Info Sehat

Ingin Merapikan Alis? Perhatikan Cara Cabut Alis yang Aman dan Mudah Ini!

August 10, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Merasa kurang percaya diri karena bentuk alis yang berantakan? Atau kamu memiliki unibrow atau alis yang saling menyambung antara alis kanan dan kiri, tapi kamu ingin menghilangkan bagian tengah alis?

Kamu bisa mencabutnya sebagai pilihan termudah merapikan alis. Selain itu, mencabut alis juga tidak memerlukan uang lebih, karena kamu hanya membutuhkan sebuah pinset. Selanjutnya, bagaimana cara yang tepat untuk mencabut alis yang aman dan dianjurkan?

Berikut beberapa tips cara mencabut bulu alis yang dianjurkan

Walaupun mudah dan murah, kamu perlu kesabaran untuk merapikan alis dengan cara mencabutnya. Kamu juga perlu ketelitian untuk membuat alismu lebih rapi dengan cara:

  • Bentuk alis. Pastikan kamu sudah mengetahui bentuk alis yang kamu inginkan. Ini memudahkan kamu untuk membedakan area mana yang perlu dicabut dan mana yang tidak.
  • Rapikan alis. Sebelum mencabut alis, cobalah untuk merapikannya. Kamu bisa menyisirnya searah dengan pola pertumbuhan alis.
  • Regangkan kulit dengan jari-jarimu. Meregangkan kulit dapat dilakukan hanya di area rambut alis yang ingin dicabut.
  • Cabut sesuai arah tumbuh. Sebaiknya kamu mencabut ke arah yang sama dengan pertumbuhan alis, karena dapat membantu mencegah helai alis patah. Ini juga dapat membantu mengurangi sakit atau rasa tidak nyaman.
  • Lakukan dengan cepat. Ini adalah tips yang perlu kamu kuasai, yaitu gunakan pinset untuk menjepit pangkal alis dan tarik dengan kuat dalam satu gerakan cepat.
  • Jangan berlebihan. Kamu hanya perlu merapikannya. Jadi, tetaplah dengan tujuan awalmu. Jangan terobsesi dengan bentuk alis yang sempurna. Karena terlalu banyak mencabut alis juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

Cara tersebut akan membuatmu alismu rapi kembali. Namun, kamu mungkin perlu melakukannya dengan rutin. Karena alis akan kembali tumbuh dalam 3 hingga 8 minggu berikutnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan agar mencabut alis lebih aman dan nyaman

Mencabut bulu alis dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Untuk meringankan rasa sakit dan membuatnya tetap aman, berikut beberapa tipsnya.

Gunakan alat yang tepat

Ternyata alat yang digunakan untuk mencabut bulu alis juga dapat mempengaruhi keamanan kulitmu, loh. Sebaiknya hindari menggunakan pinset dengan karet di ujungnya.

Karena karet dapat menyebabkan lebih banyak gesekan. Gesekan dapat menyebabkan lebih banyak trauma pada rambut saat kamu mencabutnya. Pilihlah pinset dengan ujung bersudut. Bentuk ini akan memudahkan kamu untuk mencabut tiap helai alismu.

Perhatikan kebersihan

Kamu juga harus memastikan kebersihan alat atau pinset yang kamu gunakan. Hindari menggunakan pinset yang sudah berkarat dan yang sudah sulit untuk dikatupkan.

Pastikan juga untuk membersihkan alat atau pinset dengan alkohol sebelum dan sesudah digunakan untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

Seberapa sering mencabut alis

Saat mencabut bulu alis, kamu juga perlu memperkirakan waktunya. Karena ternyata, terlalu sering mencabut alis atau bahkan setiap hari mencabut alis bukanlah hal yang aman dilakukan.

Jika mencabut alis setiap hari, memungkinkan terjadinya jaringan parut. Dilansir dari Cleveland Clinic, jika itu terjadi, kemudian bulu alis tidak akan tumbuh kembali.

Waktu mencabut alis

Kapan kamu biasanya mencabut bulu alis? Apakah kamu kerap tersiksa karena sakit yang timbul akibat mencabut bulu alis? Nah, salah satu cara amannya adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk mencabut alis. Cobalah untuk mencabut alis setelah mandi.

Karena setelah mandi kulit cenderung menjadi lebih lembut. Terlebih saat kamu baru saja mandi dengan air hangat, karena folikel akan terbuka. Dengan begitu, kamu bisa mencabut alis dengan mudah dan dapat membantu meringankan sakit akibat pencabutan.

Selain dilakukan setelah mandi, kamu juga bisa mencabut alis setelah membasuh wajah dengan waslap basah panas, selama beberapa menit. Ini akan memberikan efek yang sama pada wajah, seperti mandi dengan air panas.

Gunakan gel atau losion

Rasa tidak nyaman pada kulit di sekitar alis setelah mencabutnya bisa diredakan dengan mengoleskan gel atau losion. Kamu bisa memilih gel atau losion dengan kandungan lidah buaya untuk membantu menenangkan kulit.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info kesehatan lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Goodhousekeeping diakses 7 Agustus 2020 How to Make Plucking Your Eyebrows Less Painful 
  2. Healthline diakses 7 Agustus 2020 How to Get Rid of a Unibrow 
  3. Clevelandclinic diakses 7 Agustus 2020 5 Ways to Get Overplucked Eyebrows to Grow Back
    Berita Terkait
    register-docotr