Diet saat Puasa? Buka dan Sahurnya dengan Makanan Rendah Karbohidrat Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Berpuasa juga dapat menjadi momen yang tepat bagi kamu yang ingin melakukan diet atau menurunkan berat badan. Salah satu dengan memilih makanan rendah karbohidrat untuk berbuka dan sahur.

Ada beberapa makanan yang bisa kamu pilih tanpa membuat kamu takut kelaparan atau lemas.

Baca Juga: Makan Banyak Saat Sahur Bisa Mencegah Lapar? Ini Faktanya

Daftar makanan rendah karbohidrat untuk sahur dan buka puasa

Karbohidrat merupakan penyumbang utama kalori untuk membentuk energi agar kita bisa beraktifitas. Tapi mengonsumsi karbohidrat berlebih bukanlah hal yang bagus, itu karena sisa dari karbohidrat akan menjadi lemak dalam tubuh.

Nah, kamu yang bertanya-tanya jenis makanan apa yang memiliki nilai karbohidrat rendah tapi tetap membuat kita berenergi dan tidak mudah lapar. Berikut daftar makanan yang punya nilai karbohidrat rendah yang kamu bisa kamu pilih untuk makanan sahur dan berbuka.  

1. Daging 

Daging sapi, ayam, bebek dan domba merupakan sumber makanan tinggi protein, namun rendah karbohidrat dan rendah gula. Ini bisa jadi pilihan kamu saat sahur, tapi sebaiknya kamu mengolahnya dengan cara direbus atau tumis, ya. 

2. Ikan makanan rendah karbohidrat saat puasa

Kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, ikan sarden, cumi dan udang sebagai menu untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Ikan dikenal sebagai sumber protein sehingga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Sehingga mengonsumsi ikan dapat dijadikan sebagai alternatif. 

Selain itu, protein tinggi yang terdapat pada ikan dapat membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan konsumsi karbohidrat berlebih, loh. 

3. Telur

Telur merupakan makanan rendah karbohidrat, rendah kalori tetapi tinggi protein. Mengonsumsi telur dapat membantu menurunkan berat badan tanpa mengorbankan kebutuhan protein yang kita perlukan untuk membangun otot.

4. Sayuran

Sayuran juga dapat dipilih sebagai menu untuk menghindari kelebihan konsumsi karbohidrat loh. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa kamu pilih seperti bayam, brokoli, kembang kol, dan wortel. 

Tidak cuma itu, sayur kaya akan serat, vitamin dan mineral sehingga rendah gula. Kandungan ini terdapat pada semua jenis sayuran segar, terutama yang berwarna hijau dan kuning seperti bayam, sawi hijau, brokoli, wortel, labu kuning, pare, kembang kol.

5. Buah-buahan

Bagi kamu yang ingin mengurangi konsumsi karbohidrat bisa memilih buah apel, pir, semua jenis jeruk kecuali jeruk mandarin dan jeruk valensia yang manis, pepaya, mangga, kiwi, nanas. Semua jenis pisang kecuali pisang berkadar tepung tinggi seperti pisang kepok, pisang tanduk, sirsak, melon, dan anggur. 

Sebaiknya kamu membeli buah lokal yang tidak berpengawet dan buah yang kulitnya dapat kamu makan, seperti apel dan pir. Kamu bisa menikmati buah ini dengan membuatnya menjadi salad buah yang menyegarkan untuk berbuka.

6. Tempe

Makanan khas Indonesia ini, merupakan salah satu yang bisa dipilih untuk menghindari kelebihan konsumsi karbohidrat. Kandungan utama yang terdapat pada tempe merupakan protein dan serat. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. 

Diproses dengan cara fermentasi, tempe mengandung prebiotik yang tinggi. Prebiotik dapat berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga bakteri baik di dalam usus sehingga penyerapan sari makanan di dalam tubuh akan berlangsung lebih baik.

Tempe cocok kamu jadikan hidangan sahur agar pencernaan kamu bekerja dengan baik dan tidak merasa perih di lambung terutama pada siang hari.

7. Kacang tanah, makanan rendah karbohidrat

Kacang tanah dapat dijadikan menu saat berbuka puasa maupun sahur. Kandungan utama yang terdapat dalam kacang tanah adalah protein dan juga karbohidrat tentunya dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan protein sendiri. Sehingga menu dengan bahan utama kacang tanah dapat dijadikan salah satu selingan menu berbuka atau juga sahur kamu.

Baca Juga: Para Gamer Online, Hati-Hati Penyakit Tangan Ini Mengintai Kamu

8. Air putih

Selama bulan puasa, biasanya minuman manis seperti sirup, dan segala jenis minuman es menjadi lebih menggiurkan, apalagi ketika waktu berbuka. Nah, tapi minuman-minuman manis tersebut tidak baik karena mengandung banyak gula. Tentu ini kurang baik untuk program diet kamu.

Pilihlah air putih sebagai menu berbuka, selain bisa mengembalikan cairan tubuh yang dehidrasi, air putih juga memiliki nilai nol kalori. Air putih juga dapat membuat tubuh terhindar dari  kalori yang menumpuk di dalam tubuh.

Itulah beberapa daftar makanan rendah karbohidrat yang bisa kamu jadikan makanan berbuka atau sahur selama puasa. Yang perlu diingat adalah tubuh kita tetap memerlukan karbohidrat sebagai penghasil energi, pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat terutama ketika puasa.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

The America Journal Clinic Nutrition (1995) Diakses pada 22 April. The American journal of clinical nutrition61(4), 952S-959S.

Journal Al-Azhar Indonesia (2014). Diakses pada 22 April. Diversifikasi Pangan Sumber Karbohidrat Canna edulis Kerr. (Ganyong)

Europa PMC (1994) Diakses pada 22 April. Schneeman, B. O. (1994). Carbohydrates: significance for energy balance and gastrointestinal function. The Journal of nutrition124(suppl_9), 1747S-1753S.

American Diabetes Association. (2009). diakses 22 April. All About Carbohydrate Counting

Healthline. Diakses pada 22 April. 44 Healthy Low-Carb Foods That Taste Incredible

 Food Network. Diakses pada 22 April. The Best Low-Carb Foods

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin