Kesehatan Wanita

Benarkah Tidur Tanpa Bra Lebih Sehat? Yuk, Cek Fakta Lengkapnya!

October 14, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Setiap 13 Oktober selalu diperingati sebagai hari tanpa bra atau No Bra Day. Peringatan ini ditujukan untuk menaikkan awareness masyarakat mengenai kanker payudara.

Salah satu yang kerap dibahas terkait no bra day adalah soal pentingnya melepas bra sebelum pergi tidur.

Namun, apa benar tidur tanpa menggunakan bra itu lebih sehat? Lalu bagaimana cara memilih dan menggunakan bra yang baik dan sehat? Berikut penjelasannya.

Benarkah tidur tanpa bra lebih sehat?

Tidak ada salahnya memakai bra saat kamu tidur jika itu yang membuat kamu nyaman. Beberapa dokter bahkan mungkin merekomendasikannya ketika payudara terasa sangat sakit.

Kamu mungkin pernah mendengar berbagai macam rumor, baik positif maupun negatif, tentang memakai bra di malam hari. Namun kenyataannya, tidak ada dasar ilmiah untuk semua itu.

Tidur dengan bra tidak akan membuat payudara menjadi lebih kencang atau mencegahnya kendor. Dan tidak pula menyebabkan kamu berisiko terkena kanker atau menghambat pertumbuhan payudara. 

Beberapa wanita ingin memakai bra saat tidur karena menurut mereka lebih nyaman. Cara terbaik adalah dengan memilih bra ringan tanpa kawat. Bra yang kamu pilih untuk tidur tidak boleh terlalu ketat yang dapat mengganggu tidur atau menyebabkan iritasi pada payudara.

Baca Juga : Payudara Kamu Alami Perubahan Bentuk? Ternyata Ini Penyebabnya!

Manfaat tidur tanpa bra

Meskipun semua kembali kepada kenyamanan masing-masing, namun nyatanya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika tidur tanpa bra.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika tidur tanpa bra:

1. Meningkatkan sirkulasi

Saat berbaring, saluran udara bagian atas menjadi lebih sempit, sehingga lebih sulit bagi udara untuk mencapai paru-paru. Bra dan pakaian dalam yang ketat semakin membatasi pergerakan udara di dada.

Dengan mengenakan bra saat tidur, tulang rusuk tidak bisa mengembang sepenuhnya secara bebas. Tidur dengan bra dapat membuat pernapasan lebih tertahan dan dangkal, sehingga menurunkan asupan oksigen.

Sementara di sisi lain, tidur tanpa bra memungkinkan kamu untuk bernapas (dan istirahat) dengan lebih mudah dan nyaman.

2. Cegah pigmentasi atau luka

Tidur dengan mengenakan bra bisa menyebabkan pigmentasi atau iritasi kulit di area di mana pita atau kawat elastis bra bersentuhan dengan kulit yang lembut.

Kulit mungkin terasa gatal dan sakit karena kawat bawah bra dapat menembus kulit yang lembut. Luka akibat gesekan ini juga bisa berubah warna atau menimbulkan bercak dan bintik. Oleh karena itu, sebaiknya kenakan bra yang longgar dan lembut saat tidur.

Baca Juga : Mengenal Infeksi Mastitis pada Payudara: Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatannya

3. Kebersihan yang lebih baik

Mengenakan bra ke tempat tidur (terutama saat cuaca hangat) dapat menyebabkan suhu tubuh kamu meningkat dan menyebabkan kamu berkeringat.

Penumpukan keringat di bra bisa menyebabkan bau badan dan jerawat badan. Melepas bra sebelum tidur dapat membantu menjaga kulit tetap bersih. Sebaiknya hindari bra dengan bahan sintetis seperti poliester karena dapat menyebabkan produksi keringat berlebih.

4. Cegah penyumbatan limfatik

Menggunakan bra terutama yang ketat dapat merusak sistem limfatik. Tekanan dari bra dapat membatasi kelenjar getah bening yang ada di area payudara dan ketiak.

Kelenjar ini punya fungsi untuk menyaring dan mengalirkan limbah beracun keluar dari tubuh dan merupakan pertahanan tubuh kita terhadap benda asing dan infeksi.

Drainase getah bening yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada fungsi normal ginjal, hati, dan organ tubuh lainnya.

5. Memberikan waktu payudara untuk beristirahat

Setelah menggunakan bra dalam waktu lama di siang hari, penting untuk mengistirahatkan payudara kamu.

Melepas bra saat tidur dapat membantu menghindari pembengkakan, penumpukan cairan, dan meningkatkan aliran darah.

Baca Juga : Daftar Makanan yang Bisa Memperbesar Payudara secara Alami, Simak Apa Saja!

Tips penggunaan bra yang sehat

Kunci penting dalam penggunaan bra adalah pemilihan ukuran yang tepat. Melansir Tufts Medical Center, survei menunjukkan 60 hingga 80 persen wanita tidak memakai bra yang pas.

Pemilihan bra yang kurang tepat ini bisa sebabkan berbagai masalah. Mulai dari nyeri payudara, sakit punggung, nyeri bayu, nyeri leher, bahkan sampai sakit kepala.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih bra yang tepat:

1. Pemilihan bahan

Pilihlah bahan bra yang nyaman di kulit, apalagi kalau kamu punya kulit yang sensitif. Coba cari bra dengan bahan seperti katun yang memungkinkan udara bersirkulasi dengan baik.

2. Ukuran yang tepat

Saat akan membeli bra baru, jangan beli dengan patokan ukuran yang sama seperti saat kamu berbelanja bra sebelumnya.

Sebab payudara kamu pasti sudah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Kamu bisa memilih toko bra yang memiliki staf terlatih agar bisa membantu kamu menemukan bra dengan ukuran yang tepat.

Pastikan bra memiliki ukuran yang pas dengan tali yang tidak terlalu ketat atau longgar. Payudara tidak boleh menonjol dari atas atau samping dan bra juga tidak boleh terlihat berkerut.

Baca Juga : Yuk, Kencangkan Payudara Kamu dengan 8 Langkah Berikut Ini

3. Hindari bra dengan kawat

Sebisa mungkin hindari bra underwired atau bra dengan kawat. Tetapi jika kamu membutuhkan jenis bra dengan kawat untuk mendukung penampilan, jangan ragu pilih bra dengan kualitas terbaik meskipun harganya lebih mahal.

Kawat yang murah atau ketat dapat masuk ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi kulit, iritasi, atau bahkan sakit kepala.

4. Pilih bra sesuai jenis aktivitas

Bra untuk ke pesta tidak bisa dipakai untuk pergi ke gym, begitupun sebaliknya. Ada baiknya kamu memiliki beberapa jenis bra untuk tujuan aktivitas tertentu.

Mulai dari bra untuk sehari-hari, bra untuk olahraga, bra untuk pergi ke pesta, atau bahkan bra untuk pergi tidur sekalipun.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

John Hopkins Medicine. Diakses pada 13 Oktober 2020. Is It OK to Wear a Bra While Sleeping?

Firtstcry Parenting. Diakses pada 13 Oktober 2020. 10 Important Reasons Why You Shouldn’t Wear a Bra to Bed

Flo Health. Diakses pada 13 Oktober 2020. Wearing a Bra at Night: Is Sleeping in a Bra Harmful?

Tufts Medical Center. Diakses pada 13 Oktober 2020. Tips to find a bra that fits – and boosts your health

Clovia. Diakses pada 13 Oktober 2020. Which Type of Bra is Good for Your Health

    register-docotr