12 Manfaat Habbatussauda yang Perlu Kamu Tahu

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Kamu mungkin pernah mendengar habbatussauda atau dikenal juga sebagai jintan hitam (nigella sativa). Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Timur Tengah atau Eropa Timur. 

Nah, untuk penjelasan selengkapnya tentang habbatussauda? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah habbatussauda

Jintan hitam atau habbatussauda
JIntan hitam. Sumber Foto: therahnuma.com

Habbatussauda adalah salah satu obat herbal yang telah diakui secara luas manfaatnya. Tanaman ini dibudidayakan secara luas di Pakistan dan India dan menjadi obat tradisional di wilayah tersebut.

Selama bertahun-tahun, proses imigrasi membantu budidaya tanaman tersebut menyebar luas ke  Eropa Timur dan Amerika Utara.

Habbatussauda bagi komunitas muslim sudah cukup familiar, di beberapa negara tanaman ini disebut juga dengan nama shuniz, khodhira, black cumin, atau black caraway.

Habbatussauda memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga sebagai bahan kosmetik, seperti membantu penurunan berat badan, memperbaiki kondisi kulit, dan bahkan mengobati kanker dan diabetes.

Kandungan jintan hitam

Jintan hitam mengandung thymoquinone, yang merupakan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang juga memiliki sifat mengurangi tumor.

Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk cair untuk diminum, kapsul atau minyak yang dioleskan untuk kulit. Selain itu, juga untuk campuran minyak pijat, sampo, produk perawatan kulit, dan wewangian.

Bentuk kemasan jintan hitam

Biasanya jintan hitam dikemas dalam bentuk kapsul, cairan kental menyerupai madu untuk diminum, atau juga ada yang berbentuk cair dan gel yang dioleskan langsung ke kulit.

Terkadang, minyak ini juga ditambahkan ke dalam olahan masakan dan untuk produk perawatan kecantikan.

Berikut manfaat minyak habbatussauda

1. Manfaat untuk penurunan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak habbatussauda dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders pada 2013 menemukan bahwa jintan hitam atau habbatussauda bisa efektif dalam mengatasi obesitas.

Bahwa adanya kemungkinan minyak habbatussauda ini dapat mengurangi faktor risiko pada beberapa penderita obesitas.

Manfaat jintan hitam ini bisa didapatkan dengan memasukkan minyak habbatussauda ke dalam program diet yang dikonsumsi (rendah kalori). Hasilnya, adalah terjadi penurunan berat badan dan kadar trigliserida pada tubuh.

2. Manfaat untuk kulit

Jintan hitam atau habbatussauda bermanfaat bagi kamu dengan kondisi kulit seperti berikut:

  • Eksim: Menurut penelitian dalam skala kecil yang dilakukan tahun 2013, menunjukan manfaat minyak habbatussauda dapat mengurangi penyakit eksim di tangan.
  • Jerawat: Antimikroba dan anti-inflamasi dari minyak habbatussauda dapat menyembuhkan jerawat. Dalam satu penelitian 58 persen peserta mengatakan pengobatan ini sebagai baik, sementara 35 persen merasa cukup.

Dalam satu biji jintan hitam mengandung 15 jenis asam amino, protein, Ca, FE, Na, K dengan kandungan aktif thymoquinone, dithymouinone, thymohydroquimone, tyhmol yang telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini.

Thymoquinone merupakan salah satu bahan dalam biji jintan hitam yang bermanfaat untuk menghancurkan racun dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nutrisi bagi kulit maupun tubuh.

Paduan habbatussauda dengan madu dan minyak zaitun bahkan dapat menjadi bahan alami yang telah digunakan selama ribuan tahun lalu dan baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun perawatan kulit.

3. Manfaat untuk menurunkan kolesterol

Penelitian lain menunjukan bahwa suplementasi dengan jintan hitam atau habbatussauda, mampu meningkatkan penurunan yang signifikan untuk kolesterol jahat dan juga trigliserida darah.

Studi lain pada 57 penderita diabetes menunjukkan bahwa menambahkan jintan hitam selama satu tahun menurunkan total dari kolesterol LDL.

4. Manfaat untuk membunuh bakteri jahat

Bakteri penyebab penyakit adalah salah satu dari daftar panjang atas infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa habbatussauda mungkin memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam melawan bakteri tertentu.

5. Manfaat untuk mengurangi peradangan

Dalam kebanyakan kasus, peradangan adalah respons imun normal yang membantu melindungi tubuh terhadap cedera dan infeksi. Di sisi lain, peradangan kronis diyakini berkontribusi pada berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Beberapa riset juga telah menemukan bahwa habbatuusauda mungkin memiliki efek antiinflamasi yang kuat di dalam tubuh.

Dalam satu studi dengan sampel 42 orang penderita rheumatoid arthritis, dan menggunakan 1.000 mg minyak habbatussauda setiap hari selama delapan minggu mengurangi tanda-tanda peradangan.

