Kesehatan Anak

5 Langkah Perawatan Rumahan untuk Atasi Mata Belekan pada Bayi

February 24, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Istilah belekan sering dipakai untuk menggambarkan kotoran mata. Pada bayi dan anak-anak, kondisi ini sering terjadi akibat saluran air mata yang tersumbat.

Meski wajar, Moms harus tetap waspada jika cairan yang keluar disertai gejala lain pada mata. Misalnya seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri.

Artikel ini akan membahas bagaimana langkah perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi belekan pada bayi.

Baca juga: Dampak Menonton TV Terlalu Dekat, Benarkah Dapat Merusak Mata si Kecil?

Mengapa mata mengeluarkan kotoran?

Lendir pada mata pada dasarnya adalah salah satu sistem pertahanan alami yang dimiliki tubuh. Fungsinya untuk menghilangkan potensi kotoran berbahaya yang bisa merusak mata. Ini juga membantu agar mata tidak terlalu kering.

Lendir yang berubah menjadi kumpulan kotoran di sudut mata setelah bangun tidur adalah hal yang normal. Namun jika keluar terus-menerus, bisa jadi itu pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu.

Perawatan mata belekan pada bayi

Dilansir dari Medicalnewstoday, sekitar 10 persen bayi baru lahir mengalami belekan, karena setidaknya satu saluran air mata yang tersumbat sebagian atau seluruhnya.

Namun hal ini tidak perlu membuat Moms terlalu cemas. Mengobati mata bayi belekan bisa dilakukan di rumah, maupun oleh dokter di rumah sakit. Berikut penjelasan lebih rincinya.

Langkah perawatan rumahan

Jika penyebab mata bayi belekan adalah saluran air mata yang tersumbat, maka orang tua atau pengasuh dapat merawat bayi tersebut di rumah.

Dengan penanganan yang tepat, hal ini biasanya akan sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 4 hingga 6 bulan. Beberapa langkah perawatannya adalah:

  1. Cuci tangan dengan sabun lalu bilas dengan air hangat sebelum menyentuh area dekat mata anak untuk mencegah infeksi.
  2. Untuk membersihkan kotoran, celupkan kain kasa yang bersih ke dalam air hangat, lalu seka sudut mata dengan lembut.
  3. Jika saluran air mata yang tersumbat memengaruhi kedua mata, selalu gunakan area baru dari kain untuk membersihkan mata lainnya.
  4. Untuk membantu membuka saluran air mata yang tersumbat, tekan perlahan ujung jari telunjuk ke bagian dalam batang hidung bayi baru lahir, tepatnya di sisi saluran air mata yang tersumbat.
  5. Tekan ke arah bawah dengan jari sebanyak 2 atau 3 kali di sepanjang sisi hidung. Ini harus dilakukan dengan lembut tapi tegas.

Lakukan pijatan ini dua kali sehari, yakni sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Jika bagian samping hidung bayi malah menjadi merah atau bengkak setelah dipijat, segera hentikan pemijatan dan hubungi dokter.

Perawatan medis

Jika saluran air mata yang tersumbat sudah bersifat kronis, dokter mungkin akan memberikan obat tetes mata anestesi dan penanganan lebih lanjut.

Bentuk perawatan medis yang diberikan disebut pemeriksaan saluran nasolakrimal. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan probe kecil ke dalam saluran air mata bayi.

Dengan menggunakan probe yang ukurannya membesar secara bertahap, dokter akan dapat membuka saluran air mata. Mereka kemudian akan menggunakan larutan garam untuk membersihkan kotoran yang tersisa.

Terkadang, dokter mungkin juga memasukkan tabung kecil, atau stent, ke dalam saluran agar tetap terbuka. Probing biasanya berhasil membuka saluran air mata.

Baca juga: Mata Bayi Belekan Bikin Panik? Yuk, Cari Tahu Berbahaya atau Tidak

Kapan harus ke dokter?

Bayi yang bangun dengan mata belekan bukanlah hal yang harus selalu dikhawatirkan. Pada dasarnya lendir adalah zat normal yang dirancang untuk melindungi mata.

Namun jika si Kecil mengalami belekan dengan disertai mata yang sangat berair, maka ia harus segera dibawa menemui dokter anak atau dokter mata mata anak. Selain itu apabila Moms melihat perubahan jumlah atau konsistensi cairan mata, disertai gejala-gejala:

  • Mata gatal
  • Nyeri
  • Sensitivitas cahaya, atau
  • Penglihatan kabur.

Segera periksakan si Kecil ke dokter untuk memastikan itu bukan infeksi atau cedera. Penting juga untuk mencari nasihat medis untuk bayi jika saluran air mata mereka tetap tersumbat setelah 6 sampai 8 bulan.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Why Does My Newborn Have Eye Discharge?, https://www.healthline.com/health/parenting/newborn-eye-discharge#other-causes diakses pada 23 Februari 2021

How to treat eye discharge in newborns, https://www.medicalnewstoday.com/articles/324571#complications diakses pada 23 Februari 2021

When Should I Be Concerned About Eye Discharge?, https://www.healthline.com/health/eye-boogers#bottom-line diakses pada 23 Februari 2021

 

    register-docotr