Kesehatan Anak

Begini Lho Pemberian Dosis Zinc untuk Anak Agar Tumbuh Optimal

February 9, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sebagai orang tua kamu perlu tahu berapa dosis zinc untuk anak, sehingga masa pertumbuhannya berjalan maksimal.

Zinc atau biasa juga dikenal dengan seng adalah mineral penting yang secara alami terdapat di beberapa makanan, namun juga bisa diperoleh lewat suplemen.

Lantas, berapakah dosis zinc yang tepat untuk pertumbuhan si Kecil? Yuk, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Daftar 10 Makanan Sumber Zat Besi Tinggi bagi Tubuh

Sekilas tentang zinc

Dilansir dari Webmd, jumlah zinc yang diperlukan tubuh sebenarnya sangat sedikit. Namun karena tubuh tidak dapat menyimpan kelebihan seng, maka zinc harus dikonsumsi secara teratur baik dari makanan, ataupun suplemen.

Seng juga merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pemeliharaan tubuh anak-anak. Ini meliputi berbagai fungsi seperti memperkuat kekebalan, penyembuhan luka, pembekuan darah, fungsi tiroid, dan banyak lagi.

Kamu bisa memenuhi asupan zinc untuk si Kecil dari berbagai jenis makanan termasuk daging merah, unggas, dan ikan.

Dosis zinc untuk anak-anak

Dilansir dari Ods.od.nih.gov, berikut adalah dosis rata-rata zinc yang disarankan untuk anak-anak. Jika si Kecil memperoleh dosis yang berbeda dengan informasi di bawah ini, jangan ubah hal tersebut kecuali atas saran dokter.

Dosis zinc untuk anak dalam bentuk sediaan oral

Untuk mencegah defisiensi, jumlah zinc dalam bentuk kapsul, tablet hisap, dan sejenisnya yang dianjurkan untuk anak-anak per hari adalah:

UsiaJenis kelaminJumlah dosis
0-6 bulanLaki-laki2 mg
0-6 bulanPerempuan2 mg
7-12 bulanLaki-laki3 mg
7-12 bulanPerempuan3 mg
1-3 tahunLaki-laki3 mg
1-3 tahunPerempuan3 mg
4-8 tahunLaki-laki5 mg
4-8 tahun Perempuan5 mg
9-13 tahunLaki-laki8 mg
9-13 tahunPerempuan8 mg
14-18 tahunLaki-laki11 mg
14-18 tahunPerempuan9 mg
> 19 tahunLaki-laki11 mg
> 19 tahunPerempuan8 mg

Dosis zinc untuk mengobati defisiensi pada anak-anak

Baik untuk bayi, anak-anak, maupun remaja, dosis pemberian zinc yang bertujuan untuk pengobatan defisiensi akan diberikan berdasarkan tingkat keparahan yang terjadi pada masing-masing individu.

Dosis zinc untuk mengobati diare pada anak-anak

Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI, menunjukkan bahwa pemberian seng bersama-sama dengan larutan garam rehidrasi, terbukti berperan penting dalam mengurangi durasi maupun keparahan diare pada anak-anak.

Studi ini didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF, yang merekomendasikan pemberian suplemen seng 20 mg setiap hari selama 10-14 hari untuk anak-anak dengan diare akut.

Sementara untuk bayi di bawah enam bulan, pemberian zinc sebanyak 10 mg per hari dapat membantu mengurangi keparahan diare dan mencegah kejadian ini berulang dalam dua sampai tiga bulan berikutnya.

Baca juga: 12 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Bagaimana jika dosis terlewat?

Jika si Kecil melewatkan dosis, ambillah obat sesegera mungkin dan penuhi dosis yang terlewat.

Namun, jika waktu untuk dosis berikutnya sudah dekat, lewati dosis yang terlewat dan kembali ke jadwal pemberian dosis regulernya.

Tidak perlu cemas apabila si Kecil melewatkan mengonsumsi suplemen ini selama satu hari atau lebih, karena tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjadi kekurangan seng.

Namun jika dokter merekomendasikan agar anak mengonsumsi seng, cobalah untuk meminumnya sesuai petunjuk medis.

Kekurangan zinc pada anak-anak

Dilansir dari Ncbi, diperkirakan sekitar 21 persen populasi anak-anak di dunia berisiko mengalami kekurangan asupan seng. Angka ini bahkan menjadi lebih tinggi di beberapa negara berkembang, misalnya Bangladesh.

Salah satu penyebabnya adalah karena kualitas makanan yang buruk. Meski tidak ditunjukkan dengan tanda-tanda yang jelas, namun kekurangan seng kronis perlu menjadi perhatian khusus terkait perannya dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Kekurangan zinc bisa menyebabkan berbagai hal buruk, misalnya pertumbuhan terhambat, diare akut pada anak-anak, sampai penyembuhan luka yang lambat.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Zinc Treatment to Under-five Children: Applications to Improve Child Survival and Reduce Burden of Disease, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2740712/ diakses pada 8 Februari 2021

Zinc, https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/ diakses pada 8 Februari 2021

Zinc Supplement (Oral Route, Parenteral Route), https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/zinc-supplement-oral-route-parenteral-route/proper-use/drg-20070269 diakses pada 8 Februari 2021

Zinc, https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-982/zinc diakses pada 8 Februari 2021

Role of zinc in pediatric diarrhea, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3113371/#:~:text=The%20World%20Health%20Organization%20(WHO,three%20months%2C%20thereby%20decreasing%20the diakses pada 8 Februari 2021

Bagaimana Menangani Diare pada Anak, https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/bagaimana-menangani-diare-pada-anak diakses pada 8 Februari 2021

 

    register-docotr