Diabetes

5 Jenis Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Kamu Hindari

February 27, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Berbeda dengan diabetes tipe 1 yang umumnya disebabkan faktor genetik. Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik.

Salah satunya adalah pola makan kurang sehat, dan beberapa jenis makanan tertentu ternyata dapat meningkatkan risiko kamu terkena diabetes lho.

Pelajari apa saja jenis makanan penyebab diabetes yang harus kamu hindari pada ulasan berikut ini!

Jenis makanan penyebab diabetes

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa jadi penyebab peningkatan risiko terkena diabetes yang sebaiknya kamu hindari:

1. Minuman dengan pemanis

Minuman manis seperti soda, teh manis, dan lemonade dapat menyebabkan kamu terkena diabetes. Ini dapat terjadi karena kelebihan kalori menyebabkan penambahan berat badan dan karena beban gula dapat meningkatkan resistensi insulin.

Sebuah penelitian menyebut, minum satu hingga dua gelas minuman manis per hari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 26 persen. Dibandingkan dengan kurang dari satu porsi dalam sebulan.

Meskipun kita tahu gula tidak secara langsung menyebabkan diabetes tipe 2, namun kamu lebih mungkin mendapatkannya jika kelebihan berat badan.

Berat badan bertambah ketika kamu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh. Makanan serta minuman manis mengandung banyak kalori.

2. Karbohidrat olahan

Makanan karbohidrat olahan, seperti yang dibuat dengan tepung putih, gula putih, dan nasi putih, termasuk makanan utuh. Jenis ini sedikir mengandung serat penting, serta vitamin dan mineral yang sehat.

Karena sangat mudah dicerna, makanan ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian pada wanita di China menemukan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 21 persen.

Maka kamu sebaiknya mengurangi konsumsi makanan karbohidrat olahan seperti roti, muffin, kue, kerupuk, dan pasta. Sebagai gantinya pilihlah makanan yang terbuat dari gandum utuh.

3. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak trans dapat kamu temukan dalam makanan yang dipanggang dalam kemasan dan makanan yang digoreng di restoran atau junk food.

Sementara lemak jenuh dapat kamu temukan dalam daging berlemak, mentega, serta susu dan keju berlemak penuh. Lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2.

Untuk menghindari konsumsi lemak jenuh kamu dapat mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun dan minyak canola untuk memasak. Dan konsumsi camilan kacang-kacangan sebagai pengganti permen, pilih daging tanpa lemak dan unggas tanpa kulit, dan balut salad dengan vinaigrette alih-alih saus keju.

4. Daging merah

Meskipun daging merah biasanya dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, ada bukti bahwa memakannya meski dalam jumlah kecil dapat meningkatkan risiko diabetes.

Sebuah meta-analisis dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa konsumsi satu porsi daging merah setiap hari dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 sebesar 19 persen. 

Meskipun para peneliti tidak yakin bagaimana daging merah menyebabkan peningkatan risiko, kandungan zat besi yang tinggi dapat berperan dengan merusak sel-sel penghasil insulin.

Solusinya kamu dapat mengganti konsumsi daging merah harian dengan sumber protein lain yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, atau biji-bijian.

5. Junk food

Junk food seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan ringan biasanya tinggi lemak, kalori, gula, garam, dan karbohidrat olahan. Plus rendah nutrisi bermanfaat, seperti serat, vitamin , dan mineral.

Konsumsi terlalu banyak junk food dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 karena beberapa alasan.

Efek junk food pada tubuh mulai dari lonjakan kadar gula dalam darah, penambahan berat badan. Selain itu, junk food bisa meningkatkan tekanan darah tinggi (karena tinggi garam), dan meningkatkan trigliserida (akibat lemak trans yang tinggi).

Semua efek ini merupakan faktor risiko dari penyakit diabetes tipe 2. Jadi kalau mau terhindar dari diabetes, batasi konsumsi junk food dan 4 jenis makanan di atas ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 26 Februari 2021. Four Food Choices That Greatly Increase Your Diabetes Risk

Prevention. Diakses pada 26 Februari 2021. 5 Diet Habits You Never Knew Could Raise Your Diabetes Risk

Diabetes UK. Diakses pada 26 Februari 2021. Sugar and diabetes

Medical News Today. Diakses pada 26 Februari 2021. Junk food and diabetes: Tips for eating out

    register-docotr