Tak Kalah dari Daging, Ini 8 Makanan Lain yang Kaya akan Protein

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Memenuhi kebutuhan protein sangat penting bagi tubuh. Sumber protein yang paling terkenal adalah daging. Namun ternyata selain daging terdapat beberapa makanan lain yang juga tak kalah memiliki kandungan protein tinggi. Lalu, apa saja makanan yang mengandung protein selain daging?

Baca Juga: Sering Dibuang, Ternyata Ini Manfaat Tersembunyi Air Tajin untuk Kecantikan

Makanan yang mengandung protein selain daging

Protein zat makanan yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh seperti sumber energi dan perbaikan jaringan tubuh, pembentukan antibodi, serta pembentukan hormon dan enzim.

Daging memang merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein, akan tetapi sebagian orang memilih tidak mengonsumsi daging atau menjadi seorang vegetarian. Terdapat beberapa makanan yang mengandung protein selain daging, berikut adalah daftarnya.

1. Telur

Telur utuh merupakan makanan paling sehat dan kaya akan kandungan nutrisi. Mereka kaya akan kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, putih telur merupakan protein murni.

Satu telur besar memiliki kandungan 6 gram protein dan 78 kalori. Akan tetapi, jika kamu memiliki alergi terhadap telur, sebaiknya hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung telur.

2. Almond

Selain memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, kacang almond juga ternyata kaya akan kandungan protein. Satu ons kacang almond mengandung 6 gram protein dan 164 kalori.

Tak hanya kaya akan kandungan protein, kacang almond juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

3. Gandum

Gandum merupakan salah satu biji-bijian paling sehat yang tersedia. Mereka menyediakan serat sehat, magnesium, mangan, thiamin (vitamin B1), dan beberapa nutrisi lainnya. Setengah cangkir (120 ml) gandum kering memiliki kandungan 6 gram protein dan 4 gram serat.

Untuk memenuhi kandungan protein dalam tubuh, kamu dapat memilih mengonsumsi gandung secara utuh atau dengan mengombinasikannya dengan berbagai resep makanan.

4. Keju cottage

Keju cottage merupakan jenis keju yang rendah lemak dan kalori. Mereka kaya akan kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), dan nutrisi lainnya. Dalam satu cangkir (226 gram) keju cottage rendah lemak mengandung 28 gram protein dan 163 kalori.

5. Makanan yang mengandung protein selain daging yakni termasuk brokoli

Brokoli merupakan sayuran sehat yang menyediakan vitamin C, vitamin K, serat, serta kalium. Tak hanya itu saja, brokoli juga menyediakan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi terhadap kanker.

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Satu cangkir (96 gram) brokoli cincang memiliki 3 gram protein dan hanya memiliki 31 kalori.

6. Tahu, tempe, dan edamame

Tahu, tempe, serta edamame merupakan produk yang berasal dari kedelai. Kedelai dianggap sebagai sumber protein utuh, ini membuat mereka menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baik tahu, tempe, serta edamame ketiganya mengandung zat besi, kalsium, dan 10-19 gram protein per 3,5 ons (100 gram).

Edamame bahkan juga kaya akan kandungan folat, vitamin K, san serat. Sedangkan tempe juga memiliki kandungan probiotik, vitamin B, dan mineral, seperti magnesium dan fosfor.

7. Lentil

Makanan yang mengandung protein selain daging lainnya adalah lentil. Mereka dapat digunakan dalam berbagai macam hidangan, mulai dari salad segar, hingga sup yang dibumbui oleh rempah-rempah.

Selain kaya akan kandungan protein, lentil juga kaya akan serat, magnesium, kalium, zat besi, folat, tembaga, serta mangan. Satu cangkir (198 gram) lentil rebus mengandung 18 gram protein dan 230 kalori.

Baca juga: Agar Asupan Gizi Terjaga, Yuk Kenali 8 Fungsi Protein bagi Tubuh!

8. Susu adalah makanan yang mengandung protein selain daging

Meskipun bukan merupakan makanan, susu adalah minuman yang terkenal kaya akan kandungan protein. Tak hanya memiliki kandungan protein yang berkualitas, susu juga tinggi akan kandungan kalsium, fosfor, serta riboflavin (vitamin B2).

Untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein diimbangi dengan susu.

Satu cangkir susu mengandung 8 gram protein serta 149 kalori. Sedangkan satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori.

Jika kamu ingin memenuhi asupan proteinmu tak ada salahnya lho untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein selain daging. Tak hanya mendapatkan kandungan protein yang baik bagi tubuh, kamu juga akan mendpatkan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Healthline (2020). Diakses pada 04 Juli 2020. 20 Delicious High Protein Foods 

Healthline (2016). Diakses pada 04 Juli 2020. The 17 Best Protein Sources for Vegans and Vegetarians

Liputan6.com (2019). Diakses pada 04 Juli 2020. 8 Manfaat Protein bagi Tubuh dan Cara Mendapatkannya 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin