Diabetes

Penting! Ini Cara Cek Gula Darah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

January 14, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Memantau gula darah merupakan satu hal penting dilakukan semua orang, bukan hanya penderita diabetes tipe 1 dan 2. Untuk itu, kamu harus tahu cara cek gula darah yang aman dan terjangkau di rumah.

Apa pentingnya memeriksa gula darah?

Diabetes tidak selalu menunjukkan gejala, jadi memantau pergerakan gula darah adalah satu salah satu cara mencegah penyakit ini. 

Kamu yang sudah memiliki penyakit diabetes pun harus melakukan cek gula darah untuk mengetahui perkembangan level gula darah dari waktu ke waktu. Tes gula darah penting untuk mengetahui beberapa hal berikut ini:

  • Memantau pengobatan diabetes terhadap level gula darah
  • Mengidentifikasi jika gula darah rendah atau tinggi
  • Memantau perkembangan penanganan diabetes
  • Mengetahui bagaimana pengaruh makanan dan aktivitas yang kamu lakukan terhadap level gula darah kamu
  • Mengetahui bagaimana faktor lain seperti sakit atau stres yang kamu alami bisa memengaruhi level gula darah

Bagaimana cara cek gula darah di rumah?

Ada beberapa cara cek gula darah yang bisa kamu lakukan di rumah, di antaranya adalah:

Menggunakan alat pemantau gula darah tradisional

Banyak ragam alat pemantau gula darah yang bisa kamu andalkan. Masing-masing alat memiliki kemampuan, kecepatan, ukuran, harga hingga ukuran layar yang berbeda.

Untuk menggunakan alat ini, kamu harus menusuk jari dengan jarum yang kecil dan tajam yang dinamakan lancet. Taruh tetesan darah yang keluar dari lubang tusukan tadi ke kepingan yang disebut test strip, lalu tempatkan kepingan ini ke alat pengukur.

Nantinya alat pemantau gula darah akan menunjukkan level gula darah kamu. Alat ini akan menunjukan hasil tes kurang dari 15 detik dan menyimpannya untuk penggunaan di masa mendatang.

Beberapa alat ada yang menghitung rata-rata level gula darah dalam rentang waktu tertentu. Ada juga yang memiliki fitur untuk menampilkan grafik dan tabel dari informasi pengetesan yang sudah kamu jalani. 

Alat tes yang memeriksa bagian tubuh lain

Beberapa alat tes gula darah ada yang bisa memeriksa di bagian atas dan bawah tangan, pangkal ibu jari dan paha. Alat jenis ini jelas berbeda dari alat tradisional yang mengambil sampel darah dari ujung jari kamu. 

Level gula darah yang sampelnya diambil dari ujung jari menunjukkan perubahan lebih cepat. Hal ini jelas menguntungkan jika gula darah kamu berubah dengan cepat, terutama setelah kamu makan atau olahraga.

Sistem pemantauan glukosa kontinu

Beberapa alat yang dipakai untuk memeriksa gula darah ini dikombinasikan dengan pompa insulin. Alat ini juga disebut dengan “alat pengukur gula darah interstitial”.

Alat-alat ini tidak seakurat ketika kamu memeriksa menggunakan alat tradisional dan test strip yang mengambil sampel dari jari. Tapi kamu bisa menemukan pola dan tren level gula darah dengan alat-alat ini.

Tips cara cek gula darah di rumah

Jika kamu sudah melakukan konsultasi dengan dokter tentang alat mana yang tepat untuk kamu pakai dalam memeriksa gula darah, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Cuci dengan sabun dan keringkan tangan sebelum memegang alat tes
  • Beberapa metode merekomendasikan kamu membersihkan area yang akan diperiksa dengan alkohol usap. Sementara yang lainnya ada juga yang menyarankan kamu cukup menggunakan air bersabun yang hangat. Tapi tetap keringkan area tersebut, ya!
  • Masing-masing alat memperbolehkan memeriksa di satu area tertentu, tapi bagian paling sensitif adalah di jari. Yang perlu kamu ingat, perubahan gula darah yang cepat bisa terlihat di area ini
  • Saat memeriksa di bagian jari, gunakan bagian sisinya dan periksa beberapa jari berbeda dalam setiap pemeriksaan. 
  • Beberapa lancet memiliki pengaturan seberapa dalam dia bisa menembus kulit kamu. Karena itu, jika kulit kamu tebal atau kering, gunakan pengaturan yang lebih dalam
  • Sebelum menusukkan lancet ke jari, tempatkan jari di atas permukaan yang kokoh. Aplikasikan lancet secara perlahan dan jangan dengan kekerasan
  • Remas jari secara halus dan tahan selevel dengan dada dan tempatkan tetes darah ke test strip
  • Perhatikan dan rekam level gula darah yang keluar dan pantau hasilnya dalam setiap pemeriksaan yang kamu lakukan

Demikianlah cara cek gula darah di rumah dengan beberapa alat yang bisa kamu gunakan. Ada baiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter mengenai alat mana yang cocok untuk kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. CDC, diakses 05 Januari 2021. Monitoring Your Blood Sugar
  2. WebMD, diakses 05 Januari 2021.Home Blood Sugar & Glucose Testing Methods for Diabetes
  3. Mayoclinic, diakses 05 Januari 2021. Blood sugar testing: Why, when and how
  4. MedicalNewsToday, diakses 05 Januari 2021. Home blood glucose test: How to test and interpreting results
    Berita Terkait
    register-docotr