Kamus Penyakit

Jangan Dikucek, Begini Pertolongan Pertama saat Mata Tertusuk

July 2, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kita suka secara refleks mengucek mata kita ketika tertusuk suatu benda. Padahal hal tersebut justru membuat cedera mata semakin parah. Lalu, bagaimana pertolongan pertama saat mata tertusuk?

Dalam keadaan darurat, pertolongan pertama saat mata tertusuk penting dilakukan untuk mencegah luka terlalu parah. Pertolongan pertama juga bisa menjadi alternatif sebelum kamu pergi ke dokter. Apa saja pertolongan saat mata tertusuk? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Catat! Ini Ragam Alternatif Cara Membuat Mie Ayam Sehat

Bahaya mengucek mata saat tertusuk

Mengucek mata ketika sesuatu terjadi pada mata sebaiknya kamu hindari. Karena hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan, partikel tajam akan semakin masuk dan merusak jaringan halus yang melapisi bagian dalam mata.

Kita juga tidak tahu, apakah pada saat itu tangan kita dalam keadaan bersih atau tidak. Jadi hindari menggosok mata saat tertusuk. Lebih baik mencari informasi apa saja langkah-langkah pertolongan saat mata tertusuk.

Pertolongan pertama saat mata tertusuk

Pertolongan pertama saat mata tertusuk harus dilakukan dengan hati hati. Gerakan yang salah atau terlalu kasar justru akan memperparah luka di mata karena dapat merusak jaringan halus yang melapisi mata.

Berikut 4 langkah pertolongan saat mata tertusuk yang dapat kamu lakukan sendiri:

1. Pertolongan pertama saat mata tertusuk yakni lakukan tes penglihatan

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengetes kemampuan penglihatan mata setelah tertusuk. Ini menjadi langkah yang penting dalam pertolongan pertama saat mata tertusuk untuk menentukan langkah selanjutnya.

Cobalah rasakan apakah ada gangguan penglihatan yang diikuti rasa nyeri. Gangguan penglihatan bisa berupa pandangan yang kabur dan tidak jelas dalam melihat suatu objek.

Jika kamu merasakan gangguan penglihatan, segeralah pergi ke dokter untuk mendapat perawatan khusus. Jika pandanganmu masih terasa jelas, kamu bisa meneteskan obat tetes mata untuk menghilangkan rasa perih.

Perhatikan kondisi mata dalam waktu 24 jam. Apakah luka tusukan di mata semakin membaik atau sebaliknya. Jika luka itu menunjukkan gejala buruk, segeralah pergi ke dokter.

2. Bilas dan kompres air dingin sebagai pertolongan pertama saat mata tertusuk

Jika tidak terlalu parah, luka tusukan di mata sebenarnya dapat diatasi di rumah. Apalagi, jika luka tusukan itu hanya disebabkan oleh benda tumpul. 

Sebelum membilas mata, pastikan kamu sudah mencuci tangan sampai bersih. Kemudian bilas mata dengan air bersih. Kamu juga bisa menggunakan cairan steril pembersih mata.

Setelah itu, kompres mata dengan air dingin. Pastikan kain yang kamu gunakan untuk mengompres juga bersih, ya!

Jika kamu mengalami nyeri berkelanjutan, kamu bisa menggunakan obat penghilang rasa nyeri. Misalnya ibuprofen (Advil, Motrin) atau acetaminophen (Tylenol).

3. Keluarkan benda yang menempel di mata dengan hati-hati

Mata yang tertusuk benda asing biasanya akan meninggalkan serpihan dari benda itu sendiri. Tentunya, benda yang tertinggal itu harus segera dikeluarkan untuk mencegah terjadinya infeksi di bagian dalam mata.

Jika serpihan benda yang tertinggal di mata tidak tajam dan tidak terlalu keras, keluarkanlah dengan menempelkannya selembar tisu bersih. Pastikan tisu yang kamu tempelkan ke mata dapat mengangkat serpihan benda. 

Usahakan tidak menggesek tisu saat menempelkannya ke mata. Sebab, ini bisa menyebabkan kornea mata robek.

Jangan coba-coba mengeluarkan benda tajam yang tertancap pada bagian mata dengan sendiri. Hal ini harus dilakukan oleh dokter dengan cara yang aman dan tepat.

4. Tutup mata dengan kain perban untuk hindari infeksi

Ini adalah langkah terakhir dalam pertolongan pertama saat mata tertusuk. Setelah kamu melakukan tiga langkah di atas dan kondisi matamu mulai membaik, tutuplah mata dengan perban.

Langkah ini seringkali disepelekan bagi orang yang mengalami luka tusukan ringan. Tetapi jangan salah, meski luka ringan, mata tetap harus ditutup untuk mencegah infeksi.

Kapan waktu yang tepat periksa ke dokter?

Bagaimanapun, luka di mata berpotensi menyebabkan masalah serius. Mulai dari mata yang menghitam, lecet di bagian kornea, hingga cedera bola mata.

Meski sudah memahami bagaimana pertolongan awal saat mata tertusuk dilakukan, kamu perlu mengetahui kapan harus ke dokter untuk memeriksa luka tusukan. 

Segeralah pergi ke dokter untuk mendapat pertolongan medis jika kamu mengalami salah satu dari gejala berikut:

  • Rasa nyeri yang tidak hilang.
  • Mata terus-terusan mengeluarkan air.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Terdapat kilatan cahaya saat melihat.
  • Perdarahan di mata.

Mencegah terjadinya komplikasi penyakit mata

Luka di bagian mata akibat tertusuk seringkali tidak dapat dihindari. Maka, sebaiknya menggunakan pelindung mata saat melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan luka pada mata.

Jangan mengabaikan gejala yang memerlukan perhatian medis segera. Jika kondisi mata semakin memburuk dalam waktu lebih dari 24 jam, segeralah pergi ke dokter.

Semakin cepat kamu mendapatkan perawatan medis, semakin kecil kemungkinan komplikasi pada mata akan terjadi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019), Diakses 24/06/20. What Should I Do If I Get Poked in the Eye?

Wexnermedical (2019). Diakses 24/06/20. What can happen if you get poked in the eye?

allaboutvision (2018). Diakses 24/06/20. 7 common eye injuries and how to treat them

    register-docotr