Kesehatan Wanita

Tak Cuma Bisa Menambah Nafsu Makan, Temulawak Juga Bermanfaat untuk Rahim

January 24, 2021 | Nanda Hadiyanti
feature image

Temulawak atau yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza adalah salah satu tanaman yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya manfaat temulawak untuk rahim.

Seperti apa manfaat tersebut dan sejauh apa penelitian mendukung penggunaan temulawak tersebut? Yuk, simak ulasan berikut untuk lebih mengenal tumbuhan herbal ini, mulai dari manfaat untuk rahim dan manfaat untuk kesehatan lainnya.

Mengenal tentang temulawak

Temulawak seringkali disebut juga dengan nama javanese turmeric, dikarenakan bentuk dan warnanya yang menyerupai kunyit. Namun sebenarnya kunyit dan temulawak adalah tumbuhan yang berbeda.

Temulawak merupakan tumbuhan asli Indonesia dan dapat tumbuh di negara lain seperti Filipina, Thailand, Sri Lanka dan Malaysia. Tanaman herbal ini banyak digunakan sebagai bahan campuran jamu.

Temulawak dan manfaat kesehatan

Sebagaimana yang tertulis dalam sebuah penelitian, bahwa temulawak dikonsumsi jamu karena dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Seperti penyakit pada hati, konstipasi, diare berdarah, disentri, hemoroid, demam pada anak dan skin erupsi.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan, khususnya manfaat untuk rahim? Berikut penjelasannya:

Manfaat temulawak untuk rahim

Meski belum banyak penelitian, namun beberapa jurnal mengacu pada penggunaan temulawak yang membawa manfaat untuk kesehatan rahim. Berikut beberapa penggunaan temulawak dan manfaatnya untuk rahim:

1. Manfaat temulawak untuk rahim pada ibu yang baru melahirkan

Dalam sebuah jurnal disebutkan jika temulawak menjadi salah satu dari 40 jenis herbal yang digunakan untuk membantu proses penyembuhan setelah melahirkan.

Temulawak dijadikan ramuan bersama 39 jenis herbal lainnya, seperti jahe, alang-alang dan lain-lain dengan cara dijadikan satu dan direbus. Kemudian air rebusan diminum oleh ibu yang baru melahirkan.

Hal ini senada dengan sebuah penelitian yang menyatakan jika temulawak memiliki manfaat untuk ibu yang baru melahirkan. Karena kandungannya, temulawak dipercaya bisa mencegah peradangan rahim pada ibu yang baru melahirkan.

2. Melancarkan sirkulasi darah setelah melahirkan

Meski tidak secara khusus merujuk manfaat temulawak untuk rahim, namun sebuah jurnal mengaitkan manfaat herbal ini dengan kondisi setelah melahirkan. Disebutkan bahwa temulawak dipercaya sebagai salah satu tanaman yang membantu melancarkan sirkulasi darah selama masa nifas.

Temulawak dijadikan ramuan bersama tanaman lain seperti daun kumis kucing, akar alang-alang, akar pisang dan phyllanthus niruri linn.

3. Berpotensi digunakan untuk pengobatan endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ditemukannya jaringan di dalam rahim yang tumbuh di luar rahim. Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan mungkin dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Sementara temulawak diketahui sebagai salah satu tumbuhan dengan rimpang yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, ada kemungkinan jika ada manfaat temulawak untuk rahim.

Penelitian lain juga menyebutkan jika kandungan kurkumin juga bermanfaat untuk endometriosis. Di mana kandungan tersebut dapat menurunkan peradangan dan stres oksidatif pada kasus endometriosis.

4. Dapat digunakan untuk membantu mengatasi fibroid

Selain itu, ada kemungkinan manfaat temulawak untuk rahim lainnya seperti untuk mengurangi fibroid. Ini merupakan jaringan yang tumbuh di rahim. Sebuah penelitian juga mengungkapkan jika kandungan antioksidan mampu mengurangi fibroid.

Meski tidak secara spesifik menyebutkan kandungan antioksidan dari temulawak, tapi bahan herbal ini dikenal kaya akan kandungan antioksidannya.

