Kesehatan Anak

MPASI Tunggal atau 4 Bintang, Manakah yang Lebih Baik untuk Bayi?

November 12, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Makanan pendamping ASI (MPASI) biasanya diberikan kepada bayi setelah usia 6 bulan. Sebab, pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

MPASI sendiri dapat mulai diberikan ketika si Kecil sudah menunjukkan tanda siap makan, seperti kepala sudah tegak, mulai belajar duduk tegap tanpa bantuan, atau bahkan tertarik pada makanan. Kebanyakan bayi, menunjukkan tanda-tanda kesiapannya pada usia 6 bulan.  

Akan tetapi, mana yang lebih baik, memberikan MPASI tunggal atau MPASI 4 bintang kepada si Kecil?

Baca juga: 4 Menu MPASI dari Kentang yang Mudah Dibuat dan Kaya Gizi

Mengenal perbedaan MPASI tunggal dan MPASI 4 bintang

Moms, sesuai dengan namanya, MPASI tunggal adalah menu yang hanya terdiri dari 1 jenis bahan makanan saja. Sedangkan MPASI 4 bintang adalah menu makanan yang terdiri dari karbohidrat, sayuran, protein nabati, serta protein hewani.

Dr. dr. Conny Tanjung Sp.A(K) seperti dilansir dari Tempo.co mengatakan bahwa, keempat unsur pada MPASI 4 bintang harus ada untuk memenuhi kebutuhan zat besi serta nutrisi lain yang dibutuhkan si Kecil.

“Pertama, untuk stok energi melakukan aktivitas sehari-hari. Kedua, untuk tumbuh kembang. Ketiga, mendukung metabolisme tubuh. Terakhir, terapi. Artinya, mempercepat proses penyembuhan saat sakit” kata dr. Conny.

Mana yang lebih baik bagi bayi untuk diberikan terlebih dahulu?

Moms, melansir dari Centers for Disease Control and Prevention, di awal pemberian MPASI, sebaiknya biarkanlah si Kecil untuk mencoba makanan satu per satu, dalam arti kata berikanlah menu MPASI tunggal terlebih dulu.

Hal ini dilakukan guna untuk melihat apakah si Kecil memiliki alergi pada makanan tersebut atau tidak. Sebaiknya, tunggulah selama 3 hingga 5 hari untuk memberikan setiap makanan baru pada si Kecil.

Perlu diketahui Moms, terdapat 8 makanan penyebab alergi yang paling umum, di antaranya adalah susu, telur, ikan, kerang, kacang, kacang tanah, gandum, serta kedelai.

Pengenalan pada MPASI tunggal ini cukup diberikan kepada si Kecil kurang lebih selama 1 minggu. Setelah sudah melewati masa pengenalan MPASI tunggal, Moms bisa memberikan bahan makanan lain kepada si Kecil dengan memulai MPASI 4 bintang.

Baca juga: Amankah Memberikan MPASI Kemasan Terus-Menerus pada Bayi?

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan MPASI kepada si Kecil

Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi, memperkenalkan makanan padat juga penting untuk membantu bayi belajar makan, yakni dengan memberi pengalaman rasa dan tekstur baru dari berbagai makanan.

Melansir dari laman IDAI, ada beberapa hal penting yang perlu Moms perhatikan ketika mulai memberikan MPASI kepada si Kecil saat ia berusia 6 bulan, di antaranya adalah:

  • Lanjutkan pemberian ASI kepada si Kecil. Hal ini karena, ASI tetap menjadi bagian yang paling penting dari makanan bayi.
  • Untuk bayi berusia 6 bulan, sebaiknya berikanlah MPASI 2 kali sehari.
  • Sebagai langkah awal perkenalan, sebaiknya berikanlah 2-3 sendok makan MPASI dalam sekali makan.
  • Ketika Moms baru memulai memberikan MPASI kepada si Kecil, mulailah dengan memberikan makanan yang dihaluskan, yang menjadi puree atau bubur kental.
  • Bayi masih dalam tahap adaptasi, sehingga Moms harus sabar. Tak hanya itu, sebaiknya janganlah memaksa si Kecil untuk menghabiskan makanannya ya Moms.

Adakah hal lain yang perlu diperhatikan?

Melansir dari World Health Organization (WHO), terdapat beberapa prinsip panduan untuk pemberian makanan pendamping yang tepat, ini termasuk melanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun atau lebih, sesuai dengan permintaan si Kecil.

Tak hanya itu, mempraktikan pemberian makan responsif, misalnya saja memberikan makan bayi secara langsung dan membantu anak yang lebih besar ketika mereka makan sendiri juga penting untuk dilakukan.

Tak ketinggalan, Moms juga harus mempraktikkan kebersihan yang baik dan penanganan makanan yang tepat ya Moms. Semua peralatan seperti cangkir, mangkuk, dan sendok yang digunakan si Kecil harus dicuci hingga bersih.

Selain itu, agar kebersihan tetap terjaga, Moms  juga harus mencuci tangan Moms dan si Kecil sebelum makan.  

Nah itulah beberapa informasi mengenai MPASI tunggal dan MPASI 4 bintang yang perlu Moms ketahui. Memenuhi asupan nutrisi pada si Kecil merupakan hal yang penting. Hal ini berguna agar tumbuh kembang bayi dapat optimal.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2019). Diakses pada 11 November 2020. When, What, and How to Introduce Solid Foods 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (2016). Diakses pada 11 November 2020. Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana? 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (2018). Diakses pada 11 November 2020. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) 

Tempo.co (2019). Diakses pada 11 November 2020. Jangan Salah, Ini Aturan Menu 4 Bintang MPASI 

World Health Organization (2020). Diakses pada 11 November 2020. Infant and young child feeding 

World Health Organization. Diakses pada 11 November 2020. Guiding Principles for Complementary Feeding of Breastfed Child

    Berita Terkait
    register-docotr