Kanker Paru

Apakah Kanker Paru Bisa Sembuh? Begini Penjelasan Medisnya!

April 14, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah kanker paru bisa sembuh atau tidak merupakan pertanyaan yang masih sulit dijawab secara lugas. Berhasil atau tidaknya penyembuhan kanker umumnya tergantung pada seberapa dini penyakit dapat terdeteksi dan masalah kesehatan yang menyertai.

Tak hanya itu, penyembuhan kanker paru-paru pada setiap tahap juga berbeda, tergantung tingkat keparahannya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apakah kanker paru bisa sembuh, yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Makanan Setelah Kemoterapi yang Aman untuk Dikonsumsi

Apakah kanker paru bisa sembuh?

Dilansir dari Very Well Health, selalu ada kemungkinan bahwa kanker paru-paru dapat kambuh setelah bertahun-tahun kemudian. Karena itu, banyak dokter yang mengatakan bahwa kanker paru-paru tidak pernah benar-benar sembuh.

Bebas dari kanker paru-paru bukan berarti sudah sembuh dari penyakit tersebut. Akan tetapi, semakin lama seseorang hidup tanpa bukti kanker atau NED, maka semakin kecil kemungkinan untuk melihat kembalinya kanker.

Kanker paru mirip tumor padat lainnya di mana remisi jangka panjang dimungkinkan sehingga dokter ragu untuk mengatakan jika kasus tersebut dapat disembuhkan. Istilah remisi sendiri disematkan pada pasien kanker yang telah melakukan terapi dan sudah dievaluasi.

Pengecualian terhadap kesembuhan kanker paru

Ada satu pengecualian yakni pada orang yang sembuh dari kanker paru stadium 1A tanpa invasi vaskular. Kondisi ini berarti tumornya sangat kecil dan tidak meluas ke pembuluh darah atau kelenjar getah bening sebelum mengalami remisi. 

Pada jenis kanker paru-paru non-sel kecil atau NSCLC stadium awal ini, pembedahan menawarkan peluang terbaik untuk bertahan hidup dalam jangka panjang.

Setelah pembedahan, jika tidak ada bukti kanker setelah lima tahun maka dokter mungkin menggunakan kata sembuh untuk menggambarkan status kesehatan.

Tahapan kanker paru-paru

Apakah kanker paru bisa sembuh bisa diketahui melalui tahapannya. Tahapan kanker menunjukkan seberapa jauh kanker telah menyebar dan membantu memandu pengobatan.

Kesempatan pengobatan yang berhasil atau kuratif jauh lebih tinggi ketika didiagnosis dan diobati pada tahap awal.

Kanker paru-paru tidak menyebabkan gejala yang jelas pada tahap awal sehingga diagnosis sering kali muncul setelah menyebar. Untuk kanker paru-paru non-sel kecil memiliki empat tahap utama, yakni sebagai berikut:

  • Stadium 1: Kanker ditemukan di paru-paru, namun belum menyebar ke luar paru.
  • Untuk Stadium 2: Kanker ditemukan di paru-paru dan kelenjar getah bening di dekatnya.
  • Stadium 3: Kanker terdapat di paru-paru dan kelenjar getah bening di tengah dada.
  • Pada Stadium 3A: Kanker ditemukan di kelenjar getah bening, namun hanya di sisi dada yang sama tempat kanker pertama kali mulai tumbuh.
  • Stadium 3B: Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di sisi berlawanan dari dada atau ke kelenjar getah bening di atas tulang selangka.
  • Stadium 4: Kanker telah menyebar ke kedua paru-paru, ke area di sekitar paru-paru, atau ke organ yang jauh.

Bagaimana perawatan terhadap kanker paru-paru?

Perawatan untuk kanker paru-paru non-sel kecil atau NSCLC bervariasi dari orang ke orang. Kesembuhan penyakit kanker tergantung banyak hal termasuk detail spesifik kesehatan. Beberapa jenis perawatan berdasarkan tahapan penyakitnya, antara lain:

  • Tahap 1 NSCLC. Pembedahan untuk mengangkat sebagian paru-paru mungkin dibutuhkan. Kemoterapi juga dapat direkomendasikan, terutama jika kamu berisiko tinggi untuk kambuh.
  • Tahap 2 NSCLC. Penderita kanker tahap ini mungkin membutuhkan pembedahan untuk mengangkat sebagian atau seluruh paru-paru. Selain itu, kemoterapi biasanya juga akan dianjurkan.
  • Stadium 3 NSCLC. Perawatan untuk kanker tahap ini umumnya memerlukan kombinasi kemoterapi, pembedahan, dan pengobatan radiasi.
  • Stadium 4 NSCLC. Jenis tahapan ini sangat sulit disembuhkan. Namun, terdapat pilihan pengobatannya, yakni operasi, radiasi, kemoterapi, terapi bertarget, dan imunoterapi.

Pilihan untuk kanker paru-paru sel kecil juga termasuk pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi. Dalam kebanyakan kasus, penyakit akan terlalu parah untuk dioperasi. Uji klinis mungkin diperlukan untuk memberikan akses ke perawatan baru.

Beberapa orang dengan kanker paru-paru stadium lanjut memilih untuk tidak melanjutkan perawatan. Namun, kamu tetap bisa memilih perawatan paliatif, yakni yang berfokus pada pengobatan gejala kanker daripada kanker itu sendiri.

Baca juga: Cara Mendeteksi Kanker pada Anak dan Pencegahannya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. CDC (2020), diakses 12 April 2021. How Is Lung Cancer Diagnosed and Treated?
  2. Very Well Health (2020), diakses 12 April 2021. Can Lung Cancer Be Cured?
  3. Healthline (2021), diakses 12 April 2021. Everything You Need to Know About Lung Cancer
    Berita Terkait
      register-docotr