5 Manfaat Yogurt yang Sangat Penting untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Selain nikmat, ternyata yogurt juga punya manfaat yang menyehatkan untuk tubuh kita, lho. Yogurt sangat kaya akan nutrisi, mengonsumsinya secara rutin baik bagi kesehatan kamu.

Yogurt sendiri sudah dikonsumsi manusia sejak ratusan tahun lalu. Dan sudah terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan bisa bantu turunkan berat badan.

Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan. Simak ulasan ini untuk mengetahuinya.

Mengenal yogurt dan proses pembuatannya

Yogurt merupakan produk olahan susu yang dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri. Bakteri khusus ini akan memfermentasi laktosa, yakni gula alami yang ada di dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat, suatu zat yang menyebabkan protein susu mengental, memberi yogurt rasa dan tekstur yang unik.

Yogurt sendiri bisa dibuat dari semua jenis susu. Produk yogurt murni akan memiliki warna putih, kental, dan rasa yang tajam. Jenis inilah yang terbaik untuk kesehatan.

Sementara itu, kebanyakan yogurt yang ada di pasaran sudah dicampuri bahan lain seperti pemanis buatan.

Manfaat yogurt untuk kesehatan

Mirip dengan produk susu lainnya, yogurt sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang. Selain itu, dari proses fermentasi yogurt juga menghasilkan nutrisi lain yang tak kalah menyehatkan.

Berikut beberapa manfaat yogurt untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Menyehatkan usus

Meski masih sedikit penelitian yang mendasari klaim ini, namun ada beberapa bukti yang menunjukkan kalau yogurt bisa membantu jaga kesehatan pencernaan.

Termasuk dalam membantu mengatasi intoleransi laktosa, sembelit, diare, penyakit radang usus, hingga mencegah kanker usus besar.

Sayangnya, banyak produk yogurt di pasaran telah melalui proses pasteurisasi dengan suhu tinggi dan membunuh bakteri baik yang terkandung di dalamnya.

2. Manfaat probiotik pada yogurt

Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Kandungan ini banyak ditemukan pada yogurt. Probiotik bisa membantu mengatur sistem pencernaan dengan mengurangi gas, diare, sembelit, dan kembung.

Dilansir Medical News Today, beberapa penelitian menyebut konsumsi probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi lain menunjukkan probiotik dapat meningkatkan resistensi dan pemulihan dari infeksi. 

Yogurt yang mengandung dua jenis probiotik yakni lactobacillus dan bifidobacterium, juga disebut mampu meningkatkan keberhasilan terapi pengobatan pada 138 orang dengan infeksi H. pylori yang persisten.

H. pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di lambung dan bagian atas usus kecil. Infeksi bakteri ini bisa sebabkan munculnya benjolan dan meningkatkan risiko kanker perut.

3. Mencegah osteoporosis

Yogurt mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, mulai dari kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D. 

Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang.

Dilansir Healthline, Sebuah penelitian menyebut bahwa konsumsi tiga porsi produk olahan susu, seperti yogurt, setiap hari dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.

4. Manfaat yogurt untuk kesehatan jantung

Selain probiotik dan kalsium, yogurt juga mengandung lemak. Sebagian besar merupakan lemak jenuh, dan sisanya dalam sejumlah kecil merupakan asam lemak tak jenuh tunggal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh dari produk olahan susu murni bisa meningkatkan kolesterol baik yang dapat menjaga kesehatan jantung. Studi lain juga menunjukkan bahwa asupan yogurt bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, produk susu seperti yogurt juga telah terbukti bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Efeknya tampak paling menonjol pada mereka yang sudah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi.

5. Menjaga berat badan

Dilansir WebMD, studi dari University of Washington menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt untuk diet sebagai camilan merasa kenyang lebih lama. Hasilnya nafsu untuk mengonsumsi makanan lain bisa ditekan.

Yogurt untuk diet mengandung protein tinggi, yang sangat mengenyangkan, dan dapat bisa meningkatkan pola makan kamu secara keseluruhan. Kedua aspek ini membantu dalam manajemen berat badan terutama kamu yang sedang diet.