Demikian pula, thymoquinone, senyawa aktif di dalam habbatuusauda juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada sel kanker pankreas.

Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, sebagian besar penelitian pada manusia terbatas pada orang dengan kondisi tertentu. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana habbatussauda dapat mempengaruhi peradangan secara umum.

6. Manfaat untuk melindungi organ hati

Hati adalah organ yang sangat penting. Befungsi vital untuk menghilangkan racun, memroses nutrisi dan menghasilkan protein dan bahan kimia yang sangat penting bagi tubuh.

Beberapa riset yang dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa biji jintan hitam dapat membantu melindungi hati terhadap cedera dan kerusakan tersebut.

Studi lain juga menunjukkan bahwa jintan hitam juga melindungi tikus terhadap kerusakan hati yang diinduksi.

7. Manfaat membantu pengaturan gula darah

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan banyak gejala yang negatif, termasuk meningkatnya rasa haus, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.

Jika dibiarkan dalam jangka panjang, gula darah tinggi dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih serius, seperti kerusakan saraf, perubahan penglihatan, dan penyembuhan luka yang menjadi lambat.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa biji jintan hitam dapat membantu menjaga gula darah menjadi stabil dan dengan demikian dapat mencegah efek samping yang berbahaya dari gula darah yang tinggi.

Satu ulasan dari tujuh studi menunjukkan bahwa suplementasi dengan biji jintan hitam dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi normal.

8. Manfaat untuk mencegah radang perut

Radang lambung adalah luka yang menyakitkan dan terbentuk ketika asam lambung menggerogoti lapisan lendir pelindung yang melapisi lambung.

Beberapa riset menunjukkan bahwa habbatussauda dapat membantu menjaga lapisan perut dan mencegah pembentukan luka yang terjadi.

9. Manfaat untuk menjaga kecantikan

Selain bisa mengatasi bagi yang mengalami masalah jerawat, efek anti mikroba dan antiradang dari habbatussauda juga bisa menjadi solusi yang lain.

Berdasarkan sebuah riset, 58% partisipan yang menggunakan minyak ini sebagai obat jerawat menyatakan bahwa respons terhadap pengobatannya termasuk baik.

Selain itu jintan hitam dalam bentuk minyak juga dianggap mampu melembapkan rambut dan melembutkan kulit.

10. Manfaat terhadap kualitas sperma pria

Pada sebuah percobaan klinis terhadap beberapa pria yang memiliki sperma kurang berkualitas, ditemukan bahwa penggunaan minyak habbatussauda mampu memperbaiki gerakan dan kualitas sperma menjadi lebih subur.

Meningkatkan jumlah sperma, serta meningkatkan volume air sperma itu sendiri.

11. Manfaat untuk rheumatoid arthritis

Manfaat jintan hitam ini dalam bentuk minyak juga diyakini dapat membantu pengobatan penyakit rheumatoid arthritis.

Dalam riset yang dilakukan dengan peserta beberapa orang wanita penderita rheumatoid arthritis tingkat ringan dan sedang, diberi kapsul minyak jintan hitam atau plasebo setiap hari selama satu bulan.

Hasilnya memperlihatkan bahwa pemberian minyak jintan hitam mampu mengurangi gejala arthritis berupa peradangan dan pembengkakan sendi.

12. Manfaat yang lainnya

Jintan hitam (Nigella Sativa) atau habbatussauda, juga dianggap dapat bermanfaat untuk beberapa kondisi kesehatan, seperti berikut:

  • Kanker:

Habbatuusauda menunjukkan bahwa thymoquinone dalam minyak yang terkandung di dalamnya dapat mempengaruhi kematian sel yang diprogram, atau apoptosis pada beberapa jenis sel kanker.

Ini termasuk di antaranya kanker otak, leukemia, dan kanker payudara.

Habbatussauda dipercaya memiliki kandungan yang disebut chemoagent 5-fluorurachil yang dapat menekan pertumbuhan kanker. Selain itu, kandungan thymoquinone juga dapat membantu untuk mencegah kanker payudara.

Namun, para peneliti belum tahu seberapa efektif minyak tersebut untuk mengobati orang dengan gangguan kanker.

  • Fungsi hati dan ginjal

Menurut sebuah studi di tahun 2013 yang dilakukan pada binatang (tikus), minyak habbatussauda ini dapat mengurangi komplikasi penyakit hati dan ginjal dan memperbaiki struktur organ. Peneliti tidak tahu apakah efek ini juga akan terjadi pada manusia.

  • Diabetes

Menurut sebuah artikel di Journal of Endocrinology & Metabolism , minyak jintan hitam mungkin memiliki sifat antidiabetes dan bisa meningkatkan kadar gula darah.

Sekali lagi, penelitian ini menggunakan dengan model hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian lain untuk mengonfirmasi efektivitas jintan hitam atau habbatssauda tersebut pada manusia.

Madu habbatussauda

Selain dikonsumsi secara tunggal, jintan hitam juga tersedia dalam bentuk yang sudah dicampur dengan madu. Kombinasi keduanya tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari jurnal yang diterbitkan di Peertechz, madu habbatussauda memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membantu menyembuhkan luka.

