Kamus Penyakit

Jangan Sampai Terlambat! Kenali Penyebab Lambung Bengkak Berikut Ini

July 29, 2020 | Felicia Elfriestha
no-image

Lambung bengkak bisa menjadi penyakit serius jika tidak ditangani segera. Agar tidak terlambat, berikut penyebab lambung bengkak yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Kamu Penderita Asam Lambung? Coba Hindari 7 Makanan Ini

Apa yang dimaksud dengan lambung bengkak?

Sebelum membahas mengenai penyebab lambung bengkak, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan pembengkakan lambung terlebih dahulu. Kondisi ini merupakan penyakit maag yang sudah parah dan menyebabkan bengkak pada lambung.

Secara umum penyebab lambung bengkak umumnya dikarenakan oleh suatu bakteri atau peningkatan asam yang berlebihan. Awal terjadinya pembengkakan lambung karena adanya suatu peradangan atau disebut penyakit maag. 

Maag yang tidak mendapatkan pengobatan serius akan berdampak parah pada lambung dan menyebabkan pembengkakan serta pendarahan.

Gejala awal yang biasa ditimbulkan ketika terjadinya pembengkakan lambung biasanya akan merasakan sakit perut di bagian atas, gangguan pencernaan, kembung, mual, muntah, sering bersendawa, hilangnya selera makan, dan penurunan berat badan.

Jika tidak ditangani segera, dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius dan berbahaya. Penyakit ini juga dapat berisiko jika kamu tidak membiasakan gaya hidup sehat dan diet yang mengaktifkan perubahan pada lapisan perut. 

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengurangi diet tinggi lemak, garam, merokok, dan konsumsi alkohol jangka panjang dapat membantu mengurangi gejala kondisi tersebut.

Penyebab lambung bengkak

Pada dasarnya, penyebab lambung bengkak dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

  • Mengalami stres dan tekanan emosional yang berlebihan.
  • Kadar asam lambung yang berlebihan.
  • Waktu makan yang tidak teratur misalnya sering terlambat makan atau makan terlalu banyak.
  • Adanya infeksi bakteri atau virus.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Penyalahgunaan obat-obatan.
  • Reaksi autoimun.
  • Bertambahnya usia.
  • Menderita penyakit Crohn.
  • Menderita penyakit HIV/AIDS
  • Refluks empedu.
  • Mengidap anemia pernisiosa
  • Muntah kronis.
  • Terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri.
  • Menelan zat yang bersifat korosif dan dapat merusak dinding lambung, misalnya obat pembasmi hama.

Pengobatan alami lambung bengkak

Adapun beberapa pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi lambung bengkak, antara lain:

Diet anti-inflamasi

Pembengkakan lambung seringkali terjadi karena adanya lapisan pada lambung yang mengalami peradangan.

Kamu bisa melakukan diet anti-inflamasi dengan mengonsumsi makanan yang mengurangi peradangan dan menghindari makanan yang memicu lapisan lambung menjadi iritasi.

Mungkin pada setiap orang makanan pemicu akan berbeda tetapi sebaiknya kamu mengatur dan menentukan makanan apa saja yang baik dan yang tidak untuk dikonsumsi selama seminggu untuk membantu mengidentifikasi makanan apa saja yang membuat gastritis kamu kambuh. 

Air bawang putih

Jika pembengkakan lambung disebabkan oleh bakteri H. pylori, kamu dapat coba mengonsumsi air bawang putih. Bawang putih dipercaya ampuh sebagai obat alami untuk membantu membunuh bakteri H. pylori penyebab gastritis atau pembengkakan lambung ini.

Caranya mudah kamu cukup menghaluskan bawang putih mentah dan larutkan dalam segelas air hangat, saring, lau minumlah ekstraknya.

Selain itu, kamu juga bisa minum suplemen ekstrak bawang putih. Tetapi jika kamu memiliki riyawat alergi terhadap bawang putih, jangan melakukan pengobatan ini karena dapat membahayakan tubuh kamu.

Mengonsumsi probiotik

Pada dasarnya probiotik merupakan jenis bakteri baik yang dapat membantu kesehatan sistem pencernaan. Bakteri baik inilah yang dipercaya dapat membantu serta mempercepat penyembuhan radang lambung dengan melawan bakteri H. pylori yang menyebabkan gastritis.

Kamu bisa mengonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen, dan juga mengonsumsi makanan fermentasi yang mengandung probiotik seperti kimchi, tempe, yogurt, kefir.

Mengonsumsi teh hijau dan madu manuka

Selain rasanya yang khas, ternyata teh hijau atau hitam dapat menjadi obat gastritis alami yang disebabkan infeksi bakteri. Selain itu, dengan minum teh hijau atau teh hitam setidaknya seminggu sekali dapat mengurangi jumlah bakteri H. pylori di saluran pencernaan.

Jika kamu tidak suka rasa yang pahit, kamu bisa mengganti gula pasir dengan madu manuka asli. Madu manuka mengandung sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi penyebab gastritis.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2020) diakses 27 Juli 2020. Gastritis. 27 Juli 2020 pukul 18.00.
  2. medicalnewstoday.com (2017) diakses 27 Juli 2020. Everything you need to know about gastritis. 27 Juli 2020 pukul 18.45.
  3. healthline.com (2018) diakses 27 Juli 2020. Home Remedies for Gastritis. 27 Juli 2020 pukul 19.00.
    Berita Terkait
    register-docotr