Kehamilan

Garis Test Pack Samar, Apakah Benar Positif Hamil?

June 18, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika positif hamil biasanya test pack akan berupa dua garis. Sedangkan bila negatif, hasilnya akan berupa satu garis saja. Pada hasil yang akurat, umumnya test pack akan menghasilkan garis yang tegas. Tetapi bagaimana bila garis test pack samar ? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa penyebab garis test pack samar?

Ketebalan garis pada test pack sebenarnya bergantung pada tingkat kandungan hormon kehamilan dalam urine yang biasanya disebut hCG atau human chorionic gonadotropin. 

Hasil garis test pack samar biasanya disebabkan kadar hCG dalam urine yang sangat rendah. Hal ini sangat mungkin terjadi terutama pada fase awal mula kehamilan. Sehingga test pack yang diklaim sangat sensitif pun mungkin menghasilkan garis samar. 

Namun seiring dengan usia kehamilan yang bertambah, kadar hCG juga akan meningkat. Dengan melakukan tes ulang setelah usia kehamilan bertambah, Moms bisa melihat hasil yang lebih kuat. 

Baca juga: Sering Tak Disadari, Ternyata Ini Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajib Diketahui!

Lalu apa arti garis test pack samar?

Ketika Moms menemukan hasil positif pada test pack disertai garis yang samar, kemungkinan besar Moms sedang hamil.

Garis yang sangat samar pada test pack biasanya menandakan bahwa telah terjadi implantasi dalam tubuh. Implantasi merupakan  proses menempelnya sel hasil pembuahan pada dinding rahim. 

Bila setelah mendapat garis test pack samar lalu mengalami menstruasi, artinya Moms tidak benar-benar hamil, atau hanya hamil sebentar. Hal seperti ini mungkin saja terjadi dan biasa disebut kehamilan kimiawi.

Cara mencari tahu kepastian kondisi kehamilan adalah dengan berkonsultasi pada dokter kandungan. Biasanya dokter kandungan akan meminta Moms untuk melakukan tes darah.

Tes darah dapat menentukan tingkat hCG dalam tubuh untuk mengkonfirmasi apakah kehamilan berkembang dengan baik atau tidak. 

Apakah garis test pack samar dapat berarti negatif? 

Hasil test pack samar biasanya tidak berarti negatif. Tetapi hal tersebut mungkin menunjukkan hasil positif palsu pada kehamilan yang sebenarnya seperti kasus kehilangan kehamilan dini. Di samping itu, terkadang test pack justru bisa memberikan hasil negatif palsu.

Meski sebagian besar merek test pack mengklaim tingkat akurasinya hingga 99 persen, terkadang alat uji kehamilan ini tidak sepenuhnya dapat diandalkan. Garis test pack yang samar juga mungkin terjadi pada kondisi berikut: 

  • Menopause. Bila wanita memasuki masa perimenopause atau menopause dan melakukan tes kehamilan, hasilnya kadang-kadang positif karena peningkatan kadar hormon luteinizing yang abnormal.
  • Keguguran dini. Kondisi seperti kehamilan kimiawi, kehamilan ektopik, atau jenis lain dari kehilangan kehamilan dini lainnya juga dapat memberikan hasil positif pada test pack. 
  • Obat-obatan. Positif palsu juga dapat disebabkan oleh jejak obat kesuburan yang mengandung hCG
  • Penyakit. Beberapa kanker yang mengganggu produksi hormon dapat menyebabkan tes kehamilan yang membingungkan.

Sementara itu, test pack juga mungkin menunjukkan hasil yang negatif pada wanita yang sebenarnya hamil. Berikut beberapa alasannya.

  • Usia kehamilan terlalu dini. Pada masa awal kehamilan, konsentrasi hCG mungkin belum mencapai tingkat yang dapat dideteksi oleh test pack. 
  • Terlalu cepat memeriksa hasilnya. Hasil dari test pack tentu membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung merek yang digunakan. Ikutilah petunjuk penggunaan produk dan tunggu sesuai waktu yang tertera. 
  • Urin yang terlalu encer. Ketika urin terlalu encer, hCG akan sulit terdeteksi. 
  • Alat tes kedaluwarsa. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa dari test pack yang akan digunakan. Test pack yang kedaluwarsa mungkin tidak lagi bekerja dengan baik. 

Garis test pack samar, apakah salah penggunaan alat? 

Berbagai alat test pack banyak yang mencantumkan keakuratan hingga 99 persen. Tapi ketika garis test pack samar muncul, kamu akan bertanya-tanya, apakah ini tandanya tidak hamil, atau kesalahan pada alat? 

Garis samar pada test pack tak berarti kamu negatif hamil. Tapi bisa saja karena kami melakukan kesalahan dalam menggunakan alat tes tersebut. 

Berikut beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan saat menggunakan alat tes kehamilan. 

Terlalu cepat melakukan tes

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika alat test pack dirancang untuk mendeteksi hormon kehamilan atau hCG. Kadar hCG tersebut dapat dideteksi di dalam urine sekitar 10 hari setelah terjadinya pembuahan.

Jika kamu melakukan tes kehamilan sebelum 10 hari sejak pembuahan, kamu mungkin akan mendapatkan hasil yang samar. Karena alat tes belum mendeteksi secara pasti keberadaan hormon kehamilan. 

Sebaiknya lakukan tes kehamilan setelah menstruasi terlambat dari siklus yang seharusnya. Kamu bisa menunggu 5 hingga 10 hari setelah telat datang bulan. 

Melakukan tes tidak sesuai petunjuk dapat menyebabkan garis test pack samar

Biasanya karena terlalu penasaran dengan hasil tes, kamu tidak memerhatikan petunjuk penggunaan test pack tersebut. Sedangkan urine yang baik untuk melakukan tes kehamilan adalah urine pertama di pagi hari.

Karena urine tersebut mengandung kadar hCG yang paling mudah dideteksi. Pilihan lainnya, kamu bisa melakukan dengan urine yang sudah berada di kandung kemih setidaknya 4 jam.

Memaksakan buang air kecil bisa memengaruhi terjadinya garis test pack samar

Kamu ingin segera melakukan pemeriksaan kehamilan, namun kamu tidak ingin buang air kecil. Lalu kamu sengaja minum banyak air agar cepat buang air kecil. 

Melakukan itu akan membuat urine menjadi encer. Selain itu akan menipiskan kadar hCG. Ini justru akan membuat test pack tidak akurat mendeteksi kehamilan. 

Tidak sabar dalam melakukan tes

Garis test pack samar bisa terjadi karena kamu tidak sabar atau terburu-buru. Sebaiknya baca dengan teliti petunjuk pada kemasan. Jika diminta mencelupkan strip test pack selama 30 detik ke dalam wadah berisi urine, lakukan dengan tepat.

Gunakan bantuan stopwatch jika dibutuhkan. Jika kamu mencelupkan strip lebih cepat atau lebih lama, dapat mengganggu hasil tes kehamilan. Ini juga berlaku untuk test pack digital, ya. 

Jika diminta untuk mengalirkan urine selama 5 detik ke arah test pack, lakukan sesuai yang diminta. Karena ketepatan waktu, akan memengaruhi hasil tes kehamilan. 

Lalai membaca hasil test pack

Sekali lagi, hal ini masih terkait dengan petunjuk pemakaian. Karena jika kamu lalai membaca petunjuk, ada kemungkinan juga ada kesalahan saat melihat hasil tes kehamilan. 

Jangan terlalu cepat melihat hasil tes kehamilan. Bisa saja alat belum selesai bekerja. Kamu bisa melihat hasil satu garis atau dua garis test pack samar. 

Jika petunjuk pemakaian meminta kamu menunggu selama tiga menit. Tunggu selama yang diminta, karena hasilnya akan lebih akurat untuk menunjukkan kamu hamil atau tidak.

Menggunakan test pack kedaluwarsa

Menyiapkan alat test pack di rumah memang diperlukan. Tapi jika sudah menyimpannya dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk secara berkala mengecek tanggal kedaluwarsanya. 

Karena alat yang mendekati tanggal kedaluwarsa atau sudah kedaluwarsa mungkin memberikan hasil tes kehamilan yang tidak akurat. 

