Gizi Anak

Daftar Makanan Bayi 6 Bulan agar Cepat Gemuk, Apa Saja?

March 21, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Makanan bayi 6 bulan agar cepat gemuk perlu dipilih oleh orangtua dengan tepat. Hal ini dilakukan agar bayi mendapatkan nutrisi dan dapat tumbuh secara sehat melalui beberapa makanan pilihan.

Kenaikan berat badan bayi merupakan salah satu perhatian utama bagi kebanyakan orangtua. Nah, untuk mengetahui apa saja makanan bayi 6 bulan agar cepat gemuk, yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Daftar Makanan yang Tepat Diberikan saat Anak Mengalami Muntah Berat

Apa saja makanan bayi 6 bulan agar cepat gemuk?

Jika Moms merasa berat badan bayi tidak bertambah, maka perlu mencari bantuan dari dokter atau melakukan konsultasi laktasi. Biasanya, dokter dan konsultan akan bekerja sama untuk memetakan pertumbuhan bayi terhadap grafik pertumbuhan rata-rata.

Penting untuk mengetahui makanan yang cocok diberikan pada bayi 6 bulan untuk menambah berat badan dengan sehat. Dilansir dari Babydestination.com, berikut beberapa makanan yang bisa diberikan.

Air susu ibu atau ASI

ASI dianggap sebagai makanan terbaik untuk bayi. Kebanyakan dokter anak akan merekomendasikan ibu untuk menyusui bayinya dalam waktu satu jam setelah lahir dan memberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan.

Perlu diketahui, ASI dapat memberikan energi dan lemak sehingga cocok dijadikan sebagai makanan bayi 6 bulan agar cepat gemuk. Pola makan yang dikonsumsi ibu menyusui umumnya memengaruhi kualitas ASI.

Karena itu, ibu harus mengonsumsi makanan bergizi agar menghasilkan ASI berkualitas baik.

Pisang

Pisang merupakan sumber energi instan di mana memiliki kandungan kalium, vitamin B6, dan vitamin C yang bagus untuk bayi. Selain itu, sebagian besar buah ini juga terdiri dari karbohidrat sehingga dapat membantu menambah berat badan dengan cara yang sehat. 

Buah pisang dapat diberikan kepada bayi usia 6 bulan atau lebih. Namun, jika anak sudah berusia lebih dari 1 tahun maka bisa diberikan pisang dalam bentuk yang sudah diolah, seperti milkshake atau pun bubur.

Daging

Bayi berusia 6 bulan bisa mulai diperkenalkan makanan padat, termasuk daging. Tak hanya memperlancar penambahan berat badan, daging juga memberikan protein, fosfor, niacin, magnesium, vitamin B6 dan vitamin B12 untuk bayi.

Daging yang dapat dikenalkan adalah ayam dan kambing atau sapi. Makanan dengan olahan daging ini bisa diberikan dalam bentuk sop, dihaluskan, kaldu, atau rebusan yang mudah dimakan oleh bayi.

Ubi jalar

Ubi jalar tak hanya enak dimakan, namun juga kaya akan serat serta karbohidrat sehingga bagus untuk membantu bayi bertambah gemuk. Makanan satu ini mengandung magnesium, kalium, vitamin A, dan vitamin C sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Bayi berusia 6 bulan bisa diberikan ubij jalar dengan berbagai cara, seperti direbus ataupun dihaluskan. Perhatikan pemberian makanan pada bayi, terutama jika baru diperkenalkan makanan padat.

Telur

Telur dapat diandalkan sebagai makanan bayi 6 bulan agar cepat gemuk. Hal ini dikarenakan telur merupakan sumber protein yang sangat kaya dan juga mengandung vitamin A dan vitamin B12.

Keju

Cara sehat lain untuk menambah berat badan bayi 6 bulan adalah dengan memberikan keju. Perlu diketahui, keju mengandung kalsium, protein, fosfor, lemak baik, selenium, dan kalium yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi.

Tips memberi makan pada bayi

Asupan makanan untuk bayi tidak terbatas pada waktu makan dan camilan. Namun, kamu sebaiknya mempertimbangkan cara yang tepat untuk meningkatkan berat badan bayi, seperti berikut ini.

Jadwalkan pemberian makan

Ingatlah bahwa bayi lebih selaras dengan kebutuhannya sehingga jika lapar, maka segera berikan makanan. Seiring bertambahnya usia, kamu dapat mulai menetapkan waktu makan yang telah ditentukan.

Setelah bayi berusia 6 bulan atau lebih, jadwalkan pemberian makanan untuk mendorong kebiasaan sehat. Pastikan juga untuk menjadwalkan waktu ngemil di pagi dan sore hari karena perut kecil tidak memiliki banyak cadangan.

Kebersamaan waktu makan

Makan bersama keluarga secara kondusif dapat membuat bayi mudah menerima makanan baru. Minimalkan gangguan dengan mematikan ponsel dan TV saat makan. Membacakan cerita mungkin bisa menjadi cara terbaik untuk membuat bayi bisa menerima makanan.

Baca juga: Benarkah Zat Besi Bisa Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 15 Maret 2021. How To Increase Your Baby’s Weight
  2. Kidhealth.org (2019), diakses 15 Maret 2021. Your Baby’s Growth: 6 Months
  3. Babydestination.com, diakses 15 Maret 2021. 21 Weight Gain Foods for Babies (6 Month to 2 Years)
    register-docotr