, lho. Ini juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Pahami bahwa lemak yang berlebihan di perut bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari. Sebut saja misalnya seperti obesitas, jantung, hingga diabetes tipe 2.

Apa itu lemak perut?

Pada dasarnya, semua orang itu punya lemak perut, termasuk juga orang-orang yang punya perut ramping. Lemak perut sendiri adalah lemak yang mengelilingi organ perut. 

Ada tiga jenis lemak: trigliserida (lemak yang bersirkulasi dalam darah), lemak subkutan (lapisan tepat di bawah permukaan kulit) dan lemak visceral (lemak perut berbahaya).

Nah, lemak visceral terletak di bawah otot-otot di perut dan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan kamu jika terlalu banyak jumlahnya.

Lemak perut tidak hanya diam dalam tubuh, tapi juga aktif dan bisa mendatangkan ‘zat jahat’ melalui produksi hormon dan bahan kimia berlebih.

Cara menghilangkan lemak di perut secara alami

Kunci utama untuk menghilangkan lemak perut adalah kita melakukannya dengan konsisten.

Kamu bisa mencoba cara menghilangkan lemak di perut secara alami dengan menggabungkan berbagai metode, dari olahraga dan menyeimbangkan dengan makanan sehat, dan pola hidup sehat. 

Berikut ini berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan lemak perut:

1. Perbaiki pola diet

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu kamu menurunkan berat badan, dan itu juga cenderung memiliki efek positif pada kesehatan keseluruhan termasuk lemak perut.

Kamu harus menghindari gula, makanan berlemak, dan karbohidrat olahan yang memiliki kandungan gizi rendah. Sebaliknya, kamu harus makan banyak buah dan sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

Makanan yang tinggi serat juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Sebuah studi mengatakan bahwa  mendorong penurunan berat badan dengan membantu kamu merasa kenyang.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari. Sumber serat larut yang sangat baik meliputi:

  • Biji rami
  • Mie shirataki
  • Kubis brussel
  • Alpukat
  • Blackberry

Makanan penghancur lemak perut

Selain mengonsumsi asupan bergizi, pertimbangkan juga untuk makan makanan penghancur lemak perut. Beberapa makanan peluntur lemak perut yang bisa kamu konsumsi adalah telur dan ikan yang mengandung banyak omega-3 seperti salmon dan makarel.

Teh hijau, teh oolong, kopi, cuka apel, minyak zaitun, dan yoghurt juga bisa digunakan sebagai peluntur lemak perut alami.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans adalah salah satu lemak paling tidak sehat yang biasa ditemukan dalam makanan kemasan.

Sebuah studi pada 2007 pada hewan menemukan hubungan antara lemak trans dan peningkatan lemak perut. Lemak trans juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kematian.

Bukan hanya pada makanan kemasan, lemak ini juga ditemukan dalam beberapa produk margarin. Tetapi banyak produsen makanan telah berhenti menggunakannya.

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan, kamu bisa membaca label kemasan sebelum membeli, biasanya sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial.

3. Hindari minuman beralkohol

Cara menghilangkan lemak perut secara alami berikutnya adalah menghindari alkohol. Buat kamu yang mungkin suka mengonsumsi alkohol, mungkin mulai bisa membatasi. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol bisa membuat kita bertambah gemuk. 

Studi observasional yang dimuat dalam The Journal of Nutrition menghubungkan konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dengan peningkatan risiko obesitas sentral. Ini merupakan proses penyimpanan lemak berlebih di sekitar pinggang.

4. Kurangi aktivitas pemicu stres

Pasti kamu bertanya, apa hubungannya stres dengan lemak perut? Stres dapat membuat kamu mendapatkan lemak perut dengan memicu kelenjar adrenalin untuk menghasilkan kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Psychosomatic Medicine menjelaskan bahwa, ketika stres wanita cenderung menghasilkan lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Peningkatan kortisol semakin menambah lemak di sekitar bagian perut.

Untuk mengatasi rasa stres, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan atau juga mulailah berlatih yoga dan meditasi.

5. Rutin berolahraga

Olahraga rutin dapat memangkas semua lemak, tidak terkecuali lemak pada perut. Kamu bisa menyisihkan setidaknya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga.

Kegiatan olahraga yang bisa kamu pilih misalnya seperti angkat beban, atau latihan kardio. Bisa juga latihan aerobik seperti berjalan, berlari, dan berenang, dapat mengurangi lemak perut yang lebih besar.  

Sebuah studi juga menemukan bahwa olahraga mencegah lemak perut kembali setelah penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan memperbaiki masalah metabolisme lainnya yang terkait dengan kelebihan lemak perut.

