Sembelit Bikin Tak Nyaman, Yuk Konsumsi 10 Makanan Ini!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sembelit merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Sembelit dapat membuat perut tidak nyaman karena buang air besar akan terasa sulit. Untuk mengobatinya, kamu dapat mengonsumsi makanan untuk mengatasi sembelit.

Sembelit umumnya digambarkan sebagai buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Meskipun kondisi ini merupakan kondisi yang umum, namun sembelit juga dapat menganggu aktivitas. Oleh karena itu sangat penting untuk mengatasi masalah sembelit.

Makanan untuk mengatasi sembelit

Mengonsumsi makanan yang salah dan tidak memiliki cukup kandungan nutrisi membuat seseorang dapat mengalami kondisi ini. Namun tak perlu khawatir, karena kamu dapat mengonsumsi makanan bergizi yang kaya serat untuk mengatasinya.

Berikut adalah makanan untuk mengatasi sembelit seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Yogurt dan susu fermentasi

Banyak sekali produk olahan susu seperti yogurt dan susu fermentasi (kefir) yang mengandung mikroorganisme yang disebut dengan probiotik. Probiotik sering disebut sebagai bakteri baik. Mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan perncernaan dan melunakkan tinja.

2. Sup bening untuk mengatasi sembelit

Sup bening merupakan makanan bergizi dan mudah untuk dicerna. Mereka juga dapat menambah kelembaban pada feses yang keras dan padat serta dapat melembutkannya, sehingga mudah untuk keluar.

3. Plum

Buah plum dan jus plum adalah obat rumahan yang telah diuji untuk mengobati sembelit. Plum mengandung banyak serat, yang merupakan nutrisi yang dikenal dapat meringankan dan mempercepat buang air besar.

Tak hanya itu saja, buah ini juga memiliki kandungan senyawa sorbitol dan fenolik yang memiliki manfaat untuk pencernaan.

4. Brokoli

Banyak orang yang tidak menyukai brokoli, terutama anak-anak. Di balik itu, ternyata brokoli sangat bermanfaat bagi pencernaan lho!

Brokoli mengandung sulforaphane, yakni zat yang melindungi usus dan memperlancar pencernaan. Sulforaphane juga dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebih beberapa mikroorganisme usus yang dapat menganggu jalannya pencernaan.

5. Apel dan pir

Apel dan pir mengandung beberapa senyawa yang dapat meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol, dan fruktosa. Buah-buahan ini juga mengandung kadar air tinggi, yang dapat meringankan masalah pencernaan dan mencegah sembelit.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara utuh, konsumsilah apel dan pir secara mentah beserta kulitnya.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Apa Saja Manfaat Apel Bagi Kesehatan!

6. Anggur

Anggur kaya akan serat. Anggur juga memiliki banyak kandungan air yang dibutuhkan oleh pencernaan.

Untuk meringankan sembelit, cobalah untuk memakan segenggam penuh anggur mentah yang telah dicuci.

7. Kiwi, makanan untuk mengatasi sembelit

Rata-rata, 100 gram kiwi mengandung sekitar 2 hingga 3 gram serat, yang dapat mempercepat aliran usus.

Kiwi juga mengandung actinidine, yakni sebuah enzim yang mendorong pergerakan di saluran pencernaan bagian atas, serta beberapa phytochemical yang memainkan peran dalam meningkatkan pencernaan.

8. Blackberry dan raspberry

Baik blackberry maupun raspberry, keduanya kaya akan serat dan air, yang dapat meringankan gejala sembelit. 

Untuk mengatasi sembelit, cobalah untuk memakan blackberry maupun raspberry mentah yang telah dicuci sebanyak satu atau dua genggam sehari.

9. Produk gandum

Produk gandum utuh merupakan sumber yang baik untuk serat tidak larut, yang mana dapat menambah berat tinja dan mempercepat aliran bahan makanan melalui usus. Produk ini termasuk roti gandum, sereal, dan pasta.

Untuk memperoleh nutrisi yang lebih banyak dari produk gandum utuh, kamu dapat mengonsumsinya dengan cara dimasak atau memakannya secara mentah.

10. Kol parut untuk mengatasi sembelit

Kol parut mengandung bakteri probiotik yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sembelit. Bakteri tersebut juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan pencernaan laktosa.

Cara mencegah sembelit

Sembelit memang kondisi umum dan dapat diobati, namun akan lebih baik jika kita mencegahnya. Untuk mencegah sembelit kamu dapat melakukan beberapa cara, diantaranya adalah:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, sayur, dan buah
  • Memenuhi asupan cairan
  • Menjadi lebih aktif dan lakukanlah latihan reguler
  • Mengelola stres
  • Jangan abaikan keinginan untuk buang air besar

Jika kamu sudah mencoba untuk mengobati sembelit dengan makanan untuk mengatasi sembelit namun sembelit masih terjadi, sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sehingga dapat terhindar dari masalah serius.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah ini melalu Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami akan membantumu selama 24/7. Yuk jangan ragu untuk konsultasikan kesehaanmu sekarang!

Mayo  Clinic (2019). Diakses pada 24 Juni 2020. Constipation 

Medical News Today (2020). Diakses pada 24 Juni 2020. Which Foods are Good for Constipation? 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin