Menyusui

Bikin Si Kecil Lebih Cerdas, Ini Ragam Manfaat ASI Eksklusif untuk Bayi!

September 14, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah Moms masih ragu untuk memberikan ASI eksklusif 6 bulan kepada si Kecil? Hilangkan keraguan itu, karena ada begitu banyak manfaat ASI eksklusif untuk bayi, bahkan manfaat ini terasa hingga mereka dewasa.

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa bayi yang diberikan ASI punya daya tahan tubuh yang lebih baik, terhindar dari risiko penyakit, dan mempunyai IQ lebih tinggi daripada mereka yang diberi susu formula. Agar Moms lebih yakin, yuk simak manfaat ASI eksklusif berikut ini!

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman pendamping

ASI eksklusif adalah makanan yang ideal untuk bayi, yang diberikan tanpa makanan atau minuman pendamping lainnya. Aman, bersih, dan mengandung antibodi guna membantu melindungi dari banyak penyakit pada masa kanak-kanak. 

Tahukah Moms kalau air susu ibu itu menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati di masa awal kehidupan mereka? Tidak hanya itu saja, ASI menyediakan hingga setengah atau lebih dari kebutuhan gizi anak.

Manfaat ASI eksklusif untuk bayi

Ada berbagai manfaat ASI eksklusif untuk bayi. Manfaat ini tidak hanya terasa ketika bayi saja, tapi juga bertahan hingga dewasa. Berikut ini manfaat ASI untuk bayi:

1. Memberikan nutrisi ideal

Kandungan ASI eksklusif dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi selama enam bulan pertama kehidupan, dalam proporsi yang tepat. Komposisinya bahkan berubah sesuai dengan perubahan kebutuhan bayi, terutama selama bulan pertama kehidupan.

Beberapa hari pertama setelah kelahiran, payudara Moms akan menghasilkan ‘susu pertama’ yang disebut kolostrum. Kolostrum punya warna khas yaitu kekuningan dan punya tekstur yang kental. Kolostrum membantu saluran pencernaan bayi yang belum matang berkembang.

Nah, kolostrum ini tinggi protein, rendah gula dan sarat dengan senyawa bermanfaat.

2. Melindungi bayi

Salah satu kandungan ASI eksklusif yang terpenting adalah kaya dengan antibodi. Di mana antibodi dapat membantu bayi melawan virus dan bakteri, terutama kolostrum.

Kolostrum menyediakan jumlah imunoglobulin A (IgA) yang tinggi, serta beberapa antibodi lainnya. IgA melindungi bayi dari sakit dengan membentuk lapisan pelindung di hidung, tenggorokan, dan sistem pencernaan bayi.

Sementara itu, susu formula tidak memberikan perlindungan antibodi untuk bayi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tidak mendapatkan ASI lebih rentan terhadap masalah kesehatan seperti pneumonia, diare dan infeksi.

3. Mengurangi risiko penyakit

Salah satu manfaat dari memberikan ASI eksklusif adalah mengurangi kemungkinan terjadinya beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain:

  • Infeksi telinga tengah: ASI eksklusif 3 bulan atau lebih dapat mengurangi risiko hingga 50 persen.
  • Pilek dan infeksi tenggorokan: Bayi yang disusui secara eksklusif selama 6 bulan lebih rendah terkena pilek dan infeksi tenggorokan.
  • Infeksi usus: Pemberian ASI dapat membuat bayi terhindar dari risiko infeksi usus. 
  • Kerusakan jaringan usus: Berdasarkan penelitian, pemberian ASI terutama pada bayi yang lahir prematur, menurunkan risiko kerusakan jaringan usus sekitar 60 persen. 
  • Sindrom kematian bayi mendadak: Risiko kematian mendadak bayi yang diberikan ASI menurun 50 persen daripada yang tidak, dan terus menurun lagi menjadi 36 persen setelah memasuki tahun pertama.
  • Diabetes: Bayi yang mendapatkan ASI terutama pada 3 bulan pertama kelahiran, memiliki penurunan risiko diabetes.