Cara membakar lemak perut bawah dengan olahraga

Jika kamu sudah mencoba cara di atas tapi lemak perut susah dihilangkan, bisa jadi itu adalah lemak perut bawah. Sebab, lemak perut bawah memang tidak mudah untuk disingkirkan. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa cara membakar lemak perut bawah yang bisa kamu lakukan:

1. Pilates

Cara mengecilkan dan mengurangi lemak perut bawah yang pertama adalah dengan pilates. Bukan dengan sembarang gerakan, kamu bisa melakukan pose the hundred. Latihan ini dinamakan the hundred karena memiliki 100 kali hitungan. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Berbaring telentang di atas matras dengan lutut ditekuk
  2. Angkat kaki satu per satu hingga membentuk seperti meja
  3. Arahkan jarimu menjauh dari tubuh, lalu angkat dan turunkan tangan satu inci dari lantai
  4. Angkat dada dan punggung dari lantai kemudian rebahkan kembali, lakukan secara berulang
  5. Gerakkan tangan, kepala, dan badan secara serempak dan mulailah menghitung sampai 100
2. Jackknife crunch
Pose jackknife crunch untuk membakar lemak. Sumber foto: www.mobiefit.com

Cara mengecilkan dan mengurangi lemak perut bawah selanjutnya adalah dengan jackknife crunch. Latihan ini bisa menjadi penghancur lemak perut alami, karena fokus pada bagian tubuh tersebut. Berikut cara melakukannya:

  1. Berbaring telentang dengan mengulurkan lengan ke atas telinga. Posisi tangan dan badan berada pada garis sejajar
  2. Secara bersamaan, angkat kedua lengan dan kedua kaki ke atas hingga saling bertemu, lalu kembali ke posisi semula
  3. Ulangi sebanyak 20 repetisi dalam 3 kali sesi

6. Cukupi kebutuhan tidur dan istirahat

Tidur sangat penting untuk aspek kesehatan, tidak terkecuali dengan masalah berat badan. Oleh karena itu, pastikan kamu setidaknya tidur 7 jam per malam. 

Sebuah studi menunjukan bahwa orang-orang yang tidak cukup tidur mengalami kenaikan berat badan, yang bisa juga meningkatkan lemak perut. 

Kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea, di mana pernapasan berhenti mendadak di malam hari, yang juga dikaitkan dengan kelebihan lemak visceral.

Selain tidur setidaknya 7 jam per malam, pastikan juga tidur malam kamu berkualitas. Jika mungkin kamu merasa mengalami sleep apnea, coba segera konsultasi dengan dokter. 

7. Kontrol makanan dan olahraga 

Agar program kamu berhasil, cobalah untuk melakukan kontrol dengan menggunakan catatan asupan, saat ini sudah banyak aplikasi smartphone yang bisa membantu kita untuk mengetahui berapa kandungan nutrisi dari makanan yang kita makan. 

Dengan cara yang terkontrol ini, strategi mengurangi lemak perut akan berjalan efektif.

Itulah berbagai cara menghilangkan lemak perut yang bisa kamu coba, mungkin awalnya akan terasa berat. Kamu bisa mencobanya satu per satu dan lihat berapa banyak lemak perut yang berhasil kamu kurangi.

8. Prosedur sedot lemak perut

Jika lemak perut susah dihilangkan meski telah melakukan beberapa cara, mungkin kamu bisa mencoba alternatif lain seperti liposuction. Mengutip dari Mayo Clinic, liposuction adalah prosedur bedah untuk sedot lemak perut menggunakan teknik isap.

Biasanya, sedot lemak perut dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas atau kondisi ketika lemak perut susah dihilangkan. Prosedur ini menggunakan anestesi atau bius lokal. Selama prosedur dilakukan, tekanan darah, detak jantung, dan kadar oksigen akan dipantau ketat.

Sedot lemak perut terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Tumescent: Menyuntikkan larutan steril bersama epinefrin dan lidokain ke area tubuh yang berlemak. Ini akan memudahkan dokter untuk memulai proses penyedotan
  • Ultrasound: Menggunakan energi gelombang suara untuk memecah dinding sel lemak agar bisa disedot keluar
  • Laser: Menggunakan bantuan radiasi laser untuk membantu mencairkan lemak

Nah, itulah cara membakar dan menghilangkan lemak perut secara alami yang bisa kamu coba. Yuk, terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari obesitas!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Atkins. Diakses pada 14/5/20.  Belly Fat, What is and How to get it rid of it

Healthline (2020). Diakses pada 14/05/20. 20 Effective Tips to Lose Belly Fat (Backed by Science)

Healthline, diakses 6 Oktober 2020, 12 Healthy Foods That Help You Burn Fat.

Healthline, diakses 6 Oktober 2020, How to Lose Lower Belly Fat the Healthy Way.

WebMD, diakses 6 Oktober 2020, Liposuction: What You Should Know.

Mayo Clinic, diakses 6 Oktober 2020, Liposuction.

    Berita Terkait
    register-docotr