Kehamilan

Hamil Kembar? Ini Cara Penuhi Asupan Nutrisi untuk Si Kecil

October 15, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Secara umum, ketika hamil tubuh memerlukan lebih banyak asupan nutrisi untuk mendukung perkembangan bayi dalam kandungan. Tapi, bagaimana dengan kehamilan kembar? Bagaimana cara memenuhi nutrisi dua bayi sekaligus?

Bila Moms sedang hamil kembar, tidak berarti Moms harus meningkatkan porsi makan hingga dua kali lipat sekaligus. Namun, Moms perlu lebih selektif dalam memilih makanan agar nutrisinya tepat. Supaya tidak bingung, yuk simak dalam ulasan berikut.

Asupan kalori saat hamil kembar 

Ketika Moms hamil kembar, moms harus mendapatkan kalori ekstra pada trimester pertama harus sekitar 300, lalu 680 kalori pada trimester kedua, dan 900 kalori ekstra pada trimester ketiga kehamilan. Pastikan Moms memenuhi asupan kalori dengan makanan bergizi. 

Idealnya, 20 hingga 25 persen asupan kalori dipenuhi lewat protein. Sementara 45 hingga 50 persen asupan kalori lainnya dipenuhi lewat karbohidrat. Perlu diingat, ibu hamil kembar berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional. 

Baca juga: Penasaran Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!  

Kebutuhan nutrisi saat hamil kembar

Berikut adalah nutrisi yang perlu dipenuhi saat hamil kembar.

Karbohidrat kompleks

Asupan karbohidrat kompleks akan memberi tubuh energi yang dibutuhkan selama kehamilan. Karbohidrat kompleks juga mengandung serat yang dapat membantu memelihara pencernaan dan mencegah sembelit. Setidaknya Moms butuh 300-400 gram karbohidrat per hari. 

Sumber karbohidrat kompleks meliputi:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Biji-bijian utuh seperti oat, beras merah, roti gandum, dan pasta

Protein dan zat besi

Asupan protein diketahui dapat meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Terutama protein yang mengandung zat besi yang mudah diserap tubuh.

Ketika volume darah meningkat selama kehamilan, pasokan darah untuk bayi kembar pun akan tercukupi. Setidaknya Moms butuh 70-100 gram protein per hari.

Di samping itu asupan zat besi dapat menurunkan risiko bayi lahir prematur maupun berat badan bayi rendah saat lahir. Moms juga bisa terhindar dari hipertensi bila asupan zat besi terjaga. 

Moms bisa mendapatkan asupan zat besi dari sereal yang diperkaya. Sementara, untuk memenuhi asupan protein sehat,  Moms bisa mendapatkannya dari:

  • Daging tanpa lemak
  • Ikan
  • Ayam atau unggas lain
  • Tahu atau produk kedelai lainnya
  • Biji-bijian
  • Kacang
  • Putih telur

Kalsium 

Kalsium penting untuk mencegah terjadinya preeclampsia , lahir prematur, dan bayi lahir dengan berat baddan rendah. Asupan kalsium harian yang ideal adalah 1,500-2500 mg. 

Moms bisa mendapatkan asupan kalsium dari:

  • Makanan olahan susu seperti keju dan yoghurt
  • Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kale 

Asam folat

Penting bagi Moms untuk mengonsumsi asam folat selama kehamilan. Asam folat dapat mencegah bayi mengalami cacat lahir. Namun jumlah asupannya harus ditentukan oleh dokter. Asam folat dapat diperoleh dari:

  • Jeruk
  • Bayam
  • Asparagus
  • Anggur

Magnesium

Asupan magnesium penting untuk mencegah bayi lahir sebelum waktunya dan membantu mengembangkan sistem saraf bayi. Idealnya, Moms butuh 300mg magnesium per hari.

Untuk memenuhi asupan magnesium, Moms bisa konsumsi kacang almond karena kacang adalah sumber magnesium yang baik. 

DHA

DHA adalah satu senyawa asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan organ tubuh Si Kecil dalam kandungan. Selain itu, DHA juga mendukung perkembangan IQ, kemampuan motorik hingga menurunkan risiko gangguan syaraf pada bayi.

Moms bisa memenuhi asupan DHA dengan mengonsumsi ikan salmon. 

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil kembar

Sangat penting untuk memilah-milah makanan selama masa kehamilan. Selain harus memerhatikan makanan yang perlu dikonsumsi, Moms juga harus mencatat makanan yang perlu dihindari. 

Hindari makanan dengan kalori kosong, seperti camilan manis, keripik, minuman bersoda serta minuman beralkohol. Selain itu, merokok dan paparan asap rokok juga penting untuk dihindari. 

Secara umum, larangan tidak hanya berlaku bagi Moms yang hamil kembar. Bagaimanapun saat hamil, Moms perlu memberikan nutrisi terbaik agar Si Kecil lahir sempurna.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

 

    register-docotr