Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Yuk, Cari Tahu di Sini!

September 11, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selama masa kehamilan, calon ibu diharuskan memerhatikan gizi dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.. Beberapa mitos pun tersebar di masyarakat, salah satunya adalah ibu hamil dilarang makan durian. Namun sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan durian?

Ketika menjalani masa kehamilan, kesehatan ibu dan bayi merupakan hal yang utama. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran sangat baik bagi ibu hamil.

Baca juga: Ini Daftar Makanan Sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil makan durian?

Durian adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Buah eksotis ini memiliki ukuran besar dan daging yang lembut dan empuk untuk dimakan. Meskipun memiliki aroma yang menyengat, buah ini menjadi favorit banyak orang, lho!

Banyak orang yang mengatakan bahwa durian merupakan pantangan bagi ibu hamil karena dipercaya dapat menimbulkan panas di dalam tubuh, yang dapat berdampak buruk pada janin. Jika ibu hamil makan durian juga dikhawatirkan mengalami keguguran. Benarkah demikian?

Dilansir Baby Center, dokter kandungan Dr Patrick Chia mengatakan bahwa durian aman dikonsumsi bagi ibu hamil asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Durian sendiri mengandung organosulfur dan triptofan, yakni senyawa yang memiliki efek antioksidan. Tak hanya itu, kedua senyawa ini juga memiliki sifat antimikroba, antibakteri, antijamur, yang mana hal ini bermanfaat bagi kehamilan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ibu hamil makan durian

Makan durian saat tengah mengandung memang diperbolehkan, akan tetapi pahami juga bahwa durian punya banyak gula dan karbohidrat. Dua buah biji durian berukuran sedang memiliki sekitar 60 kalori. Oleh karenanya, durian dianggap sebagai makanan tinggi indeks glisemik.

Ibu hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya menghindari makan durian karena kandungan gulanya yang tinggi.

Makan durian saat hamil secara berlebihan, hal ini berpotensi dapat meningkatkan berat badan pada bayi secara berlebihan.

Selain itu, karena kandungan kalorinya yang tinggi, mengonsumsi durian terlalu banyak dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

Manfaat buah durian untuk ibu hamil

Jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan oleh ibu hamil, durian sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Dilansir First Cry Parenting, berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh:

1. Kaya akan serat

Banyak ibu hamil yang mengalami sembelit akibat perubahan hormonal di dalam tubuhnya. Durian sendiri dapat bertindak sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia yang berbahaya dari usus.

Hal tersebut juga dapat dapat membantu menjaga selaput lendir terlindungi karena kandungan serat yang dapat mengurangi waktu paparan racun.

2. Sumber asam folat

Durian kaya akan asam folat dan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi. Ibu hamil dapat memperoleh 9 persen kebutuhan harian asam folat dari 100 gram durian.

3. Kaya akan kandungan vitamin B

Ibu hamil makan durian juga dapat memperoleh manfaat lainnya, yakni durian dapat membantu untuk memenuhi asupan vitamin B. Durian kaya akan kandungan ribloflavin (B2), niasin (B3) dan tiamin (B1). Kandungan tersebut bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil secara keseluruhan.

4. Kaya akan kandungan antioksidan

Durian mengandung zinc, triptofan dan organo-sulfur yang memiliki efek antioksidan. Senyawa tersebut dapat membantu melindungi ibu dan janin dari serangan radikal bebas dan polutan.

5. Kaya akan kandungan vitamin C

Vitamin C tak hanya bermanfaat untuk sistem imun saja, tetapi juga dapat membantu ibu dan janin yang belum lahir menyerap kalsium dan zat besi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ibu hamil makan durian yang perlu Moms ketahui. Mengonsumsi durian saat hamil memang boleh, tetapi jangan berlebihan, ya!

Tak hanya itu, jika Moms memiliki suatu kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter sebelum makan durian, untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Baby Center. Diakses pada 09 September 2020. Is It Safe to eat Durian in Pregnancy? 

First Cry Parenting (2018). Diakses pada 09 September 2020. Consuming Durian Fruit in Pregnancy 

Women’s Weekly (2019). Diakses pada 09 September 2020. Durian Myths: Will Eating Durian While Pregnant Make My Baby Grow Bigger? 

    register-docotr