Kehamilan

Daftar Obat Penguat Kandungan untuk Ibu Hamil..

September 3, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Selain penting mengonsumsi vitamin khusus untuk ibu hamil, ada beberapa orang yang juga direkomendasikan untuk mengonsumsi obat penguat kandungan. Salah satu alasan perlu mengonsumsi obat penguat kandungan adalah memiliki riwayat keguguran berulang.

Umumnya obat penguat kandungan mengandung progesteron. Progesteron adalah salah satu hormon penting selama kehamilan. Apa kegunaan progesteron dan obat apa saja yang mengandung hormon ini? Berikut penjelasannya.

Progesteron dapat menguatkan kandungan

Seperti yang sudah disebutkan obat penguat kandungan umumnya mengandung hormon progesteron. Di mana hormon ini dapat mencegah terjadinya keguguran. Karena hormon ini membantu membangun dan memperkuat lapisan dalam rahim.

Lapisan dalam rahim itu yang akan menjadi tempat sel telur yang telah dibuahi akan ditempatkan, yang kemudian berkembang menjadi janin. Selain itu progesteron juga akan membantu menjaga kehamilan dan mencegah terjadinya kontraksi di awal kehamilan.

Kontraksi di awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran. Itu sebabnya kandungan progesteron disebut sebagai penguat kandungan. Obat ini juga membantu menjaga ibu hamil dari risiko melahirkan bayi prematur.

Bayi disebut prematur ketika dilahirkan sebelum usia kandungan 37 minggu. Karena idealnya bayi dilahirkan saat usia kandungan mencapai 39 hingga 40 minggu.

Tak cuma berfungsi menjaga kehamilan, progesteron juga dapat membantu payudara menyiapkan ASI. Juga dapat membantu paru-paru untuk memberikan oksigen kepada bayi dalam kandungan.

Obat penguat kandungan dengan kandungan progesteron

Setelah mengetahui manfaat dari progesteron, berikut tiga jenis obat yang umum diketahui sebagai obat penguat kandungan.

Utrogestan

Ini adalah salah satu obat yang paling dikenal sebagai penguat kandungan. Pasalnya obat ini mengandung hormon progesteron. Seperti yang sudah dijelaskan, hormon progesteron membantu menguatkan lapisan dalam rahim.

Selain itu obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesuburan, gangguan menstruasi atau menopause dan juga digunakan untuk mendukung program In Vitro Fertilisasi (IVF).

Allylestrenol

Obat ini juga mengandung hormon progesteron buatan dan umum diketahui sebagai obat penguat kandungan. Tidak cuma itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan, seperti mencegah kelahiran prematur.

Dydrogesterone

Dydrogesterone juga mengandung hormon progesteron yang mendukung pembentukan lapisan rahim. Selain itu obat ini juga digunakan untuk mengatasi gangguan siklus menstruasi atau nyeri menstruasi dan juga masalah kesuburan serta endometriosis.

Selain ketiga jenis obat yang sudah disebutkan, ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat penguat rahim dari sumber alami, yaitu dari makanan.

Penguat kandungan alami

Tidak ada makanan yang secara langsung mengandung progesteron. Tapi makanan dengan kandungan vitamin B6 dan zinc dapat membantu tubuh memproduksi hormon tersebut. Makanan yang kaya akan vitamin B6 dan zinc antara lain:

  • Bayam
  • Pisang
  • Kentan
  • Tuna
  • Kacang mete dan almond
  • Kacang merah
  • Buncis

Selain itu, ibu hamil juga baik mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Di mana asam folat juga berperan penting dalam menjaga kehamilan dari keguguran. Asam folat juga berfungsi mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Berikut beberapa makanan yang kaya akan kandungan asam folat, yang baik dikonsumsi selama kehamilan:

  • Asparagus
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau
  • Buah bit
  • Brokoli
  • Gandum
  • Hati sapi
  • Pepaya
  • Alpukat
  • Serta buah jeruk

Meski diklaim dapat membantu menjaga kehamilan dan mencegah keguguran, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat selama kehamilan. Ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kandunganmu.

Karena ada beberapa kondisi yang membutuhkan perawatan lebih intensif. Misalkan saja kondisi ibu hamil yang pernah mengalami melahirkan prematur, ada kemungkinan memerlukan progesteron dengan cara disuntikkan, bukan dengan cara diminum.

Selain itu ada juga pemberian progesteron melalui vagina untuk mencegah kelahiran prematur. Biasanya ini direkomendasikan untuk ibu hamil dengan leher rahim yang pendek.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Cleceland Clinic diakses 1 September 2020 Pregnancy: Nutrition 
  2. Medical News Today diakses 1 September 2020 Can you treat low progesterone levels naturally? 
  3. Healthline diakses 1 September 2020 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid)
  4. Verywellfamily diakses 1 September 2020 Progesterone Treatment in Pregnancy to Prevent Miscarriage 
  5. Marchofdimes.org diakses 1 September 2020 Progesterone Treatment
  6. Drugbank.ca diakses 1 September 2020 Dydrogesterone
  7. Drugbank.ca diakses 1 September 2020 Allylestrenol
  8. MIMS diakses 1 September 2020 Utrogestan 
    Berita Terkait
    register-docotr