5. Bermanfaat untuk kanker endometrium

Sebuah jurnal menunjukkan beberapa manfaat kandungan kurkumin yang terkandung dalam beberapa obat herbal, salah satunya temulawak. Dalam jurnal tersebut, tertulis jika kurkumin terlihat dapat membantu pengobatan kanker sensitif estrogen, salah satunya adalah kanker endometrium.

Kanker endometrium adalah sebutan untuk kanker yang ditemukan atau muncul di lapisan rahim. Kanker ini muncul pada lapisan (endometrium) yang ada di rahim. 

6. Dapat dikembangkan untuk mengatasi kontraksi

Sebuah penelitian pada tikus menujukkan hasil, kandungan kurkumin yang terdapat pada temulawak, dapat membantu mengurangi kontraksi rahim pada tikus yang tidak hamil.  

Namun penelitian tersebut masih terbatas, sehingga masih dibutuhkan penelitian lain untuk mengembangkan potensi kurkumin untuk mengurangi terjadinya kontraksi rahim.

Manfaat temulawak untuk kesehatan secara umum

Di luar manfaat temulawak untuk rahim, rimpang berwarna kuning yang mirip dengan kunyit itu dikenal memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaat temulawak lainnya?

  • Untuk mengatasi radang sendi. Memiliki sifat antiinflamasi, temulawak dipercaya dapat meredakan keluhan salah satu jenis radang sendi, yaitu osteoartritis.
  • Mencegah penyakit jantung. Sel endotel yang kurang optimal menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Penelitian mengungkap jika kurkumin mungkin dapat meningkatkan fungsi endotel. Kurkumin adalah kandungan terbesar dalam temulawak.
  • Baik untuk lambung. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan fenol, flavonoid dan kurkumin sebagai antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan mukosa lambung. Temulawak juga dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan tertentu lainnya.
  • Untuk kesehatan hati. Kandungan kurkumin dari temulawak juga dipercaya dapat menjadi obat yang baik untuk penyakit liver, termasuk mencegah sel-sel hati berlemak.
  • Meningkatkan nafsu makan. Penggunaan temulawak untuk jamu penambah nafsu makan adalah hal yang sangat umum. Ini karena temulawak membantu proses pengosongan perut, sehingga membuat orang ingin kembali mengisi perut.
  • Mendukung produksi ASI. Manfaat ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Hasil penelitian itu menyebutkan temulawak dapat meningkatkan hasil produksi ASI yang signifikan pada ibu yang baru melahirkan.

Selain daftar tersebut, ada manfaat-manfaat lain temulawak dalam pengobatan tradisional, seperti untuk diabetes, hipertensi dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Meski masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut, namun khasiatnya tetap dipercaya dapat membantu penyembuhan sejumlah gangguan kesehatan.

Demikian informasi manfaat temulawak untuk rahim dan manfaat lainnya untuk kesehatan.

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Webmd, diakses 17 Januari 2021
Javanese Turmeric
E-Journal Biologi LIPI, diakses 17 Januari 2021
The Ethnobotanical Study of Postpartum Concoction on Enggano People
Natural B, diakses 17 Januari 2021
Inventarisasi Tumbuhan Obat di Kampung Adat Urug, Desa Urug, Kecamatan Sukajaya,Kabupaten Bogor
Medical Journal of Lampung University, diakses 17 Januari 2021
Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) Sebagai Pencegah Kerusakan Mukosa Lambung
Healthline, diakses 17 Januari 2021
10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin
PMC, diakses 17 Januari 2021
Curcumin: A Review of Its’ Effects on Human Health
Kemkes B2P2TOOT, diakses 17 Januari 2021
100 Top Tanaman Obat
Ejournal.lucp.net, diakses 17 Januari 2021
The Effect of Temulawak (Curcuma xanthorrhiza or Javanese Ginger) on the Breast Milk Production of Post Partum Mom
Healthbenefitstimes, diakses 17 Januari 2021
Health benefits of Javanese Turmeric

    register-docotr