Kesehatan Wanita

Kapan Usia yang Tepat Bagi Remaja Perempuan untuk Memakai Bra?

May 6, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika sedang dalam masa pubertas, umumnya remaja perempuan akan mengalami pertumbuhan pada bagian payudara.

Namun seringkali hal ini menjadi sebuah pertanyaan seperti kapan usia yang tepat menggunakan bra? Seperti apa jenis bra yang tepat untuk dipakai? Simak penjelasannya yuk!

Kapan usia yang tepat remaja perempuan mulai memakai bra? 

Melansir Kids Health, hingga saat ini tidak ada usia yang tepat kapan seorang remaja perempuan harus memakai bra.

Hal itu disebabkan karena payudara mulai tumbuh sejak usia 8 atau paling lambat 13 tahun. Beberapa payudara anak perempuan tumbuh lambat dan yang lainnya tumbuh dengan cepat. 

Perkembangan payudara terjadi secara bertahap. Tahap pertama dimulai pada awal masa pubertas, ketika ovarium seorang gadis membesar dan estrogen, hormon wanita mulai beredar di dalam tubuh. Umumnya tahap awal pertumbuhan payudara ini disebut juga sebagai breast budding.

Kuncup payudara seperti benjolan kecil di belakang puting. Setelah payudara bertunas, puting dan lingkaran kulit di sekitar puting (disebut areola) membesar dan sedikit lebih gelap. Kemudian area di sekitar puting dan areola mulai tumbuh menjadi payudara.

Saat payudara terus tumbuh, mungkin akan menjadi runcing untuk beberapa saat sebelum menjadi lebih bulat dan lebih penuh. Untuk beberapa gadis, satu payudara mungkin sedikit lebih besar dari yang lainnya. 

Sebenarnya tidak ada usia khusus kapan remaja perempuan harus memakai bra. Jika pertumbuhan payudara tersebut mulai timbul, hal itu sudah menjadi penanda bahwa perlu disangga dengan bra. Tujuannya agar tidak membatasi rentang gerak yang kamu lakukan sehari-hari.

Dalam kondisi ini, sangat diperlukan bra sebagai penyangga karena mini set remaja tidak memiliki fungsi tersebut.

Jenis bra yang tepat untuk remaja perempuan 

Bra pertama yang biasa dipakai untuk remaja perempuan ketika payudara sedang dalam masa pertumbuhan disebut training bra. Bra ini untuk perempuan yang belum muat menggunakan ukuran standar, tetapi membutuhkan dukungan dan kenyamanan dasar.

Training bra sebenarnya tidak melatih payudara, seperti yang mungkin dipikirkan beberapa remaja perempuan. Sebaliknya, bra jenis ini adalah bra yang sangat mendasar untuk membantu anak perempuan terbiasa mengenakan bra.

Training bra umumnya dikenakan saat kuncup payudara pertama kali muncul dan menawarkan cakupan dan dukungan minimal karena pada saat itu banyak dukungan yang tidak diperlukan.

Karena training bra tidak menawarkan bantalan atau penyangga, maka harus diganti dengan bra lain ketika payudara seorang gadis benar-benar mulai berkembang.

Bra jenis ini sudah tersedia dalam berbagai warna dan corak, yang membuatnya menyenangkan untuk dikenakan para remaja perempuan. 

Baca juga: Mau Tato Payudara, Kenali Dulu Dampaknya bagi Kesehatan Wanita

Memilih ukuran bra yang tepat digunakan 

Mengenakan bra dengan ukuran yang tepat dapat mencegah timbulnya gangguan lain yang akan dialami seorang remaja perempuan. Misalnya, bra dengan ukuran yang tepat akan membuat payudara tidak akan disangga dengan baik.

Ada dua bagian ukuran bra, yaitu: 

  • Ukuran dada juga disebut ukuran gelang dan ukuran cup. Ukuran ini diwakili oleh angka (32, 34, 36, dll) yaitu bagian dari bra yang melintasi dada di sekitar punggung. Cup adalah bagian bra yang menahan payudara dan memiliki ukuran (A, B, C, dll.)
  • Bra tersedia dalam berbagai ukuran, yang merupakan kombinasi berbeda antara ukuran dada dan ukuran cup. Penting untuk mendapatkan ukuran dada dan cup yang tepat untuk memastikan kesesuaian yang tepat. 
  • Beberapa pembuat bra sekarang juga menawarkan opsi cup dalam setengah ukuran untuk membantu anak perempuan bisa menggunakannya lebih nyaman dan pas. 

Untuk remaja perempuan masa kini, bra tidak hanya harus nyaman tetapi juga bergaya. Kabar baiknya adalah bra memiliki berbagai macam warna dan desain sehingga mudah untuk menemukan bra yang nyaman untuk dipakai. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Kidshealth.org (2018) diakses pada 5 Mei 2021. Breasts and Bras
  2. Verywellfamily.com (2021) diakses pada 5 Mei 2021. Finding a Bra for Your Tween
  3. Thebetterfit.com (2021) diakses pada 5 Mei 2021. What Age Should You Wear a Bra? 
    register-docotr