Diabetes

Hidup dengan Diabetes Tipe 2 Bisa Jadi Lebih Mudah dengan Tips-tips Berikut Ini!

May 4, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salah satu cara untuk mengontrol diabetes tipe 2 adalah dengan menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga, namun seperti yang kita ketahui bahwa hal itu kadang sulit untuk dilakukan.

Nah, agar hidup dengan diabetes tipe 2 terasa lebih mudah, ikuti beberapa tips berikut ini yuk! 

Tips mengontrol diabetes tipe 2 

Melansir Healthline, ada beberapa kiat nutrisi dan olahraga yang akan membantu mengendalikan diabetes tipe 2, di antaranya:

1. Atur pola makan

Makanlah secukupnya ketika kamu menderita diabetes tipe 2. Jika bisa, cukupi makan hanya sampai kamu merasa kenyang. Pilih lebih banyak makanan pokok atau utuh.

Dalam menerapkan pola makan seperti ini, tentu saja penting bagi kamu untuk mengatasi hubungan emosional dan psikologis yang dimiliki dengan makanan agar berhasil mengubah kebiasaan.

Salah satu cara yang berguna adalah mengidentifikasi pemicu makan. Untuk setiap orang, biasanya ada dua hingga tiga perasaan yang dapat memicu keputusan tentang makan yang tidak sehat.

Saat ingin memutuskan konsumsi makanan junk food atau tidak sehat, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri tentang beberapa pertanyaan berikut ini: 

  • Apakah kamu bosan, lelah atau stres?
  • Apakah kamu menggunakan makanan sebagai ‘hadiah’ terhadap diri sendiri?
  • Apakah kamu akan membatasi makanan tidak sehat selama seminggu, tetapi melonggarkan peraturan pola makan sehat hilang pada akhir pekan?
  • Apakah tidak cukup makan di siang hari sehingga menyebabkan makan berlebihan di malam hari?
  • Apa yang menjadi alasan utama memilih makanan manis, dan berlemak?

Setelah berhasil mengidentifikasi pemicu yang membuat kamu mengambil keputusan terhadap suatu pilihan makanan, tanyakan pada diri apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang mendasarinya. Seperti melakukan meditasi, jalan-jalan, minum teh, atau tidur lebih awal.

Baca juga: Sarapan Sebelum Pukul 08.30 Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2, Bagaimana Faktanya?

2. Tetapkan tujuan yang realistis untuk berolahraga

Diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan tubuh yang kurang aktif secara fisik. Jika sulit melakukan olahraga rutin, berikut beberapa triknya:

Jadwalkan latihan konsisten

Pada setiap akhir pekan, buatlah jadwal olahraga ke dalam kalender aktivitasmu. Pastikan kamu menganggap bahwa olahraga ini sama pentingnya dengan memprioritaskan mencuci pakaian, memasak, atau rapat kerja, dalam kehidupan sehari-hari. 

Cari sistem pendukung

Agar olahraga terasa lebih menyenangkan, cari sistem pendukung di sekitarmu. Bisa pelatih di gym atau teman yang sama-sama sedang olahraga rutin.

Memiliki sistem pendukung akan sangat membantu kamu tetap berada di jalur, terutama ketika kamu mulai tidak merasa termotivasi untuk berolahraga.

Mulailah dari yang kecil

Demi mengontrol diabetes tipe 2, dianjurkan untuk menggerakkan tubuh lima hari seminggu selama setidaknya 30 menit. Kuncinya adalah memulai dari yang gerakan sederhana. 

Jika saat ini kamu berolahraga seminggu sekali selama 20 menit, jangan membebani diri sendiri dengan segera meningkatkannya menjadi lima hari. Setiap pekan, tingkatkan jumlah hari dan waktu secara bertahap. 

Misalnya, mungkin pekan pertama berolahraga selama dua hari dalam waktu 20 menit, pekan ketiga berolahraga tiga hari selama 20 menit, dan pekan keempat berolahraga selama empat hari selama 20 menit.

Baca juga: Puasa Ramadan: Amankah jika Penderita Diabetes Mengonsumsi Kurma?

3. Refleksi diri sendiri

Bagian penting dalam menciptakan kebiasaan yang lebih sehat seputar makanan dan olahraga adalah melalui refleksi dan kesadaran.

Daripada terus memberi kritik pada diri sendiri tentang alasan tidak bisa menurunkan berat badan, lihat pola dan kebiasaan apa yang mungkin menghalangi kamu untuk membuat perubahan dalam mengontrol diabetes. 

Sangat disarankan untuk mengeluarkan buku catatan dan menuliskan hambatan yang pernah dialami di masa lalu tentang perjalanan kesehatan dan kebugaran tubuhmu.

Kemudian di bawah setiap penghalang, tuliskan bagaimana kamu dapat mencegahnya terjadi di masa mendatang dan cara terbaik untuk menanggapinya jika hal itu muncul kembali. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2020) diakses pada 3 Mei 2021. 3 Nutrition and Exercise Hacks for Type 2 Diabetes
  2. Health.com (2014) diakses pada 3 Mei 2021. 10 Diet and Exercise Tricks to Control Diabetes
    register-docotr