Covid-19

Ampuh Tangkal Corona, Ini Fakta Hand Sanitizer dari Daun Sirih yang Perlu Kamu Ketahui

October 20, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pandemi COVID-19 membuat hand sanitizer menjadi salah satu barang yang wajib dibawa di kantong atau tas. Beberapa di antaranya dengan bahan baku tertentu disebut paling mujarab, termasuk hand sanitizer dari daun sirih.

Beberapa penelitian sudah membuktikan jika daun sirih bisa digunakan sebagai bahan baku hand sanitizer. Di antaranya adalah yang dilakukan oleh Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) serta Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Khasiat daun sirih

Daun sirih mengandung flavonoid, senyawa polevenolad, tanin dan minyak atsiri. Khasiat dari daun sirih adalah memberikan efek antiseptik, analgesik, mempertahankan kekebalan tubuh, penghilang bengkak serta mengatasi radang pada gusi, hidung berdarah dan batuk berdarah.

Dosen Fakultas Farmasi UGM, Dr. Ronny Martien, memakai daun ini sebagai bahan dasar hand sanitizer karena aktivitas antibakteri daun sirih. Aktivitas antibakteri daun sirih dikatakan mampu mengatasi bakteri seperti Staphylococcus auerus dan Escherichia coli.

Ronny mengembangkan produk yang dinamai spray nanopolimer infusa daun sirih sejak satu tahun terakhir. Penggunaan daun sirih dipandang lebih aman daripada hand sanitizer yang menggunakan antibiotik sintetik yang banyak menimbulkan resistensi bakteri.

Apakah hand sanitizer ini efektif tangkal corona?

Dosen Program Studi Teknologi Pangan UKSW, Dhanang Puspita, menyebut daun sirih dapat menghambat perkembangan virus. “Senyawa flavonoid, tanin senyawa bioaktif dapat menghambat perkembangbiakan virus untuk membelah diri,” kata Dhanang.

Selain dihambat oleh daun sirih, hand sanitizer ini juga menggunakan alkohol untuk membunuh bakteri dan virus pada saat pemakaian. Dirinya juga menambahkan lidah buaya yang bermanfaat sebagai pelembap alami.

Kandungan alkohol dalam hand sanitizer memainkan peranan penting untuk membunuh virus. Laman informasi COVID-19 New Jersey menyebut kalau penggunaan hand sanitizer yang menggunakan alkohol efektif membunuh virus COVID-19.

Laman tersebut menyebut dibutuhkan setidaknya 60 persen kandungan alkohol dalam hand sanitizer untuk membuatnya efektif membunuh virus COVID-19. Meskipun demikian, jika memungkinkan, kamu tetap harus mencuci tangan setidaknya 20 detik dalam air yang mengalir.

Manfaat lain hand sanitizer dari daun sirih

Selain membunuh virus, penggunaan daun sirih sebagai hand sanitizer dapat menghadirkan efek antibakteri. Aktivitas antibakteri dari daun sirih dikatakan dalam penelitian di STIKES Telogorejo membuktikan kalau daun sirih bisa digunakan sebagai bahan hand sanitizer.

Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan gel ekstrak daun sirih merah yang dicobakan pada bakteri Escherichia coli.

Penelitian lain yang dilakukan di Universitas Mulawarman, Samarinda juga menemukan manfaat serupa. Aktivitas antimikroba dari daun sirih merah yang dipakai peneliti mampu memberikan daya hambat bagi bakteri Candida albican.

Bagaimana cara membuat hand sanitizer dari daun sirih?

Mengutip penelitian yang dilakukan di Universitas Mulawarman, Samarinda, dengan tajuk Formulasi Infusan Daun Sirih Merah Sebagai Gel Antiseptik Tangan, berikut ini adalah langkah membuat hand sanitizer dari daun sirih:

  • Siapkan tanaman daun sirih segar
  • Cuci, bersihkan, potong kecil-kecil
  • Masukan ke wadah tertutup
  • Sampel segar sebanyak 50 gram diekstraksi dengan cara infusa di dalam panci yang berisi aquades sebanyak 100 mL
  • Panaskan sampel dalam penangas air selama 15 menit dengan suhu 90-98 derajat Celsius sambil diaduk
  • Peras selagi panas dengan kain flanel di dalam labu ukur
  • Tambahkan aquades yang telah dipanaskan secukupnya melalui residu hingga diperoleh volume 100 mL

Sementara penelitian lain yang dilakukan di UKSW, menuerut Dhanang tidak merebus daun sirih, melainkan menguap (steam) daun tersebut agar tidak merusak senyawa di dalamnya. Setelah daun sirih diekstrak, dicampurkan lidah buaya, alkohol, triklosan serta essential oil.

Hand sanitizer alkohol

Sementara jika kamu ingin membuat hand sanitizer dari alkohol saja, Kepala Departemen Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Dr. Retno Sari dalam laman Unairnews menyebut kamu membutuhkan alkohol, glycerol dan aquades.

Berikut ini adalah bahan dan tahapan pembuatannya:

  • 73 ml alkohol
  • 15 ml glycerol
  • 12 ml aquades
  • Cairkan glycerol dengan aquades
  • Setelah sedikit lebih encer, masukan alkohol perlahan sambil diaduk sampai semua bahan menyatu

Demikianlah penjelasan dan cara membuat hand sanitizer dari daun sirih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di tengah pandemi COVID-19, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. UGM, diakses 14 Oktober 2020. Dosen UGM Ciptakan Inovasi Bio Hand Sanitizer dengan Teknologi Nano
  2. Ditjen Dikti Kemendikbud, diakses 14 Oktober 2020. FKIK Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami
  3. UNAIR News, diakses 14 Oktober 2020. Faculty of Pharmacy lecturer shares tutorial how to make hand sanitizer
  4. New Jersey COVID-19 Information Hub, diakses 14 Oktober 2020. Is hand sanitizer effective against the virus?
  5. Universitas Mulawarman, diakses 14 Oktober 2020. Formulasi Infusan Daun Sirih Merah Sebagai Gel Antiseptik Tangan
  6. STIKES Telogorejo, diakses 14 Oktober 2020. Sediaan Gel Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper crocatum) Sebagai Hand Sanitizer
  7. Researchgate, diakses 14 Oktober 2020. Hand Sanitizer Arola Berbahan Herbal / Arola Hand Sanitizer Made from Herbs
    Berita Terkait
    register-docotr