Mengulik Manfaat Ginseng Korea, Benarkah Bisa Atasi Impotensi?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Saking populernya manfaat ginseng bagi kesehatan, sampai membuat negara asalnya yakni Korea lekat dengan sebutan ‘Negara Ginseng’.

Bahkan ginseng disebut dengan rajanya herbal. Ia mampu membantu berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah seksual pada pria.

Apa yang membuat ginseng begitu bermanfaat bagi kesehatan dan masalah seksual pria? Berikut ulasan lengkapnya!

Mengenal ginseng merah Korea

Korea dikenal dengan produksi ginseng merah mereka. Apa itu ginseng merah? Ginseng merah Korea merupakan tanaman yang tumbuh di Asia. Terkadang dikenal sebagai ginseng Asia, ginseng Cina, atau panax ginseng. 

Ginseng merah Korea berbeda dengan ginseng Siberia atau ginseng Amerika. Ginseng Siberia dan Amerika adalah tanaman berbeda yang punya manfaat berbeda pula.

Akar ginseng digunakan sebagai obat alami dalam bentuk suplemen. Ginseng harus tumbuh selama lima tahun sampai ia bisa dipanen dan diolah. 

Akar yang dikeringkan tetapi belum diolah disebut ginseng putih. Akar yang sudah dikukus dan dikeringkan disebut ginseng merah.

Manfaat ginseng merah Korea untuk masalah seksual pria

Ginseng merah telah lama digunakan untuk mengobati impotensi. Hingga kini, sudah ada banyak pula penelitian yang menelisik manfaat lain dari ginseng pada fungsi reproduksi pria.

Lalu apa saja manfaat ginseng merah Korea untuk masalah seksual pria dan bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya satu per satu:

1. Mengatasi disfungsi ereksi (DE)

Disfungsi ereksi atau umum disebut dengan impotensi adalah ketidakmampuan sesekali (atau berkepanjangan) untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Banyak pria mengalami masalah ini seiring bertambahnya usia.

Pada sebuah penelitian, 45 pria yang menderita impotensi diberikan perawatan dengan suplemen ginseng merah Korea. Mereka diberi dosis 900 mg suplemen sebanyak 3 kali sehari selama 8 minggu.

Setelah 8 minggu mereka merasakan gejala impotensi yang semakin membaik. Peneliti pun menyimpulkan bahwa ginseng merah dapat menjadi pengobatan alternatif yang efektif untuk impotensi.

Baca Juga : Mengenal Gangguan Disfungsi Ereksi, Mimpi Buruk Bagi Pria

2. Meningkatkan kualitas sperma

Selain membantu pria dengan masalah impotensi, ternyata ginseng merah Korea juga bisa meningkatkan kualitas sperma, lho.

Sebuah studi di Tiongkok menyebut, ginseng mampu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma orang sehat serta pasien dengan masalah kesuburan atau infertilitas. Ini diduga merupakan peran kandungan ginsenosides, komponen aktif utama farmakologis ginseng. 

3. Meningkatkan gairah atau libido

Data dari penelitian pada hewan menunjukkan korelasi positif antara ginseng, libido, dan penampilan kopulasi. Efek ini telah dikonfirmasi dalam studi kasus kontrol pada manusia.

Dalam penelitian tersebut seekor tikus diberi 5 persen Panax ginseng dalam makanannya selama 60 hari. Hasilnya ditemukan peningkatan kadar testosteron darah secara signifikan.

Dalam studi klinis yang melibatkan 66 partisipan, penggunaan ekstrak ginseng Asia telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar total plasma dan testosteron bebas, hormon perangsang folikel, dan LH.

Kadar hormon testosteron dan hormon LH ini berperan pada dorongan seksual pria alias libido.

Manfaat ginseng merah Korea untuk masalah seksual wanita

Selain membantu masalah seksual pada pria, ginseng juga membawa manfaat bagi kaum hawa. Terutama bagi wanita yang mengalami penurunan fungsi seksual saat menopause.

Sebuah penelitian mencoba mengeksplorasi efek ginseng merah Korea pada wanita menopause. Dalam studi tersebut, 32 wanita diberi tiga kapsul ginseng, atau plasebo.

Hasilnya, fungsi seksual mereka ternyata meningkat dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Peneliti menyimpulkan bahwa ginseng merah juga dapat meningkatkan fungsi seksual pada wanita.

Baca Juga : Segudang Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Enggak Cuma Atasi Masalah Seksual Pria Lho!

Manfaat ginseng merah lainnya

Selain membantu mengatasi masalah seksual, ginseng juga mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ginseng merah Korea telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai suplemen kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari ginseng dan juga olahannya sebagai suplemen:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Tingkatkan kesehatan jantung
  • Mengobati diabetes
  • Meningkatkan energi
  • Mengurangi stres
  • Mengobati impotensi

Akar ginseng yang menyerupai tubuh manusia konon jadi alasan kenapa dulu dukun tradisional menganggap ginseng sebagai pengobatan seluruh tubuh. Hindari menggabungkan ginseng dan kafein. Ginseng dapat mengintensifkan efek kafein.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar ginseng Korea? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin