Kehamilan

Daftar Obat Penguat Kandungan untuk Ibu Hamil

March 19, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selain penting mengonsumsi vitamin khusus untuk ibu hamil, ada beberapa orang yang juga direkomendasikan untuk mengonsumsi obat penguat kandungan. Salah satu alasan perlu mengonsumsi obat penguat kandungan adalah memiliki riwayat keguguran berulang.

Umumnya obat penguat kandungan mengandung progesteron. Progesteron adalah salah satu hormon penting selama kehamilan. Apa kegunaan progesteron dan obat apa saja yang mengandung hormon ini? Berikut penjelasannya.

Progesteron dapat menguatkan kandungan

Seperti yang sudah disebutkan obat penguat kandungan umumnya mengandung hormon progesteron. Di mana hormon ini dapat mencegah terjadinya keguguran. Karena hormon ini membantu membangun dan memperkuat lapisan dalam rahim.

Lapisan dalam rahim itu yang akan menjadi tempat sel telur yang telah dibuahi akan ditempatkan, yang kemudian berkembang menjadi janin. Selain itu progesteron juga akan membantu menjaga kehamilan dan mencegah terjadinya kontraksi di awal kehamilan.

Kontraksi di awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran. Itu sebabnya kandungan progesteron disebut sebagai penguat kandungan. Obat ini juga membantu menjaga ibu hamil dari risiko melahirkan bayi prematur.

Bayi disebut prematur ketika dilahirkan sebelum usia kandungan 37 minggu. Karena idealnya bayi dilahirkan saat usia kandungan mencapai 39 hingga 40 minggu.

Tak cuma berfungsi menjaga kehamilan, progesteron juga dapat membantu payudara menyiapkan ASI. Juga dapat membantu paru-paru untuk memberikan oksigen kepada bayi dalam kandungan.

Obat penguat kandungan dengan kandungan progesteron

Setelah mengetahui manfaat dari progesteron, berikut tiga jenis obat yang umum diketahui sebagai obat penguat kandungan.

Obat penguat kandungan utrogestan

Ini adalah salah satu obat yang paling dikenal sebagai penguat kandungan. Pasalnya obat ini mengandung hormon progesteron. Seperti yang sudah dijelaskan, hormon progesteron membantu menguatkan lapisan dalam rahim.

Selain itu obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesuburan, gangguan menstruasi atau menopause dan juga digunakan untuk mendukung program In Vitro Fertilisasi (IVF).

Allylestrenol

Obat ini juga mengandung hormon progesteron buatan dan umum diketahui sebagai obat penguat kandungan. Tidak cuma itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan, seperti mencegah kelahiran prematur.

Obat penguat kandungan dydrogesterone

Dydrogesterone juga mengandung hormon progesteron yang mendukung pembentukan lapisan rahim. Selain itu obat ini juga digunakan untuk mengatasi gangguan siklus menstruasi atau nyeri menstruasi dan juga masalah kesuburan serta endometriosis.

Selain ketiga jenis obat yang sudah disebutkan, ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat penguat rahim dari sumber alami, yaitu dari makanan.

Penguat kandungan alami

Tidak ada makanan yang secara langsung mengandung progesteron. Tapi makanan dengan kandungan vitamin B6 dan zinc dapat membantu tubuh memproduksi hormon tersebut. Makanan yang kaya akan vitamin B6 dan zinc antara lain:

  • Bayam
  • Pisang
  • Kentan
  • Tuna
  • Kacang mete dan almond
  • Kacang merah
  • Buncis

Selain itu, ibu hamil juga baik mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Di mana asam folat juga berperan penting dalam menjaga kehamilan dari keguguran. Asam folat juga berfungsi mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Berikut beberapa makanan yang kaya akan kandungan asam folat, yang baik dikonsumsi selama kehamilan:

  • Asparagus
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau
  • Buah bit
  • Brokoli
  • Gandum
  • Hati sapi
  • Pepaya
  • Alpukat
  • Serta buah jeruk

Vitamin D

Selain penting untuk kesehatan tulang, vitamin D juga memiliki peran sebagai nutrisi penguat rahim. 

Vitamin D dapat mengubah hormon anti-mullerian yang merupakan salah satu hormon yang memengaruhi fertilitas, merangsang sensitivitas hormon penstimulan folikel dan merangsang produksi dan pelepasan progesteron.

Tubuh kamu bisa menghasilkan vitamin D melalui paparan sinar matahari atau kamu bisa mendapatkannya dari makanan seperti ikan salmon, kuning telur, jamur dan susu yang diperkaya vitamin D.

Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tapi juga untuk kesehatan ovarium dan rahim. Nutrisi yang satu ini berperan dalam kesehatan sel dan memberikan proteksi terhadap kerusakan oksidatif.

Selain itu, omega-3 pun penting untuk kesehatan embrio kamu, lho!

Beberapa sumber omega-3 antara lain ikan berlemak seperti salmon dan mackerel. Biji rami, kenari, minyak kedelai dan biji labu juga merupakan jenis makanan yang kaya akan omega-3.

Kurangi konsumsi obat saat hamil

Meski diklaim dapat membantu menjaga kehamilan dan mencegah keguguran, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat selama kehamilan. Ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kandunganmu.

Karena ada beberapa kondisi yang membutuhkan perawatan lebih intensif. Misalkan saja kondisi ibu hamil yang pernah mengalami melahirkan prematur, ada kemungkinan memerlukan progesteron dengan cara disuntikkan, bukan dengan cara diminum.

Selain itu ada juga pemberian progesteron melalui vagina untuk mencegah kelahiran prematur. Biasanya ini direkomendasikan untuk ibu hamil dengan leher rahim yang pendek.

Olahraga penguat rahim

Rahim yang kuat juga dipengaruhi oleh kondisi otot dasar panggul. Pasalnya, otot ini akan menopang bayi dan membantu kamu dalam proses kelahiran, lho!

Nah, untuk memperkuat otot ini, kamu bisa melakukan beberapa teknik olahraga khusus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Urogynecology Journal menyebut olahraga ini dapat mencegah organ panggul, termasuk rahim, jatuh.

Jenis olahraga ini bisa kamu lakukan sebelum masa kehamilan. Antara lain:

Senam kegel

Olahraga untuk melatih otot panggul ini juga bisa berperan sebagai penguat rahim. Inti dari senam kegel adalah mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan senam kegel:

  • Kenali dahulu otot panggul kamu, caranya adalah coba menyetop urine saat sedang buang air kecil. Otot yang kamu pakai untuk menahan aliran urine itu adalah otot dasar panggul
  • Lakukan senam kegel dengan cara mengencangkan otot dasar panggul dan tahan selama 5 detik, lalu kendurkan selama 5 detik
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dan 3 kali dalam sehari.

Squat

Squat juga bisa jadi olahraga penguat rahim karena pada dasarnya gerakan ini melibatkan banyak otot di seluruh tubuh. Tujuan dari gerakan olahraga ini pun dikhususkan untuk menguatkan otot.

Cara melakukan gerakan ini adalah:

  • Berdiri dengan posisi tegak, rentangkan kaki dengan jarak lebih lebar dari pundak.
  • Tekuk lutut kamu dan dorong pinggul serta bokong ke belakang seolah-olah kamu akan duduk di bangku
  • Jaga agar dagu dan leher tetap dalam kondisi netral
  • Rendahkan tubuh ke bawah sampai paha kamu sejajar dengan lantai, pertahankan berat badan pada tumit dan lutut sedikit tertekuk ke luar
  • Luruskan kaki dan kembali lah ke posisi tegak semula
  • Ulang gerakan ini sebanyak 15 kali

Split tabletop

Tabletop adalah gerakan kaki yang berfungsi sebagai fondasi dari banyak gerakan dalam senam Pilates. 

Dengan menambahkan split ke dalam gerakan tabletop, maka paduan ini bisa jadi satu olahraga penguat rahim. Pasalnya, gerakan ini akan melibatkan otot dasar panggul dan pinggul.

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama kamu harus berbaring dengan punggung di lantai dan lutut menekuk sehingga paha tegak lurus dengan lantai sementara tulang kering sejajar dengan lantai.

Selanjutnya lakukan gerakan berikut:

  • Pastikan perut dan paha bagian dalam mengencang. Dalam posisi awal, kaki akan saling bersentuhan
  • Dalam gerakan yang terkontrol, mulailah membelah kaki sehingga setiap lutut bergerak ke arah yang berlawanan ke arah luar
  • Perlahan kembalikan lagi kaki ke arah dalam
  • Lakukan gerakan ini dengan 10-15 kali pengulangan selama 3 set

Demikianlah berbagai penjelasan tentang obat dan gerakan penguat rahim yang bisa kamu praktikkan sebelum dan saat masa kehamilan. Selalu jaga kesehatan organ reproduksi kamu, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Cleceland Clinic diakses 1 September 2020 Pregnancy: Nutrition 
  2. Medical News Today diakses 1 September 2020 Can you treat low progesterone levels naturally? 
  3. Healthline diakses 1 September 2020 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid)
  4. Verywellfamily diakses 1 September 2020 Progesterone Treatment in Pregnancy to Prevent Miscarriage 
  5. Marchofdimes.org diakses 1 September 2020 Progesterone Treatment
  6. Drugbank.ca diakses 1 September 2020 Dydrogesterone
  7. Drugbank.ca diakses 1 September 2020 Allylestrenol
  8. MIMS diakses 1 September 2020 Utrogestan 
  9. Healthline, diakses 19 Maret 2021. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/pelvic-floor-exercises
  10. Springer Link, diakses 19 Maret 2021. https://link.springer.com/article/10.1007/s00192-015-2852-0
  11. Livestrong, diakses 19 Maret 2021. https://www.livestrong.com/article/492127-is-fish-oil-healthy-for-women-trying-to-conceive/
    register-docotr