Info Parenting

Kenali 3 Kegunaan Petroleum Jelly untuk Perawatan Kulit Bayi

March 13, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat halus. Jadi mungkin diperlukan perawatan khusus untuk membantu menjaganya agar tetap terlihat sehat. Salah satunya dengan memakai petroleum jelly untuk bayi.

Petroleum jelly juga diketahui bisa dipakai agar kulit bayi yang sangat sensitif terhindar dari iritasi. Ingin tahu kegunaan lain dari benda yang satu ini? Mari simak ulasan berikut ini saja.

Baca juga: 5 Tanda Bayi Mengalami Separation Anxiety dan Cara Mengatasinya

Terbuat dari apakah petroleum jelly?

Dilansir dari Healthline, petroleum jelly adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk zat seperti jeli semipadat.

Produk ini tidak banyak berubah sejak Robert Augustus Chesebrough menemukannya pada 1859 silam.

Semula Chesebrough memerhatikan bahwa para pekerja minyak akan menggunakan jelly yang lengket untuk menyembuhkan luka bakar. Dia akhirnya mengemasnya kedalam bentuk produk yang kita kenal seperti sekarang.

Kegunaan petroleum jelly untuk bayi

Manfaat petroleum jelly berasal dari bahan utamanya, yakni minyak bumi. Ini dapat membantu menyembuhkan luka pada kulit dan mempertahankan kelembapannya. Adapun untuk bayi, manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai pencegahan eksim

Hal ini disebabkan karena kulit masih menyesuaikan diri dengan dunia di luar rahim. Sehingga paparan zat baru seperti sabun, cuaca, dan kandungan popoknya bisa membuat kulit bayi menjadi kering.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai petroleum jelly. Ini bisa menyegel kelembapan jauh di dalam kulit, sehingga membantu menyembuhkan kulit kering.

2. Pencegah kulit iritasi

Saat kamu sedang menyusui bayimu, tak jarang air susu membasahi pipi atua kulit bayi, saat bayi mengences juga, karena air liur memiliki enzim yang dapat mengiritasi kulit bayi.

Untuk itu, kamu dapat mengoleskan petroleum jelly ke bagian pipi atau leher bayi ya untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

Baca juga: Tak Hanya Menggemaskan, Yuk Intip Perkembangan Bayi 1 Bulan!

3. Petroleum jelly untuk bayi bisa dipakai untuk mencegah ruam popok

Ruam popok pada bayi baru lahir dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk gesekan dari popok yang ketat, atau popok kotor yang terlalu lama dipakai. Jika si Kecil mengalami ini, kulitnya akan terlihat merah dan iritasi.

Untuk mencegahnya terjadi, kamu bisa menjaga agar pantat si Kecil tetap bersih dengan sering mengganti popoknya. Setelah itu jangan lupa oleskan petroleum jelly dengan tipis untuk membantu menghentikan iritan agar tidak memperburuk kondisi kulit yang sakit.

Sebuah studi berupaya menilai khasiat petroleum jelly untuk pencegahan ruam popok. Penelitian ini melakukan uji klinis pada dua kelompok secara paralel di Donostia University Hospital di San Sebastián, Provinsi Guipuzcoa, Spanyol.

Hasilnya diketahui bahwa tingkat kejadian ruam popok pada kelompok yang diberikan petroleum jelly lebih rendah yakni sebesar 17,1 persen dibandingkan kelompok lainnya.

Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Efficacy of petrolatum jelly for the prevention of diaper rash: a randomized clinical trial https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23560584/ diakses pada 4 Maret 2021

7 Tips for Baby Skin Care https://www.webmd.com/parenting/treat-diaper-rash-16/baby-skin-care diakses pada 5 Maret 2021

How to treat baby eczema https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/expert-answers/baby-eczema/faq-20450999 diakses pada 5 Maret 2021

What are the benefits of petroleum jelly? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324039#what-is-petroleum-jelly diakses pada 5 Maret 2021

    register-docotr