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan bantuan yogurt untuk diet, pastikan untuk memilih produk yogurt yang rendah gula dan tanpa pemanis buatan. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan topping buah segar, sirup maple, atau madu murni.

Manfaat greek yogurt untuk bayi

Memiliki banyak manfaat serta kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, yogurt baik untuk dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan atau lebih.

Ada beberapa manfaat greek yogurt yang perlu kamu ketahui, pertama, yogurt untuk bayi adalah sumber protein yang mudah ditemukan, serta nikmat untuk dikonsumsi.

Manfaat greek yogurt yang kedua adalah keberadaan probiotiknya. Yogurt untuk bayi dapat menyempurnakan sistem kekebalan yang melapisis usus dan dapat membantu tubuh si Kecil mengenali bakteri yang ramah dengan berbahaya.

Ketiga, yogurt memiliki lebih sedikit laktosa dibandingkan dengan susu murni.

Jangan berikan yogurt untuk bayi jika ia alergi

Sebelum kamu memberikan yogurt untuk bayi sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ya apakah si Kecil memiliki alergi terhada yogurt atau tidak.

Karena, reaksi alergi terhadap yogurt dapat terjadi ketika si Kecil memiliki alergi susu, jika yogurt dibuat dengan susu sapi. Beberapa tandanya termasuk:

  • Ruam di sekitar mulut
  • Gatal
  • Muntah
  • Diare
  • Pembengkakan
  • Rewel

Amankah yogurt untuk ibu hamil?

Melansir dari Firstcry.com, yogurt adalah camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan terbuat dari susu pasteurisasi.

Yogurt untuk ibu hamil dikemas penuh dengan nutrisi penting seperti kalsium dan protein yang sangta baik karena selama kehamilan kebutuhan protein sangat tinggi.

Adapun beberapa manfat yogurt untuk ibu hamil di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Kaya akan kandungan kalsium
  • Yogurt untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan imunitas
  • Mencegah tekanan darah tinggi
  • Meredakan stres dan kecemasan

Manfaat yogurt untuk wanita

Yogurt mengandung protein, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan vitamin B-12 dalam jumlah yang tinggi. Wanita yang mengonsumsi yogurt secara teratur umumnya memiliki kualitas diet keseluruhan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt.

Berikut adalah manfaat yogurt untuk wanita yang perlu kamu tahu.

Menurunkan risiko terkena penyakit tertentu

Manfaat greek yogurt untuk wanita dapat menigkatkan kualitas hidup dengan menurunkan risiko terkena penyakit kronis.

Dilansir dari Livestrong.com, studi pada tahun 2013 melaporkan bahwa makan yogurt secara teratur dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah, serta resistensi insulin yang lebih sedikit.

Mengurangi sembelit

Seperti yang sudah diketahui, bahwa yogurt mengandung probiotik, bakteri sehat yang secara alami terdapat di dalam saluran perncernaan, yang dapat meningkatkna fungsi perncernaan.

Mengurangi risiko kekurangan nutrisi

Manfaat yogurt untuk wanita yang ketiga adalah dapat mengurangi risiko kekurangan nutrisi, hal ini karena yogurt kaya akan kandungan nutrisi. Wanita yang mengonsumsi yogurt, terutama greek yogurt kemungkinan dapat memenuhi kebutuhan protein hariannya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Well Good. Diakses pada 4 Juni 2020. 5 Yogurt Benefits.

Healthline. Diakses pada 4 Juni 2020. 7 Impressive Health Benefits of Yogurt.

Medical News Today. Diakses pada 4 Juni 2020. Everything you need to know about yogurt.

WebMD. Diakses pada 4 Juni 2020. The Benefits of Yogurt.

Firstcry.com (2020). Diakses pada 20 Oktober 2020. Consuming Yogurt During Pregnancy – Is It Safe? 

Healthline (2018). Diakses pada 20 Oktober 2020. Can Babies Have Yogurt? 

Live Strong. Diakses pada 20 Oktober 2020. What Are the Benefits of Yogurt for Women? 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin