Info Parenting

Memandikan Bayi dengan ASI, Ini 5 Manfaat yang Perlu Moms Catat!

May 31, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Menyusui bukanlah satu-satunya cara agar bayi dapat memperoleh manfaat dari air susu ibu (ASI). Memandikan bayi dengan ASI ternyata juga bisa dilakukan untuk meredakan masalah kulit pada si Kecil.

Ya, ASI memang layak mendapat julukan ‘golden liquid‘. Tidak hanya mampu memberi asupan nutrisi pada bayi, kandungan lemaknya ternyata juga termasuk bahan utama kosmetik yang sangat bermanfaat untuk kulit.

Baca juga: Mungkinkah Bayi Alergi ASI? Ini Penjelasannya!

Apa itu mandi ASI untuk bayi?

Definisi memandikan bayi dengan ASI di sini tidak berarti Moms harus membuat si Kecil berendam di bak mandi yang penuh dengan ASI. Moms hanya perlu sedikit ASI yang dipompa, untuk ditambahkan ke air mandi si Kecil lalu memandikannya.

Dilansir dari Parents, dokter anak Tanya Altmann, M.D., mencatat bahwa ASI mengandung banyak bahan yang ditemukan dalam pelembap kulit. Ini termasuk lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

“Tidak heran jika ini bermanfaat bagi kulit,” kata Dr. Altmann. “Antibodi yang terkandung dalam ASI juga dapat mengatasi banyak iritasi dan infeksi kulit ringan. Itulah mengapa meneteskan satu atau dua tetes ASI pada bayi dapat sering membantu”.

Manfaat memandikan bayi dengan ASI

ASI terdiri dari 0,8 hingga 0,9 persen protein, 3 hingga 5 persen lemak, 6,9 hingga 7,2 persen karbohidrat, dan berbagai vitamin, mineral, dan berbagai zat bioaktif lainnya.

Zat-zat tersebut akan memberikan manfaat berikut jika diberikan pada bayi ketika mandi.

1. Mengobati eksim

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa ASI sama efektifnya dengan hidrokortison 1 persen dalam mengobati eksim ringan hingga sedang.

2. Mengatasi jerawat

Sifat antibakteri asam laurat dapat membantu melawan jerawat bayi, yang mungkin terjadi berkat hormon yang diserap dari darah ibu saat di dalam rahim.

3. Menangani ruam popok

Dermatitis popok adalah salah satu masalah kulit yang paling umum pada bayi dan anak-anak. Ini memengaruhi antara 7 sampai 35 persen anak-anak di dunia. Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa mengobati ruam popok dengan ASI sama efektifnya dengan menggunakan salep hidrokortison 1 persen.

4. Mengobati bekas luka dan gigitan serangga

Adanya kandungan immunoglobulin A (IgA), atau protein darah yang mengandung bakteri pelawan infeksi ternyata mampu meredakan luka dan bekas gigitan serangga pada si Kecil.

5. Melembapkan kulit kering dan mengurangi gatal

ASI mengandung asam palmitat, yang merupakan pelembap yang sangat baik. Ini juga mengandung asam lemak omega yang disebut asam oleat yang ditemukan di jaringan manusia.

Asam oleat dapat melembapkan dan menyembuhkan kulit kering, serta melawan penuaan. Unsur lain dari ASI adalah asam vaksenat, yang melindungi dan menutrisi kulit.

Asam linoleat adalah unsur lain dari ASI yang melembapkan, mencerahkan, dan meminimalkan peradangan.

Dengan demikian, mandi ASI dapat menyembuhkan kulit kering dan mengurangi rasa gatal pada bayi.

Bagaimana cara memandikan bayi dengan ASI?

Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Moms jadikan panduan saat ingin memandikan si Kecil menggunakan ASI:

  1. Isi bak mandi bayi dengan air hangat seperti biasa.
  2. Tambahkan 150–300 mL ASI. Jumlah ini seharusnya cukup untuk membuat air keruh atau seperti susu.
  3. Biarkan bayi berendam selama 5–15 menit sambil memercikkan air susu ke seluruh tubuhnya.
  4. Keluarkan bayi dan tepuk-tepuk hingga kering.
  5. Pijat tungkai bayi dengan pelembap untuk mengunci agen pelembap yang baru saja mereka serap.

Apakah memandikan bayi dengan ASI memiliki efek samping?

Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan dampak buruk dari aktivitas yang satu ini. meskipun demikian, mandi dengan ASI bukanlah suatu hal yang  perlu dilakukan setiap hari.

Melakukan kegiatan ini setiap minggu atau dua minggu sekali sudah cukup. Jika bayi mengalami kasus ekstrim ruam popok atau eksim, cobalah untuk mandi ASI sebanyak dua kali seminggu. Moms dapat mengurangi frekuensinya tergantung pada proses pemulihan bayi. Dan ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan mandi ASI pada bayi ya…

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline diakses pada 25 Mei 2021

Parents diakses pada 25 Mei 2021

Parenting First Cry diakses pada 25 Mei 2021

    register-docotr