Kesehatan Wanita

Hampir Tidak Terdeteksi, Ini Ciri-Ciri Kista Ovarium yang Patut Diwaspadai

January 17, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ciri-ciri kista ovarium hampir sulit dikenali. Biasanya, tanda dan gejala penyakit ini akan kelihatan seiring dengan kista yang tumbuh.

Kista ovarium sendiri merupakan kantung yang berisi cairan yang tumbuh di di ovarium. Kondisi ini sangat umum terjadi secara alami dan dapat pergi dalam beberapa bulan tanpa memerlukan penanganan khusus.

Tipe kista ovarium

Tipe kista ovarium paling umum disebut kista fungsional yang terbentuk saat siklus menstruasi. Biasanya tipe ini jinak atau bukan merupakan sel kanker.

Selain itu ada juga tipe kista umum yang disebut kista patologi yang terbentuk karena pertumbuhan sel yang abnormal. Tipe ini biasanya tidak terlalu sering terjadi.

Tipe kista ovarium lain yang jinak dan kurang umum ialah:

  • Endometrioma: Disebabkan oleh endometriosis, yang terjadi saat adanya lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim
  • Dermoid: kista ovarium yang berisi rambut, gigi , lemak atau jaringan lainnya
  • Kistadenomas: Terisi dengan cairan dan terkadang tumbuh besar.

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Kista dan Tumor?

Ciri-ciri kista ovarium

Pada banyak kasus, kamu akan sulit mengenali ciri-ciri kista ovarium. Tumbuhnya kista tidak akan menunjukkan gejala apapun dan baru akan terasa ketika dia pecah, sudah sangat besar atau menyumbat suplai darah ke ovarium.

Biasanya kamu akan merasakan ciri-ciri kista ovarium sebagai berikut:

Nyeri di panggul atau abdomen bagian bawah

Rasa nyeri menjadi satu ciri-ciri umum kista ovarium. Nyeri yang timbul ini berbeda-beda pada setiap orang. Kamu bahkan bisa saja tidak merasakan nyeri penyakit ini.

Kamu bisa merasakan gejala yang sedikit tidak nyaman atau tiba-tiba jika ada satu kondisi yang menyebabkan kista pecah atau ovarium terpelintir. Kista yang menimbulkan gejala ini biasanya akan hilang dalam waktu beberapa minggu atau bulan.

Karena ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi, maka nyeri yang merupakan ciri-ciri kista ovarium ini akan terjadi di wilayah panggul atau abdomen bagian bawah.

Kamu bisa merasakan nyeri yang tajam atau tumpul dan biasanya akan datang dan pergi.

Perut kembung dan bengkak

Ciri-ciri lain kista ovarium juga bisa dilihat di bagian perut. Dalam hal ini kamu akan merasa perut menjadi kembung atau bengkak, serta terasa tertekan.

Pembengkakan ini pun tergantung dari ukuran kista ovarium dalam tubuh kamu. Eloise Chapman-Davis, M.D., seorang gynecological oncologist dari Weill Cornell Medicine di New York, Amerika Serikat menyebut umumnya ukuran kista kurang dari 10 cm.

“Tapi pada beberapa kasus ukurannya bisa mencapai seukuran semangka,” sebutnya. Dirinya menyebut kalau dalam hal ini banyak perempuan yang menyangka bahwa mereka mengalami kenaikan berat badan biasa.

“Kalau kenaikan berat badan itu terjadi di bagian perut, atau kamu tidak bisa menjelaskan kenapa hal ini terjadi, maka hal ini perlu kamu waspadai,” ucap dia.

Sakit saat berhubungan seksual

Merasakan sakit saat berhubungan seksual bisa jadi satu ciri-ciri kalau kamu memiliki kista ovarium. Karena seharusnya penetrasi seksual tidak menghasilkan rasa sakit. 

“Pada satu kasus, kista yang terlalu besar akan jatuh di belakang rahim, dalam hal ini maka kista tersebut akan berada di sisi serviks. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri ketika terjadi penetrasi dalam,” ucap Chapman-Davis.

Selain itu, salah satu kista, endometrioma, juga dapat menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual. Hal ini disebabkan karena kista tersebut berada di dekat serviks.

Mual dan muntah

Beberapa kista yang sudah terlalu besar dapat menyebabkan ovarium bergerak. Kondisi ini akan meningkatkan rasa sakit dan peluang terjadinya ovarium yang terpelintir. 

Ketika ovarium tersebut terpelintir, maka tidak hanya rasa sakit, kamu pun bisa mengalami mual dan muntah-muntah.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Ketahui Penyebab Kista dan Kenali Gejalanya Sedini Mungkin

Ciri-ciri lain kista ovarium

Beberapa kondisi berikut ini juga bisa timbul ketika kamu mengalami kista ovarium:

  • Gerakan usus yang sakit
  • Nyeri sebelum atau sesudah siklus menstruasi
  • Nyeri di punggung bagian belakang atau paha
  • Payudara terasa nyeri.

Demikianlah berbagai ciri-ciri yang bisa timbul ketika kamu mengalami kista ovarium. Selalu waspada terhadap kondisi ini, ya! 

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 08 Januari 2021. Ovarian Cysts: Types, Symptoms, Treatment, Prevention & More
  2. NHS, diakses 08 Januari 2021. Overview – Ovarian cyst
  3. Office on Women’s Health, diakases 08 Januari 2021. Ovarian cysts | womenshealth.gov
  4. Mayo Clinic, diakses 08 Januari 2021. Ovarian cysts – Symptoms and causes
  5. Healthline, diakses 08 Januari 2021. What Does Ovarian Cyst Pain Feel Like? Symptoms & More
  6. Womenshealthmag.com, diakses 09 Januari 2021. Ovarian Cyst Symptoms – How To Know If You Have An Ovarian Cyst
    register-docotr