Kesehatan Wanita

Ladies! Ini 5 Kesalahan Memakai Bra yang Perlu Kamu Tahu

October 31, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Jika kamu merasa sakit punggung tiba-tiba, jangan panik dulu dan berpikiran kamu mengalami gangguan kesehatan serius. Karena mungkin saja sakit punggung terjadi karena kesalahan memakai bra.

Karena menurut theconversation, bra yang salah atau penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya sakit punggung. Untuk lebih memahami kesalahan memakai bra dan dampaknya, yuk simak penjelasan berikut.

Kesalahan memakai bra yang dapat menimbulkan masalah kesehatan

Wanita membutuhkan bra karena menganggap akan membantu menyangga payudara, membuatnya terlihat kencang dengan bentuk yang bagus. Namun, wanita seringkali menggunakan bra yang tidak tepat sehingga menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut adalah lima kesalahan memakai bra yang sering dilakukan:

1. Ukuran yang tidak sesuai

Bra yang kamu beli mungkin saja terlalu kecil sehingga saat digunakan terasa terlalu ketat. Kondisi itu bukan cuma menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi bra yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan nyeri payudara.

Selain itu, bra yang terlalu kecil, dapat menghalangi aliran darah ke payudara. Sehingga meningkatkan risiko masalah payudara, seperti timbulnya kista di payudara.

2. Memilih cup yang tidak tepat

Jika memilih bra dengan cup yang terlalu kecil, ternyata dapat menyebabkan gangguan kelenjar getah bening, lho. Untuk memastikan cup bra sudah pas atau belum, coba perhatikan bagian payudaramu saat menggunakan bra.

Jika ada sebagian payudara terlihat keluar dari cup, pertanda kamu memerlukan cup yang lebih besar. Atau, cobalah angkat tanganmu setelah mengenakan bra. Jika ada bagian payudara yang tidak tersimpan di bagian bawah bra, itu juga pertanda cup yang sekarang kamu gunakan terlalu kecil.

3. Tali bra tidak terpasang dengan benar

Coba periksa bagian lain seperti tali bra. Jangan sampai tali bra terlalu ketat. Tekanan saraf di sepanjang bahu dari tali bra dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan.

Selain itu, tali bra yang terlalu kencang di bahu, dapat menyebabkan luka lecet di kulit. Bahkan, menurut Deborah Vensy, MD, dokter dari klinik Cleveland mengatakan, bra yang tidak tepat penggunaanya dapat menyebabkan nyeri punggung.

4. Memaksakan bra jenis tertentu

Beberapa wanita hanya mau menggunakan bra jenis tertentu. Misalnya menggunakan bra dengan kawat karena merasa lebih percaya diri, di mana bra berkawat dapat menopang payudara lebih baik. Faktanya, bra dengan kawat penopang justru bisa menyebabkan masalah pada kesehatanmu.

Dilansir dari dailymail.co.uk, seorang ahli kesehatan wanita, dokter Priyanjalee Perera mengatakan bra dengan kawat bisa menyebabkan masalah pada otot.

“Kawat yang ada di bagian bawah payudara menekan tulang rusuk, dan ini dapat menyebabkan kejang otot dan nyeri,” ucapnya.

Jika kamu mengalami nyeri setelah memakai bra dengan kawat, sebaiknya pilih bra jenis lain. Bra lainnya tetap bisa menyangga payudara dengan nyaman dan lebih aman daripada memaksakan bra berkawat yang akan menyebabkan masalah otot.

5. Tidak mengecek bahan bra

Selain kesalahan dalam menemukan ukuran yang pas, wanita juga seringkali tidak mengecek bahan bra saat memilih dan membelinya. Ini mungkin akan menimbulkan masalah kesehatan pada kulit.

Ada beberapa orang yang mengalami alergi latex, sementara banyak jenis bra yang menggunakan bahan latex pada talinya. Sehingga ini dapat memicu timbulnya reaksi alergi.

Tidak cuma alergi, wanita yang memiliki kulit sensitif juga perlu lebih berhati-hati saat memilih bahan bra. Sebaiknya gunakan bra yang berbahan serat alami seperti katun atau wol.

Tips untuk menghindari kesalahan memakai bra

  • Periksa bagian yang melingkari dada dan punggung. Bagian depan dan belakang harus sejajar dan tidak bergeser walau kamu melakukan aktivitas seharian.
  • Pastikan ukuran cup. Pastikan tidak ada tonjolan payudara di atas, samping dan bawah. Payudara juga tetap harus ada di dalam cup saat kamu membungkuk.
  • Periksa bagian kawat. Jika kamu mengenakan bra berkawat, pastikan kawat mengikuti bentuk lipatan alami payudara. Gunakan bra berkawat senyaman mungkin yang tidak memberikan tekanan berlebih pada payudara.
  • Periksa tali bra. Pilih bra dengan tali yang bisa disesuaikan dengan mudah, agar tidak terlalu kencang. Pilih juga tali bra dengan bahan yang nyaman untuk menghindari kemungkinan alergi bahan tertentu.

Demikian kesalahan memakai bra yang sering terjadi. Selain yang sudah disebutkan di atas, memakai bra yang tidak pas juga meningkatkan risiko penyumbatan kelenjar getah bening, perubahan bentuk payudara hingga masalah postur tubuh.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Clevelandclinic, diakses 22 Oktober 2020
Can You Blame a Poorly Fitted Bra for Your Back Pain?
Healthline, diakses 22 Oktober 2020
The No BS Guide to Finding Your Bra Size
Theconversation, diakses 22 Oktober 2020
Wearing an ill-fitting bra isn’t just uncomfortable, it’s bad for your health
Dailymail, diakses 22 Oktober 2020
Is it time to ditch your bra?
Lifealth, diakses 22 Oktober 2020
How A Wrong Sized Bra Can Affect Your Health

    register-docotr