Cara mendapatkan hasil test pack yang lebih akurat

Bila Moms ingin mengulangi pemeriksaan kehamilan di rumah dengan test pack, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Gunakan alat test pack jenis lain. Ada banyak jenis test pack yang dijual di toko obat. Untuk menghindari garis test pack yang samar, sebaiknya Moms pilih test pack berbasis digital. 
  • Ikuti instruksi penggunaan sesuai yang tertera pada test pack. Setiap jenis test pack akan memiliki kepekaan yang berbeda tergantung tingkat hormon apa yang dapat dideteksi. 
  • Lakukan tes pada pagi hari. Melakukan tes kehamilan di pagi hari saat buang air kecil pertama akan lebih akurat karena tingkat hCG terkonsentrasi dengan baik pada pagi hari. 
  • Jangan minum terlalu banyak cairan. Minum banyak cairan, termasuk air mineral, susu, teh dan berbagai minuman lain sebelum melakukan tes kehamilan dapat melarutkan kadar hCG. 

Lakukanlah tes ulang kehamilan pada keesokan harinya atau beberapa hari setelahnya ketika kadar hCG dalam tubuh lebih tinggi. Jika masih tidak yakin, segera berkonsultasi dengan dokter.

Memahami proses kehamilan sebelum melakukan tes kehamilan

Sudah dijelaskan, bahwa seringkali orang terlalu buru-buru melakukan tes kehamilan dan menyebabkan garis test pack samar. Nah, agar kamu lebih paham tentang kehamilan, sebaiknya pahami dulu prosesnya agar tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan. 

Kehamilan adalah proses yang diawali dari pembuahan. Saat sperma bertemu dengan sel telur. Sel telur sendiri sebelumnya sudah dipersiapkan untuk dibuahi. 

Sel telur yang matang akan dilepaskan ovarium menuju tuba falopi. Di sana sel telur akan menunggu 12 hingga 24 jam untuk bertemu sperma.

Jika pertemuan terjadi, maka telur yang berhasil dibuahi akan menuju rahim untuk proses penempelan dan diikuti dengan proses perkembangan janin.

Jika kehamilan sudah terjadi, seorang wanita akan mengalami perubahan hormonal. Ini akan memengaruhi siklus menstruasi, di mana menstruasi akan terhenti.

Selain itu, wanita yang hamil muda akan menunjukkan sejumlah gejala seperti mual, muntah, lelah dan lebih sering buang air kecil.

Jika hasil tes kehamilan masih negatif

Meski sudah memahami proses kehamilan, dan sudah melakukan hubungan seksual di masa ovulasi tapi belum juga menunjukkan hasil positif, kamu dan pasangan bisa mencoba beberapa program kehamilan. 

Promil alami dengan mencatat frekuensi siklus menstruasi

Dengan mencatat siklus menstruasi kamu bisa mengetahui apakah kamu memiliki siklus yang teratur atau tidak. Kalau teratur kamu akan lebih mudah untuk memprediksi kapan akan berovulasi. Masa ovulasi itu adalah waktu yang tepat untuk pembuahan. 

Dengan hidup sehat

Hidup sehat akan membuat kamu memiliki berat badan yang ideal. berat ideal akan membantu kamu lebih mudah untuk mendapatkan momongan.

Karena wanita dengan berat badan berlebih, membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk hamil dibanding wanita dengan berat yang normal. 

Persiapkan nutrisi

Wanita harus menyiapkan nutrisi untuk mendapat kehamilan yang sehat. Jangan lupa untuk konsumsi nutrisi penting seperti kalsium, protein dan zat besi untuk kesehatan ibu yang siap hamil. 

Perhatikan tanda-tanda ovulasi

Jika wanita dengan siklus menstruasi teratur dapat memprediksi ovulasi lewat perhitungan tanggal. Kamu juga bisa memprediksi ovulasi dari gejala yang muncul. 

Dengan mengetahui masa ovulasi akan membantu kamu untuk segera mendapatkan momongan. Beberapa tanda ovulasi yang perlu kamu ketahui adalah kenaikan suhu tubuh dan lendir serviks yang muncul menandakan kamu sedang di masa subur. 

Demikian informasi tentang garis test pack samar dan beberapa kondisi yang menyebabkannya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr