Gizi Anak

Wajib Tahu, Ini Waktu Tepat MPASI untuk Bayi Prematur

August 4, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, makanan pendamping ASI (MPASI) juga menjadi hal penting. Namun apakah syarat memberikan MPASI pada bayi kelahiran prematur berbeda? Simak penjelasannya yuk, Moms!

Manfaat MPASI 

MPASI adalah salah satu asupan penting untuk kebutuhan harian bayi. Hal itu karena terdapat beberapa nutrisi pada MPASI yang tidak ada dalam kandungan ASI maupun susu formula. 

Buah hati perlu MPASI untuk melatih kemampuan otot oromotor yaitu otot-otot yang berada di mulut, kemampuan motorik, dan juga mencegah masalah gizi pada bayi. 

Pemberian MPASI juga menjadi waktu tepat untuk kamu mulai membiasakan makan makanan padat agar tidak susah mengonsumsi makanan lain. 

Namun kamu juga perlu berhati-hati, sangat disarankan untuk tidak terlalu cepat atau lambat. Hal itu dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan bayi.

Berikut ini beberapa hal yang terjadi jika terlalu cepat memberikan MPASI: 

  • Meningkatkan risiko tersedak karena motoriknya belum siap.
  • Terjadinya gangguan pencernaan, karena sistem pencernaan belum siap.
  • Menimbulkan risiko alergi, eksim, dan obesitas.

Namun apakah pemberian MPASI pada bayi prematur sama dengan bayi pada umumnya yaitu berusia 6 bulan? 

Baca juga: Perkembangan Bayi 6 Bulan: Mulai Konsumsi Makanan Padat Pertamanya

Kapan waktu MPASI pada bayi prematur? 

Dilansir dari Nutrition Education Materials Online, waktu untuk memulai makanan padat pada bayi prematur berbeda dari bayi pada umumnya yang lahir secara normal. 

Tak hanya itu, tentu saja juga memiliki nutrisi yang berbeda. Bayi prematur tidak harus dimulai saat usianya enam bulan atau tidak perlu menunggu tumbuhnya gigi untuk memulai makanan padat.

Penjelasan dari Efcni, hal itu karena bayi prematur tidak bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu. 

Oleh sebab itu, bayi prematur lebih membutuhkan suplemen gizi selain ASI. Otak, paru-paru dan ginjal masih berkembang dan karena itu membutuhkan nutrisi yang cukup. 

Protein tambahan akan ditambahkan untuk cukup mendukung perkembangan otak dan untuk mencapai berat badan yang normal.

Tulang yang tumbuh juga membutuhkan mineral seperti kalsium dan fosfor. Suplemen ini sangat penting untuk bayi prematur karena mereka melewatkan periode normal akumulasi mineral pada trimester ketiga kehamilan.

Sebenarnya sangat disarankan untuk memulai pemberian MPASI pada usia sekitar 5-7 bulan. Namun sebelum memulainya pastikan beberapa aturan berikut ini ya, Moms: 

  • Bisa angkat kepala dan duduk tanpa ditopang
  • Mulai tertarik ketika melihat orang dewasa mengonsumsi makanan
  • Mulai memasukkan mainan/jari ke mulut 
  • Aturan praktis yang disarankan oleh para ahli adalah memperkenalkan satu makanan baru pada bayi setiap dua hari sekali atau lebih. Tujuannya untuk melihat apakah bayi mengalami alergi atau tidak.

Moms, kamu juga perlu untuk melihat apakah buat hati memiliki alergi atau tidak biasanya ada perubahan reaksi dan tanda-tanda alergi yang mungkin ditunjukkan, seperti bersin-bersin, pilek, ruam, atau perubahan feses.

Bayi prematur juga bisa menunjukkan tanda-tanda alergi melalui perubahan suasana hati atau perilaku, seperti peningkatan kerewelan atau kesulitan tidur.

Kemudian nutrisi tambahan seperti MPASI juga bisa ditambahkan ke dalam ASI sebelum diberikan kepada bayi prematur. 

Tak hanya dengan cara disusui ada juga mereka yang melakukannya melalui selang makanan yaitu tabung kecil untuk memberikan nutrisi pada neonatus.

Cara tersebut akan dilakukan ketika seorang bayi tidak mampu menghisap dan menelan sendiri. 

Pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan gizi seorang bayi, para profesional kesehatan di unit perawatan intensif neonatal (NICU) bersama dengan orang tua akan mengambil keputusan terbaik untuk nutrisi bayi prematur. 

Biasanya terdapat formula khusus yang diperuntukkan bagi bayi prematur. Formula khusus ini mengandung energi, protein, dan mineral yang lebih tinggi daripada formula untuk bayi yang lahir tepat waktu untuk memenuhi persyaratan pertumbuhan mereka.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Efcni.org (2020) diakses 3 Agustus 2020. Nutritional needs of preterm babies
  2. Webmd.com (2020) diakses 3 Agustus 2020. Supplemental Feeding: What and Why
  3. Health.qld.gov.au (2019) diakses 3 Agustus 2020. Starting solids for preterm babies 
    register-docotr