Info Parenting

Hari Keluarga Nasional: 8 Fungsi Keluarga untuk Kesejahteraan Hidup

June 29, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional. Perlu kamu ketahui bahwa keluarga memiliki peranan yang penting dalam tumbuh kembang anak. Sebab, keluarga merupakan tempat pertama anak mendapatkan kebutuhan jasmani serta rohani.

Untuk mencapai keluarga yang harmonis dan sejahtera, terdapat 8 fungsi utama keluarga yang harus terpenuhi, apa saja?

Baca juga: Melek Teknologi, Begini Tips untuk Orangtua dalam Mengasuh Anak Generasi Alpha

Fungsi keluarga demi kesejahteraan

Keluarga adalah unit terkecil dalam kehidupan bermasyarakat. Memiliki keluarga yang sejahtera dan harmonis penting untuk diwujudkan.

Fungsi keluarga ini semuanya tercakup dalam prinsip asah, asih, dan asuh yang bertujuan untuk kehidupan harmonis dan sejahtera. Adapun 8 fungsi keluarga di antaranya adalah:

1. Fungsi agama

Agama adalah tiang kehidupan. Keluarga adalah tempat pertama seorang anak mendapatkan pendidikan agama. Penting bagi keluarga untuk mengajarkan anggota keluarganya nilai-nilai agama terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Di sisi lain, keluarga juga harus menjadi panutan yang baik dalam hal beribadah dan berperilaku kepada seorang anak. Tak hanya itu, penting juga untuk mengajarkan toleransi terhadap agama lain.

2. Fungsi sosial budaya

Salah satu cara terpenting orang tua atau keluarga adalah dengan mendidik anak-anak mereka menjadi insan yang baik. Pembelajaran tidak hanya satu arah. Maka dari itu, keluarga harus menjadi contoh yang baik dalam bertindak atau bertutur kata dengan baik.

Fungsi sosial budaya juga memiliki peranan dalam membekali anggota keluarganya dalam hal berinteraksi ataupun beradaptasi di lingkungan masyarakat.

“Dengan memiliki nilai budaya, seseorang akan selalu memiliki panduan dalam bersikap dan berperilaku. Setiap tindakan yang diambil akan selalu terarah dan sesuai dengan ada istiadat yang berlaku,” ujar Peneliti Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Rihlah Romdoniah.

3. Fungsi cinta kasih

Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan anak yang harus diberikan oleh orang tua. Fungsi ini dapat diwujudkan dengan memberikan kasih sayang dan perhatian semaksimal mungkin pada anggota keluarga.

Cinta dan kasih sayang yang terpenuhi dalam keluarga dapat menciptakan ikatan batin yang kuat di antara anggota keluarga.

Baca juga: 7 Tips Sukses Membimbing Anak Kidal Agar Lebih Percaya Diri

4. Fungsi perlindungan

Selanjutnya, keluarga menjadi tempat untuk memberikan perlindungan bagi anggota keluarganya.

Dikutip dari laman Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah, fungsi perlindungan menekankan bahwa keluarga merupakan pelindung utama dalam memberikan kebenaran, keteladanan, serta merupakan termpat bernaung kepada anak dan anggota keluarganya.

5. Fungsi reproduksi

Memiliki anak dengan penuh perencanaan, bersepakat mengenai jarak kelahiran merupakan beberapa fungsi reproduksi. Selain itu keluarga, terutama orang tua juga dapat memberikan pendidikan seksual sejak dini kepada anak.

Hal tersebut dimaksudkan agar anak tidak salah langkah dalam menyikapi hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas.

6. Fungsi sosialisasi dan pendidikan

Untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera, pendidikan dalam keluarga juga harus menjadi salah satu prioritas utama. Pendidikan yang ditanamkan dalam keluarga sebagai bentuk bekal masa depan.

Pendidikan yang ditanamkan bukan hanya bertujuan untuk mencerdaskan saja, melainkan juga membentuk karakter anggota keluarga yang baik dan berakhlak mulia. Maka dari itu, penting bagi keluarga untuk mengajarkan besosialisasi dengan santun kepada anggota keluarganya.

7. Fungsi ekonomi

Keluarga merupakan tempat membina serta menanamkan nilai-nilai keuangan. Tak hanya itu, fungsi ekonomi dalam keluarga juga termasuk ke dalam perencanaan keuangan untuk memastikan bahwa kebutuhan selalu terpenuhi demi mewujudkan keluarga yang sejahtera.

8. Fungsi lingkungan

Keluarga adalah tempat pertama bagi anak dalam hal belajar berinteaksi ataupun beradaptasi. Bukan hanya pendidikan formal saja yang penting diajarkan, tetapi pendidikan mengenai lingkungan sekitar juga penting untuk diajarkan sejak dini kepada anak.

Menurut Rihlah, dengan berjalannya fungsi pembinaan lingkungan, keluarga dapat menciptakan lingkungan terbaik bagi generasi masa depan. Tak hanya itu, mengajarkan anak mengenai pentingnya keharmonisan keluarga juga penting untuk dilakukan.

Itulah beberapa informasi mengenai 8 fungsi keluarga. Menerapkan 8 fungsi keluarga tersebut merupakan cara untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan sejahtera. Selamat Hari Keluarga Nasional!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (2020). Diakses pada 29 Juni 2021. 8 Fungsi Keluarga, Modal Mencapai Kesejahteraan Keluarga 

Better Help (2020). Diakses pada 29 Juni 2021. What Is The Importance Of Family In Modern Society? 

Detik.com (2020). Diakses pada 29 Juni 2021. Jaga Ketahanan Keluarga dengan Memahami 8 Fungsi Keluarga Ini 

Indonesiabaik.id (2018). Diakses pada 29 Juni 2021. 8 Fungsi Utama Keluarga 

    register-docotr