4. Berat badan bayi lebih sehat

Manfaat lain dari pemberian ASI eksklusif adalah dapat membuat bayi terhindar dari obesitas di masa kecil. Penelitian menunjukkan, tingkat obesitas bayi yang disusui lebih rendah 15 sampai 30 persen lebih rendah daripada bayi yang diberikan susu formula. 

Hal ini disebabkan perkembangan bakteri usus yang berbeda. Bayi yang diberi ASI memiliki jumlah bakteri usus baik yang lebih tinggi, yang dapat memengaruhi penyimpanan lemak. 

Bayi yang diberi ASI juga memiliki lebih banyak leptin dalam sistem mereka daripada bayi yang diberi susu formula. Leptin adalah hormon utama untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.

5. Meningkatkan kecerdasan anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keuntungan memberikan ASI eksklusif adalah membantu bayi memiliki perkembangan otak yang berbeda dengan yang diberi susu formula. Bayi yang diberi ASI eksklusif memiliki skor kecerdasan yang lebih tinggi.

Ada dua alasan utama mengapa menyusui mengarah pada kecerdasan yang lebih tinggi. Pertama, adanya ikatan antara ibu dan bayi di berbagai momen menyusui, ini benar-benar meningkatkan kekuatan otak si Kecil.

Alasan kedua, kandungan ASI eksklusif berupa asam lemak berperan penting untuk perkembangan otak. Selain itu, ada juga penelitian yang menyatakan, bahwa ASI memiliki efek positif yang signifikan terhadap perkembangan otak pada jangka panjang.

Baca juga: Agar Produksi Melimpah, Ini 5 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Manfaat memberikan ASI eksklusif bagi ibu

Moms sudah mengetahui manfaat ASI eksklusif untuk bayi, seperti yang disebutkan di atas. Kini Moms juga perlu tahu, jika memberikan ASI eksklusif dapat memberikan manfaat untuk ibu menyusui. Manfaat tersebut antara lain:

  • Salah satu manfaat memberikan ASI eksklusif adalah membantu menurunkan berat badan Moms pasca melahirkan. Dilansir Healthline, menyusui dapat membakar lebih banyak kalori, dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui. 
  • Manfaat lain dari memberikan ASI eksklusif adalah membantu rahim kembali ke ukuran semula. Ini karena saat menyusui hormon oksitosin meningkat dan inilah yang membantu rahim kembali ke bentuk semula setelah melahirkan. 
  • Memberikan ASI juga dikaitkan dengan mengurangi risiko penyakit pada wanita yang baru melahirkan. Penyakit tersebut antara lain tekanan darah tinggi, radang sendi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Berapa lama pemberian ASI eksklusif untuk bayi? 

Masih bingung mengenai berapa lama pemberian ASI eksklusif untuk bayi? Moms tidak perlu bingung karena waktu atau berapa lama pemberian ASI eksklusif sudah ditentukan langsung oleh World Health Organization (WHO).

WHO merekomendasikan ibu-ibu di seluruh dunia untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi selama 6 bulan pertama sejak dilahirkan. Dilansir dari situs resminya, WHO juga merekomendasikan pemberian makanan pendamping selain ASI, setelah anak berusia 6 bulan. 

Itulah beragam manfaat ASI eksklusif untuk bayi dan juga moms. Jadi, Moms tidak perlu ragu lagi memberikan ASI, baik dengan cara menyusui langsung maupun memompa. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berbagai informasi seputar ASI eksklusif.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat ASI eksklusif? Jangan ragu untuk konsultasikan secara online melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Helathline (2017). Diakses pada 18/06/20. 11 Benefits of Breastfeeding for Both Mom and Baby

Baby Gaga (2016). Diakses pada 18/06/20. 15 Benefits of Exclusively Breastfeeding Your Baby

NHS (2020). Diakses pada 18/06/20. Benefits of breastfeeding

Web MD (2019). Diakses 18/06/ 20 . Breastfeeding Overview

 

    register-docotr