Saat tubuh terluka dan mengalami infeksi, secara alami bakteri akan menggandakan diri dalam wakru yang terbilang dengan cepat. Meski bersifat tidak menimbulkan penyakit, namun pada kondisi tertentu ia bisa berkembang menjadi berbahaya jika dibiarkan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menjadikan madu habbatussauda sebagai solusinya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, cairan madu habbatussauda adalah agne antibakteri yang cukup efektif dipakai untuk menangani luka.

Cara minum habbatussauda

Saat ini jintan hitam telah banyak dipasarkan dalam berbagai bentuk. Untuk mengonsumsinya, kamu tinggal memilih produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Perlu diingat kamu tidak boleh meminum habbatussauda dalam bentuk mentah secara langsung. Ia harus diproses terlebih dulu agar tidak mengganggu sistem pencernaan dan menghasilkan cita rasa yang lezat. Untuk yang berbentuk kapsul, kamu bisa meminumnya sebanyak 1 sampai 3 butir per hari.

Sementara itu dilansir dari Healtline, kamu juga bisa memanggangnya lalu ditumbuk dan ditaburkan di atas roti maupun kari. Cara minum habbatussauda lainnya adalah dengan mencampurkannya ke dalam jus, yogurt, atau oatmeal.

Efek samping

Minyak habbatussauda dan bubuk jintan hitam juga terkategori aman ketika dikonsumsi untuk pengobatan yang digunakan selama 3 bulan atau kurang.

Tidak ada informasi yang cukup dapat diandalkan untuk mengetahui apakah jumlah yang ditemukan dalam bubuk jintan hitam itu aman ketika digunakan selama lebih dari 3 bulan.

Lebih amannya kamu bisa berkonsultasi dengan apoteker atau dokter jika ingin mengonsumi habbatussauda, terutama jika ingin digunakan sebagai obat.

Habbatussauda juga dapat menyebabkan ruam dan alergi pada beberapa orang. Ini juga dapat menyebabkan sakit perut, muntah, atau sembelit. Jika mengalami hal tersebut, segeralah hubungi dokter.

Ketika dioleskan pada kulit, minyak jintan hitam yang berbentuk gel relatif aman, untuk pemakaian jangka pendek.

Tapi bagi beberapa orang juga dapat menyebabkan ruam dan alergi, tergantung dengan kondisi dan sensitivitas kulit masing-masing.

Peringatan khusus

Untuk kamu yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui, jintan hitam tampaknya aman dalam takaran jumlah normal konsumsi sebagai makanan selama kehamilan.

Tetapi mengambil jumlah yang lebih besar untuk pengobatan, hal itu tidak disarankan . Jintan hitam dapat memperlambat atau menghentikan rahim dalam berkontraksi.

Tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah jintan hitam aman digunakan saat menyusui. Lebih baik hindari penggunaan selama masa menyusui.

Cara umum jika kamu ingin mencoba menggunakan habbatussauda sebagai pengobatan, dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.

Dengan begitu, dokter akan menentukan apakah kamu bisa atau tidak untuk mengonsumsinya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

– medicalnewstoday.com, diakses 11 Mei 2020 – Benefits of black seed oil

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322948

– Antibacterial activity of honey and Nigella sativa L. seed extracts against animal wound bacteria, https://www.peertechz.com/articles/IJVSR-5-138.php diakses pada 2 September 2020

– 9 Impressive Health Benefits of Kalonji (Nigella Seeds), https://www.healthline.com/nutrition/kalonji-nigella-seeds diakses pada 2 September 2020

– webmd.com, diakses 11 Mei 2020 – BLACK SEED

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-901/black-seed

 

– ncbi.nlm.nih.gov, diakses 11 Mei 2020 – A review on therapeutic potential of Nigella sativa: A miracle herb

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3642442/

 

– verywellhealth.com, diakses 11 Mei 2020 – The Health Benefits of Nigella Sativa

https://www.verywellhealth.com/nigella-sativa-89064#citation-7

 

– ncbi.nlm.nih.gov, diakses 11 Mei 2020 – Black Seed (Nigella Sativa) and its Constituent Thymoquinone as an Antidote or a Protective Agent Against Natural or Chemical Toxicities

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5963642/#!po=56.9767

 

– drugs.com, diakses 11 Mei 2020 – Kalonji

https://www.drugs.com/npp/kalonji.html#fandc-np5227.b32

 

– healthline.com, diakses 11 Mei 2020 – What Is Black Seed Oil? All You Need to Know

https://www.healthline.com/nutrition/black-seed-oil

 

– healthline.com, diakses 11 Mei 2020 – 9 Impressive Health Benefits of Kalonji (Nigella Seeds)

https://www.healthline.com/nutrition/kalonji-nigella-seeds#section3

 

– todaysdietitian.com, diakses 11 Mei 2020

https://www.todaysdietitian.com/newarchives/090114p64.shtml

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin