5 Penyebab Payudara Kendur dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Bagi wanita memiliki tubuh ideal adalah impian. Termasuk memiliki bentuk payudara yang kencang, sehingga menunjang penampilan. Namun sayangnya ada banyak penyebab payudara kendur dan mengurangi rasa percaya diri.

Walaupun sebenarnya payudara kendur mengendur secara alami karena usia, tapi ada faktor-faktor lainnya yang juga bisa membuatnya kendur. Karena dari itu yuk sama-sama cari tahu penyebab payudara kendur, untuk bisa mencegahnya.

5 penyebab payudara kendur selain usia

Faktor usia adalah hal yang alami. Karena semakin bertambahnya usia maka tubuh akan semakin sedikit memproduksi kolagen. Di mana kolagen berpengaruh penting menjaga elastisitas kulit.

Karena itu tak heran jika semakin menua, payudara juga akan semakin kendur, seiring berkurangnya elastisitas kulit. Namun selain itu, ada faktor-faktor lain yang menjadi penyebab payudara kendur seperti penjelasan di bawah ini.

Kehamilan berulang

Kehamilan berulang menjadi salah satu penyebab payudara kendur. Lantaran perubahan hormon di masa kehamilan memengaruhi saluran ASI. Ketika hamil maka saluran ASI akan semakin besar.

Saluran ASI akan kembali menyusut setelah tak lagi menyusui. Ketika hamil kembali, maka hal yang sama akan berulang. Inilah yang kemudian memengaruhi kondisi ligamen dan menyebabkan payudara mengendur.

Body mass index (BMI)

Di Indonesia, BMI dikenal dengan istilah Indeks Massa Tubuh (IMT). Yaitu sebuah tolak ukur untuk menentukan berat tubuh seseorang sudah ideal atau belum. Semakin besar angka IMT maka semakin menunjukkan kondisi kelebihan berat badan.

Kelebihan berat badan dapat memengaruhi ukuran payudara kamu, karena akan ikut membesar. Ketika suatu saat kamu mengalami penurunan berat badan, maka kulit di sekitar payudara ikut mengendur bersama dengan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan, jika penurunan berat badan dapat menjadi penyebab payudara kendur. Namun ini baru akan terlihat jika penurunan berat badan terjadi secara drastis.

Menurut salah satu artikel Medicalnewstoday, payudara akan mengendur jika seorang wanita menurunkan berat badan sekitar 22,6 kilogram dalam waktu singkat.

Karena itu, untuk kamu yang sedang merencanakan diet intensif, perlu juga menimbang berbagai efeknya. Termasuk mengendurnya kulit di sekitar payudara. Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kepercayaanmu.

Ukuran payudara

Semakin besar payudara maka kemungkinan lebih cepat mengendur bisa terjadi. Ini karena berat payudara bereaksi pada gravitasi. Gaya gravitasi setiap harinya menarik payudara dan pada akhirnya berpengaruh pada ligamen payudara, sehingga membuatnya kendur.

Merokok penyebab payudara kendur

Merokok dapat mengurangi kadar antioksidan dalam tubuh. Sebagai akibatnya, radikal bebas akan menumpuk dan sulit dinetralkan tubuh. Kemudian akan berpengaruh pada rusaknya sel-sel di dalam tubuh.

Juga akan berdampak pada kulit. Di mana radikal bebas dapat membuat kamu mengalami penuaan. Sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Pada kulit wajah akan timbul kerutan atau keriput dan pada kulit di sekitar payudara akan mengendur.

Jika kamu adalah seorang perokok, maka kamu harus bersiap dengan kemungkinan payudara mengendur lebih cepat dari yang seharusnya. Atau kamu bisa mencegahnya dengan berhenti merokok dan mulai hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Di luar kelima hal yang sudah dijelaskan, banyak faktor lain yang dianggap dapat menyebabkan kendurnya payudara. Namun, beberapa penyebab itu tak terbukti, seperti:

  • Salah memilih bra. Hal ini bukan masalah bra, namun karena memang adanya gravitasi yang akan membuat payudara turun atau mengendur. Semakin besar ukuran payudara, jika tidak ditopang dengan baik maka akhirnya akan terpengaruh oleh gravitasi.
  • Tidak memakai bra. Mungkin benar untuk yang memiliki payudara besar, karena akan berpengaruh pada gravitasi. Namun penelitian menunjukkan wanita yang tidak pernah memakai bra justru memiliki payudara yang lebih kencang daripada yang memakai bra.
  • Menyusui. Banyak orang berpikir menyusui hal yang paling umum menyebabkan payudara kendur. Hal ini tidak benar, karena penyebab payudara kendur adalah kehamilan yang berulang. Hormon kehamilan yang memengaruhi payudara menjadi kendur.

Bagaimana cara mengatasi payudara kendur?

Langkah paling penting adalah memulai pola hidup sehat. Makan makanan sehat, terlebih yang mengandung antioksidan. Jika perlu mengonsumsi suplemen kolagen. Olahraga dengan rutin juga dapat membantu mengencangkan payudara.

Selain itu ada yang memilih mengatasinya dengan operasi. Operasi ini terbagi menjadi tiga jenis, pemilihan operasi bergantung pada tingkat parahnya kondisi payudara dan saran yang diberikan dokter. Berikut tiga jenis operasi yang biasa dilakukan untuk mengatasi payudara:

Operasi pengangkatan kulit payudara

Dalam istilah medis disebut mastopeksi. Di mana dokter akan mengangkat jaringan kulit berlebih dan mengencangkan jaringan payudara. Membentuknya kembali dan operasi ini tidak mengubah ukuran jaringan payudara, melainkan hanya pada kulitnya.

Operasi pengangkatan payudara

Jika operasi yang pertama hanya mengangkat bagian kulit maka kali ini adalah operasi pengangkatan jaringan payudara. Biasanya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran kanker payudara. Dalam beberapa kasus, dokter akan menyarankan operasi ini untuk mengatasi payudara kendur.

Operasi pembesaran payudara

Pilihan terakhir ini dikenal dengan sebutan augmentasi payudara. Biasanya dengan cara memasukkan implan ke dalam payudara. Tentu saja teknik yang terakhir ini juga bisa dilakukan jika dokter telah menyarankannya, bukan hanya dari sisi keinginan pasien.

Selain melakukan operasi, dokter bisa saja merekomendasikan cara lain untuk mengatasi payudara yang mengendur. Kamu bisa langsung konsultasikan kepada dokter.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7. Yuk berkonsultasi sekarang!

  1. Healthline diakses 19 Juni 2020 What are the causes of saggy breasts? 
  2. Medicalnewstoday diakses 19 Juni 2020 What to know about saggy breasts (breast ptosis) 
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter