Info Parenting

Mengenal Nutrisi yang Dibutuhkan dan Harus Dihindari oleh Anak dengan Autisme

August 25, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Autisme atau gangguan spektrum autisme adalah kondisi gangguan perkembangan otak yang menyebabkan perbedaan perilaku yang signifikan pada anak. Kondisi tersebut ikut memengaruhi kebutuhan nutrisi untuk anak autis.

Seperti dilansir dari NICHD, berbagai alasan membuat anak autis kadang tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Lalu bagaimana cara orang tua yang memiliki anak autisme tetap bisa memberikan nutrisi yang terbaik?

Mendukung kebutuhan nutrisi anak autis

Anak dengan autisme seringkali menjadi pemilih makanan atau picky eater. Jika ini terjadi, maka moms perlu memberikan vitamin atau suplemen tambahan. Vitamin A, B6, B12, C, D, folat dan magnesium adalah daftar vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, orang tua juga disarankan untuk selalu memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian anak. Namun, di luar itu ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak autis seperti:

Asam lemak omega-3

Dikutip dari Web MD, asam lemak omega-3 direkomendasikan menjadi salah satu nutrisi yang baik untuk anak autis. Ini karena asam lemak omega-3 termasuk ke dalam lemak baik yang dapat membantu mengatasi peradangan.

Anak autis seringkali mengalami masalah medis lain dan kerap mengalami peradangan. Asam lemak omega-3 adalah salah satu nutrisi yang baik untuk dikonsumsi.

Moms bisa mendapatkan kandungan asam lemak omega-3 dari beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, ikan cod, atau dari suplemen omega-3.

Probiotik

Probiotik juga menjadi salah satu yang disarankan sebagai nutrisi untuk anak autis. Terdapat bakteri sehat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan anak.

Probiotik dibutuhkan karena anak autisme seringkali mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut bisa berupa sembelit, akibat asupan yang tidak seimbang atau karena efek dari pengobatan.

Seperti dilansir dari Eat Right, beberapa obat yang digunakan untuk anak autis dapat menurunkan nafsu makan. Serta ada obat lainnya juga yang memengaruhi penyerapan vitamin dan mineral tertentu dalam tubuh.

Makanan dengan kandungan glutathione

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan dengan kandungan glutathione mungkin bermanfaat untuk anak autis. Walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi terkait manfaat tersebut.

Glutathione sendiri adalah protein kecil yang terbuat dari tiga jenis asam amino, yaitu glisin, sistein dan asam glutamat. Moms bisa mendapatkan kandungannya dari sayuran atau buah seperti alpukat, brokoli dan bayam.

Kandungan ini dipercaya bermanfaat dalam proses detoksifikasi tubuh dan juga membantu dalam hal memperbaiki kekebalan tubuh anak.

Nutrisi dan jenis makanan yang sebaiknya dihindari anak autis

Jika sudah tahu tentang kandungan apa saja yang diperlukan, maka Moms juga perlu tahu kandungan apa saja yang perlu dihindari. Berikut tiga jenis makanan yang seringkali dikaitkan dapat memberikan dampak negatif pada anak autis.

Makanan dengan gluten

Tidak sedikit yang menerapkan diet gluten untuk anak dengan autis. Gluten adalah protein yang terkandung dalam gandum dan jenis biji-bijan lain. Diet bebas gluten dilakukan karena adanya anggapan protein gluten dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anak autis.

Selain itu, gluten juga disebut dapat memengaruhi sikap atau perilaku dengan signifikan pada anak autis. Alasannya, karena kandungan peptida di dalam gluten dapat memberi pengaruh pada otak dan menyebabkan kantuk, pusing dan juga beberapa tindakan lalai lainnya.

Makanan yang mengandung kasein

Kasein adalah salah satu protein yang bisa didapatkan dari susu atau produk olahan susu. Sama seperti gluten, kasein juga dianggap dapat memengaruhi kinerja otak pada anak autis. Kemudian dapat menyebabkan munculnya perubahan perilaku.

Namun sayangnya, hingga kini masih sedikit penelitian yang mendukung informasi mengenai pengaruh gluten dan juga kasein pada anak autis. Meski begitu, diet gluten dan kasein ini masih ada yang merekomendasikan dan juga menjalankannya.

Makanan olahan

Sebaiknya pilih makanan alami, agar lebih mudah dicerna. Selain itu, makanan alami lebih baik demi menghindari pengawet dan bahan-bahan lain yang bisa memberikan efek negatif pada anak.

Demikian informasi mengenai nutrisi untuk anak autis, baik yang dibutuhkan dan juga yang sebaiknya dihindari. Jika masih ragu mengenai kelengkapan nutrisi anak dengan autisme, Moms sebaiknya konsultasikan ke dokter, ya.

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic diakses 24 Agustus 2020 Autism spectrum disorder
  2. NICHD diakses 24 Agustus 2020 Nutritional Therapy for Autism 
  3. Webmd diakses 24 Agustus 2020 Diet and Autism 
  4. Healthline diakses 24 Agustus 2020 Alternative Treatments for Autism Spectrum Disorder (ASD) 
  5. Todaysdietitian diakses 24 Agustus 2020 Supplements for Autism Spectrum Disorder 
    Berita Terkait
    register-docotr