Kaya Gizi, Inilah Manfaat Blewah untuk Buka Puasa

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Manfaat blewah begitu besar bagi kesehatan tubuh. Selain lezat dan segar, blewah juga memiliki kandungan gizi yang melimpah.

Tidak heran, buah yang mudah kamu jumpai di pasar tradisional ini selalu menjadi buah paling laris yang diborong saat bulan Ramadhan.

Berdasarkan informasi nilai gizi dan nutrisi dari US Departement of Agriculture (USDA), dalam satu cangkir blewah segar (160 gram) mengandung sekitar 55 kalori yang terutama berasal dari karbohidrat.

Ada 14 gram total karbohidrat dengan 1,3 gram serat dan 12,6 gram gula alami. Menjadikan blewah sebagai menu berbuka puasa akan memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mengembalikan cairan tubuh

Kekurangan cairan tubuh saat puasa akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Padahal, saat berpuasa, seringkali ditemukan kasus dehidrasi ringan yang cukup mampu menyebabkan tubuh lemas, sakit kepala, pusing atau masalah pencernaan.

Untuk buka puasa, selain minum air yang cukup, blewah bisa menjadi pilihan yang bermanfaat karena mengandung lebih dari 90 persen air. Apalagi, buah ini juga merupakan sumber elektrolit dan kalium.

Manfaat blewah, segar dan kaya akan nutrisi. Foto: https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700×465/photo/2018/05/18/458037419.jpg

Mengatasi masalah pencernaan

Blewah mengandung serat yang tinggi. Karena mengandung banyak air, konsumsi blewah saat buka puasa juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kamu.

Jika pencernaan lancar, maka tubuh akan mampu mendetoksifikasi dengan cara membuang racun dan membantu usus mencerna makanan lebih lancar.

Mengkonsumsi blewah yang tinggi serat ini juga akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Menurunkan tekanan darah

Secara alami, blewah adalah buah yang rendah akan sodium namun tinggi kandungan potasiumnya. Selain itu, hanya dengan satu cangkir blewah, kamu bisa mendapatkan 251 miligram kalium.

Kombinasi dari kalium tinggi dan natrium juga sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Saat buka puasa, blewah adalah pilihan yang tepat dan sehat bagi jantung karena mampu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko terserang stroke.

Menjaga kesehatan kulit

Blewah merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko kanker kulit.

Pigmen karotenoid mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput.

Menjaga kesehatan mata

Blewah memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak sehingga mengonsumsinya sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin yang sama yang diberikan oleh wortel.

Vitamin A juga berguna untuk indra penglihatan. Bahkan, kekurangan vitamin ini mampu menyebabkan katarak pada mata.

Tips memilih blewah yang baik

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli blewah agar manfaatnya tetap terjaga:

  • Pilihlah blewah yang berwarna kuning hingga jingga terang. Hindari memilih blewah yang masih berwarna hijau karena itu mengindikasikan kalau blewah tersebut belum sepenuhnya matang
  • Blewah yang baik dan sudah matang biasanya beraroma harum
  • Cobalah tekan sedikit blewah yang kamu pilih. Jika masih keras, kemungkinan buah itu masih belum benar-benar matang. Namun jika memiliki tekstur yang terlalu lunak saat ditekan, kemungkinan justru blewah itu terlalu matang. Pilihlah blewah yang ada di antaranya. Tidak keras dan tidak terlalu lunak
  • Hindar blewah yang terlihat sudah rusak karena mampu menjadi inang bagi bakteri
  • Jika kamu memilih untuk membeli blewah yang masih belum matang, pastikan kamu menyimpannya dalam suhu kamar selama beberapa hari terlebih dahulu
Blewah berwarna hijau adalah ciri blewah yang belum matang. Foto: https://bolastylo.bolasport.com/read/171726132/banyak-diburu-saat-puasa-ini-manfaat-blewah-bagi-kesehatan-tubuh-manusia?page=all

Untuk mendapat khasiat yang maksimal, manfaat blewah akan lebih baik bagi tubuh jika kamu rutin mengkonsumsinya. Memasukkan blewah sebagai menu berbuka puasa adalah pilihan yang sempurna.

Namun, sebelum kamu memadukan blewah dengan campuran buah lain untuk sajian buka puasa, jangan lupa untuk membersihkannya dengan air mengalir, ya!

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat blewah, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

  1. Republika (2015) diakses 24 April 2020.  https://republika.co.id/berita/nq34jc/ini-alasan-blewah-jadi-buah-yang-tepat-saat-puasa
  2. verywellfit.com(2020) diakses 24 April 2020.   https://www.verywellfit.com/cantaloupe-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4110083
  3. usda.gov diakses 24 April 2020.  https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/746770/nutrients
  4. Healtline.com (2019) diakses 24 April 2020.  https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin