Kesehatan Anak

Kapan Waktu yang Tepat Anak Menyikat Gigi & Tips Mudah Mengajarkan Anak Sikat Gigi

February 23, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kebersihan mulut adalah salah satu yang penting untuk dijaga. Bagi para orangtua, sudah sepantasnya menanamkan kebersihan mulut pada anak sejak dini. Namun, kapan waktu terbaik untuk anak mulai menyikat gigi? 

Kapan waktu yang tepat untuk anak mulai menyikat gigi? 

Melansir penjelasan dari laman WebMD, membersihkan gigi anak sebenarnya sudah harus dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh, yaitu pada usia 6 bulan.

Yang perlu kamu ketahui cara membersihkannya cukup dengan mengelap gigi menggunakan sapu tangan atau kamu juga bisa gunakan handuk kecil berbahan lembut. 

Namun, sebagian ada yang menyarankan sebaiknya anak mulai menyikat gigi sejak 4 gigi pertamanya tumbuh, hal tersebut menurut penjelasan dari laman WebMD. Lainnya juga ada yang menyarankan untuk menunda mulai menyikat gigi anak hingga berusia 2–3 tahun.

Tips menyikat gigi anak 

Ketika mulai menyikat gigi untuk anak, tentu tidak boleh asal memilih sikat dan biasakan teratur dalam melakukannya. Berikut ini beberapa tips menyikat gigi anak seperti dilansir dari WebMD:

  • Pilih sikat gigi kecil, berukuran anak-anak, dan berbulu lembut. Merendam sikat dalam air hangat selama beberapa menit sebelum menyikat dapat semakin melembutkan bulu sikat.
  • Pastikan kamu mengoleskan pasta gigi sebesar biji beras pada permukaan sikat untuk masa awal pertumbuhan gigi anak. Setelah berusia 3 tahun, kamu bisa mulai mengoleskan pasta gigi seukuran kacang polong.
  • Sangat disarankan untuk menyikat gigi anak sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan malam sebelum tidur. Saat menyikat pastikan pada gigi geraham belakang. Ini adalah area tempat gigi berlubang sering kali pertama kali berkembang. 
  • Ganti sikat gigi setiap 3 atau 4 bulan, atau bisa juga lebih cepat. Kamu sebagai orang tua harus memastikan jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain.
  • Setelah anak berusia 6 tahun, bilasan fluoride dapat membantu mencegah gigi berlubang. Tanyakan kepada dokter gigi produk mana yang tepat.
  • Kemudian tanyakan juga kepada dokter gigi tentang kebutuhan fluoride anak. Jika air minum tidak berfluoride, suplemen fluoride atau perawatan fluoride mungkin diperlukan.
  • Terakhir, tanyakan kepada dokter gigi anak tentang aplikasi pernis fluoride sejak usia 1 tahun.

Kapan anak harus menyikat dan membersihkan gigi sendiri?

Kebanyakan anak tidak memiliki koordinasi untuk menyikat atau membersihkan gigi sendiri sampai berusia 6 atau 7 tahun.

Sampai pada saat inilah, ingat bahwa cara terbaik untuk mengajari anak menyikat gigi dengan memberi contoh. Biarkan anak melihat kamu menyikat gigi dan mengajarkan pentingnya kebersihan mulut yang baik.

Seberapa penting pemilihan pasta gigi yang tepat untuk anak? 

Banyak pasta gigi anak-anak yang dibumbui dengan selera dan rasa yang manis untuk lebih mendorong melakukan sikat gigi. Memang hal tersebut sangat dibutuhkan, namun selain itu cari pasta gigi yang memiliki Seal of Acceptance dari American Dental Association (ADA). 

Hal tersebut menunjukkan bahwa pasta gigi tersebut telah memenuhi kriteria ADA untuk keamanan dan efektivitas. Terakhir, baca label pabrikan. Beberapa pasta gigi tidak disarankan untuk anak di bawah usia tertentu.

Penjelasan dari laman Better Health, saat memilih pasta gigi yang tepat, ingatlah beberapa hal ini:

  • Anak usia 0–18 bulan gunakan hanya dengan air, tanpa pasta gigi.
  • Usia mulai dari 18 bulan hingga anak berusia 6 tahun gunakan pasta gigi rendah fluorida seukuran kacang polong (periksa kemasannya).
  • Usia enam tahun gunakan pasta gigi berfluorida standar seukuran kacang polong.

Kemudian bagi anak-anak yang memiliki risiko kerusakan gigi lebih besar karena alasan lain, pedoman tentang penggunaan pasta gigi mungkin berbeda-beda. Tanyakan kepada dokter gigi atau ahli kesehatan mulut lainnya untuk pemilihan pasta gigi yang tepat. 

Baca juga: Si Kecil Malas Sikat Gigi, Waspadai Karies Gigi pada Anak

Kapan anak harus mulai melakukan pemeriksaan ke dokter gigi?

Seperti yang dilansir dari laman WebMD, bahwa umumnya dianjurkan agar seorang bayi diperiksa oleh dokter gigi pada saat berusia 1 tahun atau dalam waktu 6 bulan setelah gigi pertama mereka tumbuh. 

Hal ini disarankan untuk memungkinkan dokter gigi melakukan pemeriksaan gigi jika ada penyimpangan dan bisa mengajarkan para orang tua tentang metode menyikat yang benar yang tepat karena gigi anak-anak muncul pada waktu yang berbeda.

Kemudian bagi anak-anak yang lebih besar sangat diharuskan untuk terus melakukan pemeriksaan dengan dokter gigi atau ahli kesehatan mulut lainnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2020) diakses pada 22 Februari 2021. Brushing and Flossing Children’s Teeth
  2. Betterhealth.vic.gov.au (2020) diaskes pada 22 Februari 2021. Toothbrushing – children 

 

    register-docotr