Kehamilan

Garis Hitam di Perut Saat Hamil Bikin Risih? Berikut Penjelasannya!

October 14, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Sebagian wanita akan mendapati garis hitam muncul di perutnya pada saat hamil. Garis yang membujur dari atas kemaluan hingga ulu hati ini dinamakan linea nigra dan biasanya muncul setelah memasuki trimester ketiga masa kehamilan.

Situs kesehatan Very Well Family menyebut 80 persen ibu hamil akan melihat garis ini muncul di perut mereka. Meskipun demikian, linea nigra ini juga bisa terbentuk saat Moms sedang tidak hamil atau bahkan pada pria, lho.

Tampilan dan karakteristik linea nigra

Linea nigra biasanya membujur dari tulang kemaluan hingga atas pusar, tapi bisa juga memanjang hingga tulang dada. Lebar linea nigra sekitar 0,6-1,2 cm dan Moms biasanya akan melihat garis ini semakin kabur di bagian atas.

Meskipun demikian, tingkat kecerahan atau kegelapan dari garis ini berbeda-beda di masing-masing ibu hamil. Perbedaan tingkat kecerahan ini normal dan tidak memberikan arti khusus.

Linea nigra biasanya muncul di bulan ke-5 masa kehamilan atau bisa lebih cepat. Uniknya, beberapa wanita mengalami kemunculan linea nigra setelah mereka mandi dan tidak bisa menjelaskan penyebab pasti pemicunya.

Semakin usia kehamilan mendekati kelahiran, maka linea nigra akan terlihat lebih gelap daripada sebelumnya.

Apa penyebab munculnya linea nigra?

Penyebab pasti kemunculan linea nigra masih belum diketahui. Akan tetapi, kemungkinan kondisi ini muncul disebabkan akibat perubahan hormon yang terjadi pada saat masa kehamilan. 

Kemungkinan plasenta memicu melanosit, sel yang menghasilkan melanin, untuk menghasilkan warna di kulit. Pada saat ini mungkin juga puting Moms akan terlihat lebih gelap, yang kemungkinan disebabkan oleh faktor yang sama.

Mitos zaman dulu menyebut kalau garis ini muncul ketika Moms mengandung anak laki-laki. Nyatanya, linea nigra pun dapat muncul pada Moms yang mengandung anak perempuan.

Kemunculan linea nigra ini bukan sekadar jadi pertanda kalau seseorang sedang hamil. Maka dari itu, meskipun garis ini umumnya dialami oleh ibu hamil, beberapa anak perempuan, laki-laki, dan orang dewasa lainnya bisa memiliki garis ini.

Apakah linea nigra berbahaya?

Garis di perut saat hamil ini tidaklah berbahaya, meskipun kehadirannya membuat Moms bingung. Tapi faktanya, Moms termasuk 1 di antara 80 persen wanita yang mengalami hal ini saat hamil.

Michelle Tollefson, MD dari Metropolitan State College Denver dalam keterangannya di laman Parents menyarankan agar ibu hamil tidak khawatir terhadap kemunculan garis ini.

Bagaimana cara perawatan pada kulit dengan linea nigra?

Beberapa ibu hamil seringkali merasa tidak nyaman dan terganggu oleh kehadiran linea nigra. Meskipun demikian, tidak ada langkah khusus yang bisa Moms lakukan untuk menyingkirkan garis ini.

Moms disarankan untuk tidak menggunakan produk apapun, termasuk losion atau pemutih. Alasannya, produk-produk tersebut justru akan membahayakan dan tidak memberikan dampak apapun.

Apabila Moms tetap merasa risih, cobalah berkomunikasi dengan dokter atau bidan ketimbang mencoba cara yang justru merusak kulit.

Untuk meminimalkan perubahan warna yang terjadi, sebaiknya Moms menutup bagian perut ketika hendak bepergian ke pantai. Jangan pula mencoba menyamakan warna di perut dengan tanning bed pada saat sedang hamil.

Benarkah linea nigra bisa hilang dengan sendirinya?

Linea nigra akan hilang setelah Moms melahirkan, kebanyakan ibu hamil merasakan garis ini memudar di bulan pertama saat nifas. Pada saat itu level hormon kembali ke kondisi sebelum Moms mengandung.

Meskipun demikian, waktu pasti garis ini menghilang berbeda-beda antara wanita. Moms bisa saja tidak menyadari kapan linea nigra mulai mengabur dan baru sadar ketika tidak ada bekas sama sekali dari garis ini di perut.

Jadi, tidak perlu bersusah payah menggunakan produk apapun untuk menghilangkan garis ini, ya! Termasuk menggunakan krim pemutih, karena krim ini mengandung hydroquinone yang berbahaya bagi bayi, terutama jika Moms sedang memberikan ASI eksklusif.

Demikian penjelasan tentang garis hitam di perut yang bisa muncul pada saat Moms sedang hamil. Jangan khawatir dengan linea nigra, karena kondisi ini akan menghilang setelah Moms melahirkan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. VeryWellFamily, diakses 13 Oktober 2020. What Is the Dark Line on My Pregnant Belly?
  2. Parents, diakses 13 Oktober 2020. Linea Nigra: Everything You Need to Know
    Berita Terkait
    register-docotr