Info Sehat

Daftar Obat Sakit Lutut yang Aman dan Ampuh

February 9, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ketika kamu terlalu aktif bergerak saat melakukan berbagai aktivitas tentu saja bisa menyebabkan nyeri sendi lutut. Tak hanya mengistirahatkan lutut, berikut ini beberapa obat sakit lutut yang bisa kamu gunakan. 

Apa itu sakit lutut?

Melansir penjelasan dari laman Mayo Clinic, sakit lutut adalah keluhan umum yang menyerang orang-orang dari segala usia.

Nyeri lutut bisa disebabkan oleh cedera, seperti ligamen yang pecah atau tulang rawan yang robek. Kondisi medis lainnya yang menyebabkan sakit lutut yaitu artritis, asam urat, dan infeksi.

Banyak jenis nyeri lutut minor merespons dengan baik tindakan perawatan. Terapi fisik dan penyangga lutut juga dapat membantu meredakan nyeri lutut. Namun, dalam beberapa kasus, lutut kamu mungkin memerlukan perbaikan melalui pembedahan atau operasi. 

Gejala sakit lutut

Lokasi dan tingkat keparahan nyeri lutut dapat bervariasi, tergantung pada penyebab masalahnya. Berikut ini tanda dan gejala yang terkadang menyertai nyeri lutut seperti dilansir dari Mayo Clinic:

  • Bengkak dan kaku
  • Kemerahan dan hangat saat disentuh
  • Ketidakstabilan
  • Suara berderak di lutut
  • Ketidakmampuan untuk meluruskan lutut sepenuhnya

Obat sakit lutut 

Cara mengobati sakit lutut bisa dengan mengonsumsi obat-obatan yang bisa dibeli bebas atau melakukan perawatan mandiri dengan benar di rumah.

Pengobatan medis

Ada beberapa obat yang memang dijual bebas untuk sakit lutut seperti: 

  • Ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) 
  • Naproxen sodium (Aleve) 

Namun, ada juga beberapa orang yang merasa lega saat mengobati sakit lutut dengan obat krim yang mengandung zat pemati rasa, seperti lidokain. 

Tak hanya obat-obat di atas, menurut penjelasan dari laman Mayo Clinic ada obat alternatif yang bisa digunakan seperti: 

  • Glukosamin dan kondroitin, menurut hasil penelitian beragam tentang keefektifan suplemen ini untuk meredakan nyeri osteoartritis.
  • Akupunktur, penelitian menunjukkan bahwa metode penyembuhan akupuntur dapat membantu meredakan nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoartritis. Akupunktur melibatkan penempatan jarum setipis rambut ke kulit Anda di tempat-tempat tertentu di tubuh Anda.

Pengobatan alami

Pada kebanyakan kasus ringan dan lutut baru saja terasa sakit, kondisi ini bisa diobati sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri lutut:

Istirahatkan lutut

Kurangi aktivitas berat dan berlebihan selama lutut terasa nyeri. Beristirahatlah dari aktivitas normal untuk mengurangi ketegangan berulang pada lutut, berikan waktu cedera untuk pulih dan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Satu atau dua hari istirahat mungkin kamu butuhkan untuk cedera ringan. Kerusakan yang lebih parah cenderung membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

Kompres dengan es batu

Es mengurangi rasa sakit dan peradangan. Langkah ini dilakukan guna mengurangi rasa sakit sekaligus bengkak. 

Tempelkan kompres ke lutut yang sakit selama 15 hingga 20 menit. Walaupun terapi es pada umumnya aman dan efektif, jangan gunakan es lebih dari 20 menit setiap kali karena berisiko merusak saraf dan kulit. 

Kamu bisa mengulanginya setiap 3 hingga 4 jam. Lakukan ini hingga dua sampai tiga hari ke depan, atau hingga sakit lutut hilang.

Perban lutut dengan kain

Menutupi area yang sakit pada lutut dengan perban bertujuan mengurangi bengkak serta menopang lutut agar tidak terlalu banyak bergerak. Kamu juga bisa mengganjal lutut agar posisinya lebih tinggi ketika duduk atau berbaring. 

Konsumsi obat pereda rasa nyeri

Langkah terakhir, agar proses penyembuhan lutut sakit bisa lebih efektif kamu bisa rutin konsumsi obat yang sudah dianjurkan. Misalnya, ibuprofen atau naproxen yang tergolong sebagai obat antiinflmasi nonsteroid (OAINS). 

Namun, perlu diingat sebaiknya, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter jika kamu memiliki reaksi alergi atas obat-obatan ini, ya. 

Baca juga: 5 Gerakan Yoga untuk Cedera Lutut, Terbukti Redakan Rasa Sakit Juga

Cara mencegah sakit lutut 

Jika kamu tidak ingin merasakan sakit lutut dan harus menjalankan beberapa perawatan di atas, ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mencegahnya:

  • Pemanasan sebelum berolahraga.
  • Sangat dianjurkan untuk gunakan sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki atau yang menyangga kaki dengan baik saat olahraga.
  • Tak lupa sebaiknya tingkatkan intensitas dan frekuensi olahraga secara bertahap, dari yang ringan ke yang berat. Menyesuaikan jenis dan intensitas olahraga dengan kemampuan dan kondisi tubuh.

Cara lainnya bisa kamu kurangi tekanan pada lutut salah satunya dengan menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, sakit lutut juga dapat dicegah dengan tidak merokok.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2019) diakses pada 4 Februari 2021. Knee pain
  2. Webmd.com (2020) diakses pada 4 Februari 2021. 11 Knee Pain Dos and Don’ts
    register-docotr