Gizi Anak

6 Cara Menyenangkan Memenuhi Kebutuhan Serat Harian si Kecil

August 6, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Saat mengunjungi dokter, para ayah dan ibu seringkali menyuarakan keprihatinan mereka tentang anaknya yang jarang makan makanan berserat.

Padahal selain baik untuk kesehatan sistem pencernaan si Kecil, serat juga sangat berperan dalam mendukung tumbuh kembang mereka agar semakin optimal.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Moms bisa mencoba menerapkan beberapa cara menyenangkan di bawah. Semoga membantu agar anak tak sulit lagi makan makanan berserat setiap hari.

Baca juga: Catat, Ini 10 Cara Mengatasi Speech Delay pada Anak di Rumah

Pentingnya serat bagi pertumbuhan anak

Dilansir dari Kidshealth, makanan yang kaya serat dapat membantu mencegah atau meredakan sembelit pada si Kecil. Ini juga bisa meningkatkan perasaan kenyang, yang membantu anak mengontrol berat badan secara sehat.

Tak hanya itu serat juga merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang sangat diperlukan agar tumbuh kembang si Kecil menjadi semakin optimal.

Berapa banyak konsumsi serat yang dianjurkan untuk anak-anak?

Ada dua jenis serat yakni serat larut yang bisa ditemukan terutama dalam buah-buahan dan sayuran, dan serat tidak larut, yang ditemukan terutama dalam sereal dan biji-bijian. Keduanya sama-sama diperlukan si Kecil dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, panduan kebutuhan serat yang diperlukan oleh anak balita usia 1 sampai 3 tahun setiap hari adalah 19 gram serat per hari. Sementara balita usia 4 hingga 6 tahun memerlukan serat sebanyak sekitar 20 gram sehari.

Tips menambahkan asupan serat dalam makanan anak sehari-hari

Sangat penting memastikan anak mendapatkan serat dari berbagai sumber, karena jika hanya makan serat dari satu jenis makanan, itu tidak akan memberinya asupan nutrisi seimbang yang sehat.

Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan asupan serat  si Kecil secara beragam, seperti:

1. Ajak anak memilih makanan

Melibatkan anak dalam berbelanja, memilih, dan menyiapkan makanan adalah salah satu kunci agar ia mau makan makanan berserat yang bermacam-macam.

Tawarkan berbagai pilihan saat makan dan hindari metode pemaksaan. Jaga agar waktu makan makanan berserat tetap terasa menyenangkan.

2. Pilih sereal sarapan berserat tinggi

Misalnya seperti biskuit gandum utuh, atau bubur oatmeal, karena gandum juga merupakan sumber serat yang sangat baik.

3. Buat sebagai makanan ringan

Cobalah menjadikan buah segar, stik sayur, keripik ubi, kue gandum, dan kacang-kacangan sebagai menu camilan saat si Kecil beristirahat dari aktivitasnya.

4. Jadikan pencuci mulut

Makan buah segar, kering, atau bahkan buah kalengan dalam jus alami untuk pencuci mulut adalah trik yang menarik untuk dicoba agar anak mau mengonsumsi serat.

Tapi karena buah kering lengket dan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, jadi lebih baik  hanya dimakan sebagai bagian dari waktu makan utama, daripada sebagai camilan di antara waktu makan.

5. Tambahkan kacang-kacangan sebagai makanan berserat

Saat memasak sup atau tumisan, jangan hanya memasukan sayuran dan sumber protein di dalamnya. Tapi coba tambahkan juga kacang-kacangan seperti, lentil atau buncis untuk menambahkan kandungan serat didalamnya.

6. Atur jadwal makan serat secara teratur

Membuat rutinitas waktu makan serat secara teratur akan membantu si Kecil membiasakan diri memakan mineral yang satu ini dengan cara menyenangkan.

Agar anak tidak merasa bosan, bisa menyiasati jadwal makan serat ini dengan menyajikan berbagai makanan berserat. Misalnya seperti buah-buahan, sayuran, dan susu berserat tinggi.

Penuhi asupan serat harian anak dengan Bebelac GOLD

Kini ada susu Bebelac GOLD yang merupakan satu-satunya susu tinggi serat dengan Advansfibre serta FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch) dan kaya nutrisi tepat untuk mendukung kesehatan pencernaan dan tumbuh optimal si Kecil.

Dengan 3 gelas Bebelac GOLD sehari, dapat membantu memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan serat harian anak. Kali ini, Bebelac Gold lagi ada Tantangan 21 Hari Makan Serat. Yuk, ikutan tantangannya dan menangkan hadiahnya dengan menerapkan Jam Makan Serat.

Ayah dan Ibu bisa menerapkan Jam Makan Serat pada si Kecil dengan memberikan segelas Bebelac GOLD bersama dengan makanan kaya serat seperti buah dan sayuran di Jam Makan Serat, yaitu setiap jam 10 pagi, 2 siang, dan 8 malam. Bantu si Kecil membentuk kebiasaan baik makan serat untuk dukung tumbuh hebatnya!

Untuk info lebih lanjut, bisa cek Instagram @bebeclub.

Reference

Referensi:

Healthy Children diakses pada 9 Juni 2021

Web MD diakses pada 9 Juni 2021

NHS.uk diakses pada 9 Juni 2021

Kidspluspgh diakses pada 9 Juni 2021

Kids Health diakses pada 9 Juni 2021

Cleveland Clinic diakses pada 9 Juni 2021

Healthline diakses pada 9 Juni 2021

CDC diakses pada 9 Juni 2021

Kementerian Kesehatan diakses pada 9 Juni 2021

    register-docotr