Kesehatan Wanita

Makanan Pantangan Kista Payudara yang Perlu Dihindari, Wanita Wajib Tahu!

April 18, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kista payudara adalah salah satu penyebab paling umum dari benjolan di payudara. Pada sebagian kasus, kista dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman. Untuk meredakan gejala, ada beberapa makanan pantangan kista payudara yang sebaiknya dihindari, apa saja?

Baca juga: Apakah Penyakit Kista Payudara Dapat Meningkatkan Risiko Kanker?

Mengenal kista payudara

Kista payudara (breast cyst) adalah kantung berisi cairan yang terdapat di dalam payudara. Selain itu, kista payudara dapat berkembang di salah satu atau kedua payudara.

Kista payudara bersifat non-kanker (jinak). Diperkirakan kista payudara berkembang ketika payudara mengalami perubahan seiring bertambahnya usia akibat perubahan pada kadar hormon. Kista payudara dapat memengaruhi wanita pada segala usia.

Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang belum memasuki masa menopause, biasanya berusia di bawah 50 tahun.

Gejala kista payudara

Berikut ini adalah tanda dan gejala kista payudara yang perlu kamu ketahui.

  • Benjolan yang berbentuk bulat atau oval dan mudah untuk digerakkan
  • Keluarnya cairan dari puting susu yang berwarna bening, kuning, kekuningan, atau coklat tua
  • Rasa nyeri di area benjolan payudara
  • Peningkatan ukuran benjolan payudara dan nyeri payudara tepat sebelum menstruasi
  • Penurunan ukuran benjolan payudara dan gejala lain setelah menstruasi

Apa penyebab kista payudara?

Perlu kamu ketahui bahwa masing-masing payudara memiliki lobus jaringan kelenjar, yang tersusun seperti kelopak bunga aster. Lobus dibagi menjadi lobulus yang lebih kecil yang memproduksi susu selama masa kehamilan dan menyusui.

Jaringan pendukung yang membentuk payudara terdiri dari jaringan lemak dan jaringan ikat fibrosa. Nah, kista payudara dapat berkembang karena penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara.

Pada dasarnya, penyebab pasti kista payudara masih belum diketahui. Namun, disebutkan bahwa kondisi ini mungkin berkembang akibat perubahan hormonal dari menstruasi.

Baca juga: 9 Faktor Penyebab Puting Payudara Mengeras, Berbahayakah?

Makanan pantangan kista payudara

Berdasarkan Breast Cancer Now, kebanyakan kista sembuh dengan sendirinya. Namun, penting juga bagi kamu untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk meredakan gejala yang ditimbulkan oleh kista, misalnya saja dengan menghindari atau membatasi konsumsi makanan tertentu.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan pantangan kista payudara yang perlu kamu ketahui.

1. Makanan dengan kandungan lemak jenuh

Makanan pantangan kista payudara pertama yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Brown University melaporkan bahwa terdapat keterkaitan antara lemak jenuh dan penyakit payudara fibrokistik (fibrokistik payudara).

Fibrokistik payudara sendiri terdiri dari jaringan yang terasa kenyal atau seperti kumpulan tali. Ketika diperiksa di bawah mikorskop, jaringan fibrokistik payudara mencakup beberapa komponen, salah satunya adalah kantung bulat atau oval berisi cairan (kista).

Asupan lemak jenuh yang meningkat dapat menyebabkan risiko kondisi tersebut lebih tinggi. Maka sebaiknya hindarilah makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, seperti daging berlemak atau produk susu tinggi lemak.

2. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi, salah satu makanan pantangan kista payudara

Makanan pantangan kista payudara selanjutnya adalah yang memiliki kandungan garam tinggi. Women’s Health Network mengatakan bahwa mengurangi kadar garam dalam makanan dapat membantu mengurangi cairan yang tertahan dan ukuran kista.

Apabila kamu ingin menggunakan garam pada makanan, sebaiknya pilihlah garam beryodium dibandingkan dengan garam yang tidak beryodium.

Sebab, menurut University of Maryland Medical Center, kekurangan yodium telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kista payudara. Seperti dikutip dari Livestrong.com.

3. Daging merah

Menurut American Cancer Society, seperti dikutip dari Medical News Today, kista sederhana tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, ada kemungkinan kecil bahwa kista kompleks mungkin mengandung kanker atau meningkatkan risiko kanker di kemudian hari, bergantung pada hasil biopsi.

Untuk mencegah hal tersebut, terdapat makanan yang meningkatkan risiko kanker dan harus dihindari, seperti daging merah.

Beberapa penelitian telah menemukan keterkaitan antara daging merah dan peningkatan risiko kanker payudara, terutama jika dimasak pada suhu tinggi, yang mana dapat memicu pelepasan racun.

Selain makanan, ini minuman pantangan kista

Tak hanya makanan saja yang harus dihindari konsumsinya, akan tetapi kamu juga harus mengetahui minuman pantangan kista payudara, seperti minuman berkafein. Studi memang belum menunjukkan kaitan antara kafein dan kista payudara.

Namun, beberapa wanita dengan kondisi ini menemukan gejala mereda setelah menghindari konsumsi kafein. Oleh karena itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk membatasi atau menghindari kafein dalam minuman, atau dalam makanan, seperti cokelat.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan dan minuman pantangan kista payudara, Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya seputar makanan atau minuman yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Breast Cancer Now (2019). Diakses pada 14 April 2021. Breast cysts

Brown University. Diakses pada 14 April 2021. Nodular Sensitive Breasts 

Livestrong.com. Diakses pada 14 April 2021. Which Foods Should You Avoid With Fibrocystic Disease? 

Women’s Health Network (2013). Diakses pada 14 April 2021. What to do when you find a breast lump 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 14 April 2021. Breast cysts

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 14 April 2021. Fibrocystic breasts 

Medical News Today (2020). Diakses pada 14 April 2021. What to know about cysts 

Medical News Today (2019). Diakses pada 14 April 2021. Dietary choices to help prevent breast cancer 

NCBI (2016). Diakses pada 14 April 2021. Diet and risk of breast cancer 

    register-docotr