Gizi Anak

Lemon untuk Bayi, Apakah Aman Dikonsumsi?

January 29, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memberikan asupan nutrisi untuk si Kecil merupakan hal penting agar kesehatan bayi tetap terjaga. Selain sayuran, ada banyak sekali buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi berlimpah, salah satunya adalah lemon.

Akan tetapi, amankah lemon jika diberikan pada bayi? Yuk Moms, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Waktu yang Tepat Bayi Boleh Makan Keju dan Tips Mengolahnya Jadi MPASI

Bolehkah memberikan lemon kepada bayi?

Moms, memberi lemon kepada bayi boleh dilakukan, asal Moms perlu memerhatikan usia si Kecil.

Perlu Moms ketahui bahwa satu buah lemon dengan berat 84 gram mengandung sekitar 45 mg vitamin C, atau setara dengan 90 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dari 50 mg untuk bayi 7-12 bulan.

Memenuhi asupan vitamin C untuk bayi itu penting, lho Moms. Sebab asupan vitamin C yang tercukupi dengan baik dapat membantu tubuh si Kecil menyerap zat besi, memproduksi kolagen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat membantu melawan efek berbahaya dari radikal bebas. Selain manfaatnya, jus lemon juga bisa menambah cita rasa pada makanan si Kecil.

Seorang ahli diet pediatrik Amy Chow, RD, mengatakan bahwa jus lemon adalah cara yang bagus untuk menambah rasa pada makanan bayi, sebab bayi tidak disarankan menggunakan garam tambahan sebelum usia 12 bulan.

Ragam manfaat lemon untuk bayi

Selain kandungan vitamin C, lemon juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain. Melansir dari laman Firstcry.com, 100 g lemon mengandung:

  • Serat: 2,8 g
  • Kalsium: 26 g
  • Protein: 1,10 g
  • Magnesium: 8 mg
  • Vitamin B-6: 0,080 mg
  • Karbohidrat: 9,32 g
  • Vitamin E: 0,15 mg
  • Zat besi: 0,60 mg
  • Vitamin A: 22 IU
  • Zinc: 0,06 mg

Selain itu, lemon yang disajikan dalam bentuk jus juga memiliki banyak nutrisi, di antaranya adalah:

1. Menjaga tubuh si Kecil terhidrasi dengan baik

Jus lemon dapat membantu untuk menghidrasi tubuh. Tak hanya itu, jus lemon juga dapat untuk memberikan vitamin dan mineral penting.

2. Membantu meredakan masalah pada sistem pencernaan

Manfaat lain dari jus lemon adalah dapat membantu meredakan masalah pada sistem pencernaan, misalnya saja dispepsia dan sembelit. Sebab, keasaman lemon memiliki banyak sifat antihelmentik yang dapat membunuh cacing pada usus.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jus lemon juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan vitamin C dalam lemon yang dapat memperkuat sistem kekebalan.

Baca juga: Bayi Bolehkah Makan Jamur di Menu MPASI? Ini Ulasan Lengkapnya!

Usia berapa bayi boleh minum lemon? Bagaimana penyajiannya?

Menurut American Academy of Pediatric (AAP), bayi boleh mengonsumsi makanan padat pada usia sekitar 6 bulan. Moms, dapat memperkenalkan lemon pada si Kecil pada usia 6 bulan, dengan cara memasukan sedikit jus lemon pada makanan pendamping ASI (MPASI).

Ketika memperkenalkan lemon pada si Kecil, sebaiknya lakukanlah secara perlahan, ya Moms. Perkenalkanlah terlebih dahulu lemon atau jus lemon dalam jumlah yang kecil, yakni sekitar satu tetes jus lemon dan tidak boleh lebih dari seperempat jus lemon dalam MPASI.

Cara lain untuk memperkenalkan lemon pada bayi adalah dengan menambahkan jus lemon pada makanan yang disukai si Kecil. Misalnya, jika si Kecil menyukai yoghurt, Moms dapat mencampurkan sedikit tetesan jus lemon pada plain yoghurt, dan sajikan dengan irisan kecil buah.

Saran penyajian lainnya

Memperkenalkan lemon pada bayi juga bisa dilakukan dengan cara lain lho Moms, seperti menambahkan sedikit perasan jus lemon pada sayuran yang dimasak atau dipanggang, misalnya saja brokoli, kacang hijau, ataupun kale.

Kedua, Moms dapat menambahkan sedikit tetesan jus lemon ke dalam air putih agar rasanya lebih menarik bagi si Kecil. Bayi juga dapat diperkenalkan dengan air putih di sekitar usia 6 bulan.

Moms, perhatikan ini ketika ingin memberikan lemon pada si Kecil

Lemon memang memiliki banyak manfaat, akan tetapi lemon juga mengandung asam sitrat, dan terkadang ini dapat menggangu sistem pencernaan bayi.

Moms tidak boleh memberikan jus lemon secara langsung dalam jumlah yang banyak. Sebab, jus lemon yang diminum secara langsung sangatlah asam.

Menurut Chow, seperti dilansir dari Healthline, jus lemon dapat menyebabkan iritasi pada kulit, memperburuk refluks atau ruam popok pada beberapa bayi jika dikonsumsi berlebihan.

Sebagai tambahan, AAP mengatakan bahwa bayi yang berusia di bawah 12 bulan tidak boleh meminum jus sama sekali. Sedangkan, bagi balita yang yang berusia 1-3 tahun diharuskan untuk membatasi konsumsi jus hingga 4 ons per hari.

Maka dari itu, jika Moms ingin memperkenalkan lemon, pastikanlah untuk memperkenalkannya secara bertahap dengan cara mencampurkan beberapa tetesan jus lemon pada makanan ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar gizi anak? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

American Academy of Pediatrics (2017). Diakses pada 28 Januari 2021. Weighing in on fruit juice: AAP now says no juice before age 1 

Healthline (2020). Diakses pada 28 Januari 2021. Is It OK to Give Lemon to Your Baby? 

Firstcry.com (2019). Diakses pada 28 Januari 2021. Are Lemons Safe for Babies? 

    Berita Terkait
    register-docotr