Kesehatan Wanita

Ini 7 Manfaat Mencatat Jadwal Menstruasi yang Harus Kamu Tahu

July 22, 2022 | Fitri Chaeroni
feature image

Kamu termasuk orang yang dengan teliti mencatat jadwal menstruasi atau justru cuek dan tidak pernah mencatatnya sama sekali?

Ternyata, period tracking atau mencatat siklus menstruasi setiap bulannya itu punya banyak manfaat lho. Baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jika kamu masih termasuk orang yang cuek dan tidak pernah mencatat, berikut beberapa manfaat mencatat jadwal menstruasi yang harus kamu tahu!

Manfaat Mencatat Jadwal Menstruasi

1. Bantu kamu memahami siklus yang unik

Cara termudah untuk melacak siklus menstruasi adalah dengan mencatat kapan menstruasi terjadi sehingga kamu dapat mulai memahami panjang siklus rata-rata setiap bulannya.

Setiap tubuh berbeda-beda dan tak sedikit orang yang mengalami menstruasi yang tidak teratur. Rata-rata perempuan mengalami siklus selama 28 hari, tapi kamu mungkin berbeda.

Dengan mencatat setiap jadwal menstruasi kamu akan lebih memahami tentang siklus kamu yang pasti akan selalu berubah dan unik.

Baca Juga : Siklus Menstruasi KB Suntik Tak Teratur: Penyebab dan Hal yang Harus Diwaspadai

2. Mengetahui masa subur

Ini sangat penting untuk kamu yang sedang menjalani program hamil. Dengan mencatat siklus menstruasi secara rutin, kamu bisa memprediksi kapan kamu sedang dalam masa subur.

Melakukan hubungan intim pada masa subur memiliki kemungkinan hamil yang lebih besar. Jika kamu belum tahu bagaimana caranya, kamu bisa simak pembahasannya lewat artikel di bawah ini ya:

Baca Juga : Cara Tepat Menghitung Siklus Menstruasi untuk Kehamilan

3. Manfaat mencatat jadwal menstruasi untuk kesehatan reproduksi

Selain masalah kesuburan, mencatat siklus menstruasi secara teratur adalah cara yang baik untuk mengidentifikasi masalah kesehatan ginekologi lain yang mungkin tidak kamu sadari.

Misalnya, perubahan dalam siklus menstruasi mungkin menunjukkan bahwa kamu menderita fibroid, infeksi vagina, penyakit radang panggul, atau endometriosis. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini bisa menjadi tanda kanker endometrium.

4. Meningkatkan kesadaran tentang kesehatan tubuh secara keseluruhan

Siklus menstruasi menjadi salah satu indikator langsung dari kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Dan menstruasi adalah cara tubuh memberitahu kamu bahwa segala sesuatunya berjalan sebagaimana mestinya.

Menstruasi yang sangat tidak teratur atau berat, atau tidak menstruasi sama sekali selama beberapa bulan, dapat menjadi sinyal adanya masalah pada kesehatan tubuh kamu.

Dengan melacak dan mencatat berbagai detail siklus menstruasi, kamu bisa mengingat hal-hal yang mungkin akan kamu lupakan saat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan.

5. Memahami dan mengatur suasana hati

Ini bukan hanya tentang PMS. Perubahan hormonal selama siklus menstruasi diduga dapat menyebabkan perubahan suasana hati seperti mudah tersinggung, cemas, atau perasaan lebih penuh kasih sayang.

Mempelajari kapan perubahan ini terjadi dapat menjadi informasi lain untuk membantu memahami kapan ritme siklus menstruasi kamu berlangsung.

6. Bantu cegah kehamilan

Untuk kamu yang sedang dalam program menunda kehamilan, mencatat siklus menstruasi juga bisa bermanfaat untuk hal tersebut lho ibarat kontrasepsi untuk wanita.

Dengan mencatat siklus menstruasi kamu akan bisa memperkirakan kapan kamu dalam masa subur dan kapan saat sedang subur. Jika kamu sedang dalam program menunda kehamilan maka hindari berhubungan seks pada masa subur.

Namun metode ini akan lebih sulit dilakukan apabila siklus menstruasi kamu tidak teratur. Karena lebih sulit memprediksi kapan masa suburnya.

7. Memahami dorongan seksual pribadi

Melacak dorongan seks dan aktivitas seksual dapat membantu menentukan pola dalam siklus menstruasi kamu.

Mendekati masa ovulasi, kamu mungkin merasakan lonjakan hasrat seksual.

Baca Juga : Bolehkah Berhubungan Intim saat Menstruasi? Berikut Faktanya dari Sisi Medis

Apa saja yang harus dicatat?

Minimal, kamu harus mencatat kapan hari pertama menstruasi setiap bulan. Selain itu kamu juga bisa mencatat informasi tambahan lain yang penting. Seperti:

  • Kapan volume menstruasi terasa banyak atau berat
  • Perubahan mood selama proses menstruasi
  • Tingkat energi, nafsu makan, dan perubahan lainnya

Untuk mencatatnya, kamu bisa membuat jurnal pribadi secara manual atau memanfaatkan aplikasi digital yang ini banyak tersedia di App Store untuk pengguna iOS atau Google Play Store untuk pengguna Android.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar menstruasi dan kesehatan reproduksi lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Reference

Hello Clue. Diakses pada 22 Oktober 2020. 5 unexpected benefits of period tracking

Everyday Health. Diakses pada 22 Oktober 2020. How to Best Track and Calculate Your Menstrual Cycle

All About Women. Diakses pada 22 Oktober 2020. Tracking Your Period and Why it’s Important

    register-docotr