Patut Dicoba, Ini Program Hamil yang dapat Dilakukan Bagi Kamu yang Ingin Miliki Bayi Kembar

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sebagian orang menginginkan untuk memiliki bayi kembar. Seringkali, bayi kembar dikaitkan dengan faktor genetik atau riwayat keluarga. Namun, ternyata terdapat beberapa program hamil bayi kembar yang dapat kamu lakukan lho!

Bayi kembar dapat terjadi ketika dua telur yang terpisah dibuahi di dalam rahim atau ketika satu telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio. Seorang wanita dapat memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan bayi kembar dengan bantuan perawatan kesuburan.

Nah, untuk mengetahui program hamil bayi kembar, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kenali program hamil bayi kembar dan faktor-faktornya

Terdapat beberapa faktor alami yang dapat meningkatkan seorang wanita untuk memiliki bayi kembar. Dilansir dari What to Expect, berikut adalah faktor tersebut.

  • Memiliki bayi kembar di keluarga: Keturunan dapat menggandakan peluang untuk mengandung anak kembar, namun hanya pada sisi calon ibu. Jika riwayat keluarga pasangan kamu memiliki bayi kembar, itu tidak akan meningkatkan peluang kamu untuk memiliki bayi kembar
  • Pernah memiliki bayi kembar sebelumnya: Jika kamu pernah melahirkan sepasang bayi kembar, faktor memiliki bayi kembar akan meningkat
  • Berusia lebih tua: Seiring bertambahnya usia, peluang untuk memiliki bayi kembar akan lebih meningkat. Wanita yang berusia di atas 35 tahun menghasilkan follicle stimulating hormone (FSH) lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang lebih muda
  • Pernah hamil sebelumnya: Jika kamu pernah hamil sebelumnya, peluang kamu untuk memiliki bayi kembar pun akan meningkat, tetapi dalam sedikit
  • Kelebihan berat badan: Wanita yang memiliki BMI lebih dari 30 sebelum masa kehamilan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk memperoleh bayi kembar
  • Tinggi: Bayi kembar lebih sering terjadi pada wanita yang tinggi dibandingkan dengan wanita kecil
  • Ras: Memiliki bayi kembar juga dapat meningkat pada wanita Afrika-Amerika. Orang Asia atau Hispanik memiliki peluang yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan orang Kaukasia untuk memiliki bayi kembar

Tak hanya itu, menjalani program hamil bayi kembar juga dapat meningkatkan peluang seorang wanita untuk mendapatkan bayi kembar.

Baca juga: Penasaran Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

Lalu, apa saja program hamil bayi kembar yang dapat dilakukan?

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa program hamil kembar yang dapat kamu lakukan, berikut di antaranya.

1. Program bayi tabung

Program hamil bayi kembar yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan IVF atau yang lebih dikenal sebagai program bayi tabung. Ini melibatkan intervensi medis untuk hamil.

Wanita yang melakukan program ini mungkin akan diresepkan obat kesuburan sebelum melakukan prosedur untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

Pada program ini, sel telur wanita dan sperma pria dikeluarkan sebelum dibuahi. Kemudian diinkubasi bersama di piring laboratorium di mana embrio terbentuk.

Melalui prosedur medis, dokter kemudian akan menempatkan embrio di dalam rahim wanita yang diharapkan embrio tersebut akan tumbuh.

2. Inseminasi intrauterin (IUI)

IUI merupakan perawatan kesuburan yang relatif sederhana. Program hamil bayi kembar ini dapat dilakukan dengan atau tanpa obat. Prosedurnya melibatkan pemindahan air mani yang telah dicuci dengan cara khusus langsung ke rahim melalui kateter tipis.

Program ini lebih dikenal sebagai inseminasi buatan. Meskipun dapat meningkatkan peluang untuk memiliki bayi kembar, tetapi IUI hanya direkomendasikan pada situasi berikut ini:

  • Infertilitas pria
  • Lendir serviks yang tidak bersahabat
  • Infertilitas yang tidak dapat dijelaskan
  • Jika perawatan dengan obat kesuburan tidak berhasil
  • Jika menggunakan donor sperma
  • Jika mengalami rasa sakit seksual membuat tidak mungkinnya melakukan hubungan seksual

3. Obat kesuburan

Cara lain program hamil bayi kembar yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan obat kesuburan. Obat yang dirancang untuk meningkatkan kesuburan biasanya bekerja dengan meningkatkan jumlah telur yang diproduksi dalam ovarium wanita.

Jika lebih banyak telur yang dihasilkan, kemungkinan besar lebih dari satu telur dapat dilepaskan dan dibuahi. Ini dapat terjadi pada waktu yang bersamaan dan menyebabkan kembar fraternal.

Clomifene dan gonadotropin umumnya digunakan sebagai obat penyubur yang dapat meningkatkan peluang memiliki bayi kembar.

Clomifene merupakan obat yang hanya tersedia dengan resep yang dikonsumsi dengan cara diminum. Sedangkan gonadotropin merupakan obat kesuburan yang diberikan melalui suntikan.

Itulah beberapa program hamil bayi kembar yang dapat kamu lakukan. Agar lebih aman, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter ya sebelum melakukan program tersebut.

Kamu juga dapat berkonsultasi melalui Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami siap membantumu selama 24/7.

Healthline (2016). Diakses pada 04 Agustus 2020. Tips on How to Conceive Twins 

Medical News Today (2019). Diakses pada 04 Agustus 2020. What Increases the Odds of Having Twins? 

Very Well Health (2020). Diakses pada 04 Agustus 2020. What Are My Chances of Having Twins?

Very Well Health (2020). Diakses pada 04 Agustus 2020. What to Expect During IUI (Intrauterine Insemination) 

What to Expect (2018). Diakses pada 04 Agustus 2020. What Are Your Chances of Having Twins? 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin