Kesehatan Wanita

Payudara Kamu Kendur? Mungkin Ini Penyebabnya

September 1, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memiliki payudara yang kencang dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Tetapi ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari malah membuat payudara menjadi kendur.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab payudara kamu menjadi kendur.

Kebiasaan buruk yang membuat payudara kendur

Beberapa penyebab payudara kendur yang menjadi kebiasaan kamu sehari-hari, antara lain:

Diet tidak sehat

Diet biasanya bertujuan untuk menurunkan berat badan hingga mengontrol kadar nutrisi tertentu di dalam tubuh. Tetapi kamu harus hati-hati melakukannya karena penurunan berat badan terlalu drastis membuat jaringan payudara menjadi kendur.

Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan, ternyata rokok juga dapat membuat payudara menjadi kendur. Merokok dapat membuat kulit menua sebab mengurangi aliran darah ke permukaan kulit. Dengan begitu, payudara akan mengendur.

Tidur tengkurap

Meski bagi sebagian tidur tengkurap adalah hal yang membuat nyaman, ternyata kebiasaan buruk ini dapat membuat payudara menjadi kendur. Tengkurap merupakan salah satu posisi yang sering dilakukan saat tidur.

Hal ini dikarenakan posisi tengkurap selama berjam-jam akan menyebabkan ligamen payudara menjadi kendur.

Ukuran bra yang tidak sesuai

Buat kamu yang sering menggunakan bra yang tidak sesuai dengan ukuran, usahakan untuk tidak melakukan kebiasaan ini lagi. Menggunakan bra yang tidak sesuai ukuran ternyata dapat membuat payudara mengendur.

Tidak menggunakan bra

Ini adalah kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan oleh para perempuan. Perilaku ini masih kerap dilakukan oleh beberapa perempuan. Jika kamu menggunakan bra dapat meminimalisir pengenduran pada jaringan kulit di sekitar area payudara.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi lemak dapat menyebabkan obesitas dan timbunan lemak berlebih dalam tubuh. Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang cukup banyak terdapat kelenjar lemak di dalamnya.

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan manis dan berlemak dalam porsi berlebih. Mulailah menjalani pola hidup sehat termasuk mengatur pola makan.

Olahraga terlalu berat

Meski olahraga baik untuk kesehatan tubuh kamu, tetapi olahraga terlalu berat dapat menyebabkan payudara menjadi kendur. 

Hal ini dikarenakan saat tubuh kamu bergerak terlalu ekstrem, bagian payudara ikut bergoyang lebih keras atau lebih lama. Jika kondisi ini terus-menerus terjadi maka dapat merusak kolagen yang berfungsi menjaga kekenyalan payudara.

Diusahakan untuk berolahraga secukupnya saja, jangan memaksakan diri hanya karena ingin hasil instan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan namun rutin agar dapat mendapatkan hasil maksimal.

Cara mencegah payudara agar tidak kendur

Agar payudara tidak kendur ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, di antaranya adalah:

Rutin berolahraga

Selain baik untuk kesehatan, ternyata olahraga dapat membuat payudara menjadi lebih kencang. Latihan yang berpusat pada otot triceps dapat membantu memberikan tekanan pada dada. 

Selain itu, latihan ini efektif untuk menjaga kekuatan area dada dan tentunya menjaga bentuk payudara agar tetap kencang.

Perhatikan posisi tidur

Kebiasaan tidur dengan posisi miring ternyata berisiko mempercepat payudara kendur lho. Usahakan untuk tidur terlentang atau gunakan guling di antara payudara kalau kamu punya kebiasaan tidur miring.

Gunakan bra dengan ukuran yang tepat

Usahakan kamu menggunakan bra dengan ukurang yang tepat untuk memberikan support pada payudara, terutama bila kamu sedang berolahraga.

Sport bra dengan ukuran yang pas akan mengurangi pergerakan payudara, sehingga dapat mencegah payudara kendur.

Berhenti merokok

Kamu juga harus berhenti melakukan kebiasaan buruk ini. Hal ini dikarenakan merokok mengakibatkan penuaan dini dan mempercepat payudara kendur.

Minum air putih

Kamu harus minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat kencang, sehat, dan elastis. 

Selain itu, air putih dapat memperkuat tubuh, serta menjaga kekuatan kulit dan mengencangkan jaringan payudara. Usahakn untuk minum air putih sekitar 1,8 liter per hari untuk membantu menjaga kekencangan kulit secara alami.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. womenshealthsa.co.za (2017) diakses 1 September 2020. 5 Everyday Habits That Are Causing Your Boobs To Sag. 1 September 2020 pukul 19.00.
  2. healthcarebusinesstoday.com (2018) diakses 1 September 2o20. 5 Daily Habits That Will Make Your Boobs Sag (#3 is the Most Common). 1 September 2020 pukul 19.30.
  3. healthline.com (2017) diakses 1 September 2020. Treating Saggy Breasts. 1 September 2020 pukul 19.45.
    Berita Terkait
    register-docotr