News from Good Doctors

Marie Joseph School dan Good Doctor Technology Indonesia Bekerja Sama Melindungi Kesehatan Generasi Masa Depan Indonesia

March 28, 2022 | Santi Andriani
feature image
  • Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) meluncurkan layanan kesehatan digitalnya kepada para siswa di Marie Joseph School untuk menyediakan sumber informasi dan layanan kesehatan yang kredibel bagi anak muda Indonesia.
  • Marie Joseph School mengenali bahwa anak muda Indonesia memerlukan proteksi kesehatan lanjutan selama pandemi dan kedepannya untuk menjaga keamanan mereka di lingkungan pembelajaran.

JAKARTA, 25 March 2022 – Marie Joseph School mengumumkan kemitraan strategis mereka dengan salah satu penyedia telemedicine yang terbesar di Indonesia, Good Doctor Technology Indonesia (“Good Doctor”), dalam upaya untuk menawarkan para siswa dan keluarga mereka dengan perlindungan ekstra dalam bentuk layanan perawatan kesehatan virtual.

Melalui kolaborasi ini, Marie Joseph School dan Good Doctor bergabung untuk memprioritaskan kesehatan generasi mendatang, yang didukung oleh teknologi kesehatan digital. 

Puncak kasus “Omicron” telah terjadi pada minggu kedua dan ketiga Februari 2022 dan Pemerintah berhasil mengendalikan situasi COVID-19 dengan program Isoman (isolasi mandiri) serta vaksinasi, kota Jakarta saat ini merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan PPKM level 2. Pada level PPKM ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk menyesuaikan pembelajaran tatap muka dari 100% kapasitas siswa menjadi 50% kapasitas siswa. Dalam hal ini, protokol kesehatan tetap berlaku ketat dan percepatan vaksinasi COVID-19 lengkap perlu dilakukan sesegera mungkin untuk para pendidik, tenaga kependidikan dan pesertadidik1.  

Namun demikian, Marie Joseph School menganggap perlu untuk tetap waspada dan menawarkan layanan kesehatan tambahan kepada siswa serta anggota keluarga mereka dengan bermitra bersama penyedia layanan kesehatan digital, Good Doctor, sebagai cara untuk mendukung pembelajaran yang berkelanjutan dan mengurangi terjadinya gangguan di sekolah, sebab seluruh sektor pendidikan masih terus berjuang menghadapi tantangan pandemi yang sedang berlangsung. Ke depannya, layanan kesehatan ini juga bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan masyarakat sebab masyarakat Indonesia diharapkan untuk siap dalam situasi new normal dan kembali ke situasi normal setelah pandemi selesai.

“Negara ini masih terus berusaha untuk kembali normal,” kata Gary Anderson, Program Co-ordinator sekolah. Namun, banyak dari kita masih hidupberdampingan dengan Covid-19 yang sedang melanda dunia. Kami perlu mengambil tindakan untuk memberikan perlindungan bagi siswa kami, memastikan mereka memiliki fasilitas kesehatan terbaik saat kembali kelingkungan sekolah secara tatap muka. Kemitraan ini tidak hanya membawa manfaat kesehatan yang luar biasa bagi siswa kami dan keluarga mereka, namun juga berarti bahwa orang tua dapat lebih tenang karena mengetahui bahwa kesehatan anak-anak mereka terawat dengan baik.”  

Dengana danya kemitraan baru ini, ‘MARJONAISSE’, istilah yang digunakan untuk menggambarkan siswa di Marie Joseph School, akan menerima konsultasi GP 24/7 dari dokter profesional terkemuka di Good Doctor, yang telah menjalani pelatihan untuk memberikan konsultasi berkualitas tinggi secara virtual melalui aplikasi, serta pengobatan gratis yang diresepkan oleh dokter umum tersebut. Selain itu, siswa akan mendapat hak istimewa untuk menerima konsultasi spesialis pediatrik dan memiliki akses ke berbagai webinar kesehatan sepanjang tahun. Anggota keluarga siswa juga akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan layanan mereka dengan biaya yang lebih terjangkau. Dengan meningkatkan ketersediaan dan aksesibilitas profesional kesehatan yang kredibel kepada kaum muda Indonesia, Good Doctor juga ingin memastikan bahwa inisiatif edukasi kesehatan hadir di sini untuk memastikan generasi masa depan Indonesia dipandu secara benar mengenai cara menggunakan layanan telemedicine dengan tepat dan tetap aman.

“Sekolah akan kembali menjadi rumah kedua bagi seluruh siswa, setelah pembelajaran tatap muka (PTM) resmi kembali dilaksanakan. Program ini merupakan salah satu komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada siswa dan orang tua, agar mereka dapat terus mengikuti seluruh kegiatan sekolah dengan nyaman, aktif dan menyenangkan.” tambah Carestha Widjaja, Ketua Yayasan Amkur Jakarta

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana mengatakan, “Kami merasa terhormat dapat menjalin kemitraan dengan Marie Joseph School yang sangat berkomitmen untuk menerapkan praktik kesehatan yang baik dan inovatif untuk mendukung aktivitas pembelajaran di lingkungannya. Melalui kemitraan ini, siswa-siswi, tenaga pengajar dan staf Marie Joseph School akan dapat menikmati layanan Good Doctor 24/7 berupa konsultasi dokter dan pembelian serta pengiriman obat. Ke depan, kami berharap untuk dapat bermitra dengan lebih banyak lembaga pendidikan untuk melanjutkan misi kami yaitu menyediakan satu dokter untuk setiap keluarga di seluruh Indonesia.” 

Sebuah acara virtual diselenggarakan di akun Instagram resmi Mary Joseph School yang mengumpulkan komunitas kedua partner untuk membahas tentang klaster COVID-19 dalam keluarga dan pentingnya untuk menghindari hal tersebut serta memastikan keamanan setiap anggota keluarga. Dikarenakan sebagian besar penularan COVID-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta, berasal dari klaster keluarga, masyarakat dihimbau untuk disiplin ketat dalam mengikuti aturan kesehatan dan selalu menjaga kesehatan masing–masing. Kesehatan generasi mendatang diakui sebagai aset bagi masyarakat dan selanjutnya, inilah saat terbaik bagi kemitraan ini untuk membawa potensi pencapaian visi kesehatan berkelanjutan, mendorong perubahan perilaku masyarakat yang berdampak pada komunitasnya dan merawat generasi berikutnya dengan segala cara yang memungkinkan. Mengambil tindakan ini sejak dini dan memiliki pandangan jauh kedepan pada akhirnya akan menghasilkan awal yang terbaik dari kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan generasi masa depan. 

Menurut dr. RA Adaninggar PN, Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam Good Doctor yang menyampaikan materi interaktif saat sesi live Instagram, “Kami sadar bahwa kesehatan adalah elemen terpenting dalam kehidupan saat ini. Keluarga harus menjaga keamanan dan memainkan perannya dalam mencegah terjadinya klaster keluarga terutama karena anak-anak juga rentan terinfeksi COVID-19 dari anggota keluarga. Ketika generasi muda di sekolah menerima manfaat perlindungan kesehatan tambahan dan mendapatkan akses mudah kelayanan telemedicine di Indonesia, status kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan dapat dilindungi dengan lebih baik.” 

Layanan Good Doctor tersediauntuksiswa di Marie Joseph School mulai 9 Februari 2022. 

Reference

1 Kemdikbud. (2022, February 3). Diskresi SKB 4 Menteri tentang Panduan PenyelenggaraanPembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/diskresi-skb-4 menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

    register-docotr