Kesehatan Anak

Alasan Bayi Lebih Sering ‘Ngulet’ Dibandingkan Orang Dewasa

December 10, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah kamu punya kebiasaan ngulet? Kapan biasanya kamu melakukan hal tersebut? Ngulet seringkali dilakukan secara tidak sadar oleh kebanyakan orang sesaat setelah bangun tidur. Gerakan ini dapat membantu melemaskan otot sehingga badan terasa lebih nyaman.

Bukan hanya orang dewasa, bayi pun sering melakukan gerakan ngulet ini. Bahkan bayi diketahui lebih sering ngulet daripada orang dewasa. Kira-kira kenapa ya? Cari tahu jawabannya di bawah ini yuk.

Manfaat ngulet

Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah dapat terhambat setelah tidur dalam waktu yang lama. Dengan melakukan peregangan, peredaran darah dapat kembali lancar sehingga tubuh tidak lagi kaku dan terasa lebih segar. 

Melepaskan ketegangan otot

Selain darah yang menumpuk, tidur dalam waktu yang lama juga dapat membuat otot terasa tegang. Bagi orang dewasa, aktivitas lainnya seperti duduk berjam-jam, berolahraga serta kurang tidur juga seringkali membuat otot terasa tegang.

Nah, gerakan ngulet biasanya dapat membantu otot dan sendi lepas dari ketegangan. 

Lalu, mengapa bayi lebih sering ngulet?

Pada dasarnya, semua bayi akan melakukan ngulet atau melakukan peregangan pada otot-otot tubuhnya. Bila Moms melihat si Kecil sering ngulet, jangan terlalu khawatir. Hal ini normal dilakukan oleh bayi. 

Ngulet merupakan gerakan yang dapat membantu bayi bergerak aktif beberapa hari dan minggu pertama setelah kelahirannya.

Dilansir dari situs whattoexpect.com, bayi yang baru lahir akan lebih sering meregangkan tubuhnya. Terutama setelah ia tidur dalam waktu yang lama. Peregangan ini penting untuk memicu otot-ototnya bekerja dengan baik.

Saat bayi melakukan peregangan, semua otot dan persendiannya bekerja dan berfungsi. Di samping itu, peregangan juga dapat membantu bayi mengeluarkan gas maupun kotoran di dalam tubuhnya. 

Dalam masa perkembangannya, bayi juga akan meregangkan tubuh sambil menendang kakinya. Gerakan ini memperkuat otot kaki, mempersiapkan bayi untuk berguling dan biasanya terjadi pada usia 4 hingga 6 bulan.

Baca juga: 3 Manfaat Sarung Tangan Bayi untuk Newborn, Bukan Cuma Berikan Kehangatan!

Arti gerakan ngulet yang dilakukan oleh bayi 

Gerakan ngulet yang normal akan berlangsung sebentar. Namun, bila bayi melakukan ngulet sambil menangis, gelisah atau menunjukkan gestur ketidaknyamanan lainnya, orangtua perlu menaruh perhatian lebih. 

Bayi ngulet diiringi ‘grunting’ 

Dilansir dari healthline, grunting adalah istilah yang digunakan ketika bayi mengeluarkan suara seperti mengerang saat ia buang air besar. Ketika bayi ngulet diiringi dengan grunting, umumnya bayi sedang merasakan sesuatu terkait pencernaannya.

Bayi akan mencoba untuk mendorong angin atau kotoran di sekitar usus besar sehingga mereka bisa mengeluarkannya dari tubuh. Selain mengeluarkan suara dan ngulet, biasanya dalam kondisi ini bayi juga akan mengepalkan tangannya atau menaikkan lututnya ke dada. 

Bayi ngulet diiringi posisi punggung yang melengkung

Ketika bayi ngulet diiringi dengan posisi melengkung, umumnya bayi sedang mengalami kesulitan dalam mencerna makanan. Lengkungan yang dilakukan bayi merupakan ekspresi dari ketidaknyamanannya dan ia berusaha untuk melepaskan hal tersebut. 

Bayi ngulet diiringi tangisan dan erangan

Ketika bayi menggeliat, melengkungkan badan, menangis dan mengerang dalam satu waktu, tandanya bayi sedang merasa sangat tertekan atau tidak nyaman. Biasanya hal ini disebabkan oleh bayi yang mengalami reflux atau kolik. 

Baca juga: Keringat Dingin pada Bayi: Ketahui Berbagai Penyebab & Cara Mengatasinya

Alasan bayi perlu ngulet 

Ngulet adalah bagian dari refleks bayi dalam masa perkembangannya. Moms perlu memeriksakan si Kecil ke dokter bila dalam tiga bulan pertamanya bayi belum mampu melakukan hal berikut: 

  • Membuka dan menutup tangannya
  • Menggenggam atau memegang benda di tangan
  • Menopang kepalanya sendiri
  • Mengangkat kepala dan dada saat berbaring tengkurap

Ngulet merupakan cara bayi mengatasi masalah atau gangguan yang terjadi pada tubuhnya. Tidak jarang, Moms juga perlu membantu bayi untuk meregangkan tubuhnya untuk membantu si Kecil meredakan rasa sakit dan rasa ketidaknyamanan yang lain.

Bila Moms merasa khawatir dengan kondisi si Kecil atau ia terus meregang disertai rewel, berkonsultasilah dengan dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr