Gizi Anak

Bumbu Rahasia untuk Masakan si Kecil, Cek 5 Manfaat Minyak Wijen bagi Kesehatan

April 29, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Minyak wijen berasal dari ekstraksi biji wijen. Tanaman ini ditemukan pertama kali di Afrika Timur dan India, tetapi sekarang banyak tumbuh di berbagai negara di seluruh dunia.

Tak hanya memiliki rasa hangat dan pedas, minyak wijen juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang tinggi. Hal inilah yang membuatnya menjadi andalan setiap ibu ketika memasak untuk anaknya.

Namun, apakah minyak wijen punya manfaat lain selain membuat masakan menjadi lezat? Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang khasiat minyak wijen bagi kesehatan.

Baca juga: Minyak Goreng Harian Kamu Apakah Sudah Sehat? Cek Jenis yang Direkomendasikan dan yang Tidak

Nutrisi minyak wijen

Berikut adalah informasi kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu sendok makan minyak wijen:

  • Kalori: 120
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 14 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram

Minyak wijen juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang merupakan lemak tak jenuh ganda.

Keduanya adalah asam lemak esensial yang membantu mencegah beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Mereka juga membantu meningkatkan fungsi kekebalan.

Manfaat minyak wijen bagi tubuh

Selain bisa menjadi resep rahasia untuk membuat anak lahap ketika makan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa khasiat minyak wijen yang bisa diperoleh oleh tubuh:

1. Tinggi antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. Akumulasi radikal bebas di sel tubuh dapat menyebabkan peradangan dan berbagai penyakit.

Minyak wijen mengandung sesamol dan sesaminol yang merupakan antioksidan berdampak kuat pada kesehatan.

Sebuah studi satu bulan pada tikus menemukan fakta, bahwa mengonsumsi suplemen minyak wijen dapat membuat tikus terlindung dari kerusakan sel, dengan menghambat senyawa penghasil radikal bebas.

2. Menyembuhkan luka

Minyak wijen juga dapat digunakan secara topikal untuk luka teriris maupun terbakar. Ini sangat pas untuk digunakan sebagai pengobatan alami ketika si Kecil terjatuh atau mengalami luka lainnya.

Dalam satu penelitian pada tikus, pengobatan topikal dengan minyak wijen ozonasi dikaitkan dengan tingkat kolagen yang lebih tinggi di jaringan luka. Kolagen adalah protein struktural yang diperlukan untuk penyembuhan luka.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Studi menunjukkan bahwa meneteskan minyak wijen di dahi 20 peserta selama tujuh sesi. Di mana masing-masing terdiri dari 30 menit selama 2 minggu, mampu meningkatkan kualitas tidur dengan signifikan.

Tips ini merupakan cara alami yang bisa dicoba ketika anak mengalami kesulitan untuk tidur.

4. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Dilansir dari Web MD, beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam minyak wijen dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Minyak wijen diperkirakan mampu menahan hingga 30 persen sinar UV, sementara minyak lain hanya tahan hingga 20 persen.

5. Baik untuk kesehatan rambut

Kandungan vitamin E dalam minyak wijen dapat bermanfaat bagi rambut si Kecil. Satu studi menemukan bahwa suplemen yang mengandung minyak wijen dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kilau rambut.

Tips mengolah minyak wijen saat memasak

Minyak wijen terbukti bisa menambahkan rasa yang lezat dan pedas pada berbagai macam hidangan. Ini adalah bahan yang populer dalam masakan Asia dan Timur Tengah.

Ada beberapa jenis minyak wijen di mana masing-masing menawarkan rasa dan aroma yang sedikit berbeda.

  1. Wijen mentah berwarna terang, menawarkan rasa pedas, dan paling baik digunakan saat memasak dengan api kecil hingga sedang.
  2. Minyak wijen olahan, yang lebih banyak diproses, memiliki rasa netral dan paling baik untuk menggoreng atau menumis.
  3. Minyak wijen panggang memiliki warna coklat tua dan rasa lembut yang paling cocok untuk dressing dan marinade.

Takaran yang tepat saat menggunakan minyak wijen

Untuk memasak, menambahkan 1/2 sendok teh minyak wijen cukup membuat hidangan apapun terasa lezat dan beraroma.

Jika kamu hendak memakainya untuk perawatan kulit, kamu bisa menggunakannya tanpa perlu diencerkan terlebih dahulu. Ini karena minyak wijen bukanlah minyak esensial.

Terakhir apabila kamu menggunakan minyak wijen untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat, oleskan secukupnya ke area yang terkena dengan bola kapas, dan biarkan semalaman lalu bersihkan di pagi hari.

Konsultasikan masalah kesehatanmu dengan mitra dokter kami. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

The Woks of Life, diakses pada 28 April 2021

Healthline, diakses pada 28 April 2021

Healthline, diakses pada 28 April 2021

Web MD, diakses pada 28 April 2021

 

    register-docotr