Kesehatan Wanita

Yuk, Kenali Apa Itu Peranakan Turun dan Bagaimana Cara Mengatasinya!

March 23, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Prolaps uterus atau lebih dikenal dengan istilah peranakan turun adalah kondisi saat otot dasar panggul melemah dan tidak mampu menopang rahim. Tapi jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi peranakan turun jika mengalaminya. 

Cara mengatasi peranakan turun tergantung dari tingkat keparahannya. Sebelum lebih jauh membahas cara mengatasi peranakan turun, yuk simak lebih dulu mengenai apa itu peranakan turun. 

Apa itu peranakan turun?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peranakan turun adalah kondisi saat otot dasar panggung tidak mampu menopang rahim. Kondisi ini menyebabkan rahim masuk kedalam saluran vagina. 

Kondisi peranakan turun ini terbagi menjadi empat kategori berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  • Tingkat pertama: Kondisi saat leher rahim masuk atau turun ke saluran vagina
  • Tingkat kedua: Leher rahim sudah masuk sampai ke bukaan vagina
  • Tingkat tiga: Leher rahim turun sampai ke luar vagina
  • Tingkat empat: Seluruh bagian rahim berada di luar vagina. Dalam istilah medis kondisi ini juga disebut procidentia

Cara mengatasi peranakan turun

Setelah mengetahui apa itu peranakan turun dan tingkat keparahannya, selanjutnya adalah penjelasan cara mengatasi peranakan turun. 

Kabar baiknya jika masih di tingkat satu sampai ketiga, peranakan turun bisa membaik tanpa harus menjalani perawatan khusus. Jika berkonsultasi ke dokter, mungkin akan direkomendasikan perawatan sederhana seperti latihan kegel.

Latihan kegel dilakukan dengan tujuan menguatkan otot panggul, agar kuat menopang rahim. Namun jika sudah melebihi tingkat tiga serta menimbulkan gejala seperti:

  • Rasa berat di panggul
  • Adanya jaringan menonjol di vagina
  • Kebocoran urine (inkontinensia)
  • Sulit buang air besar
  • Mengalami masalah seksual, seperti sensasi kendur pada vagina

Dokter mungkin akan menyarankan kamu untuk melakukan beberapa cara mengatasi peranakan turun, bisa dengan cara tanpa pembedahan atau melalui pembedahan.

Cara mengatasi peranakan turun tanpa pembedahan

Ada dua cara mengatasi peranakan tanpa pembedahan, yaitu:

  • Krim estrogen vagina: Krim yang digunakan di area genital ini membantu meningkatkan kekuatan jaringan vagina.
  • Pesarium vagina: Caranya dengan memasukkan alat berbentuk cincin ke dalam vagina, untuk menopang rahim agar tetap di posisinya. Namun penggunaan alat ini dapat menimbulkan efek samping seperti keluarnya cairan berbau tidak sedap.

Mengatasi peranakan turun dengan pembedahan

Jika kondisi sudah parah, dokter akan menyarankan untuk melakukan pembedahan. Ada dua jenis pembedahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi peranakan turun, yaitu:

Memperbaiki jaringan dasar panggul

Operasi ini bisa dilakukan melalui vagina atau dengan sayatan di perut. Dokter akan melakukan pencangkokan jaringan baru ke struktur dasar panggul yang melemah. 

Cangkok jaringan bisa diambil dari tubuh pasien sendiri atau dari jaringan donor. Penggunaan bahan sintetis juga mungkin digunakan dalam operasi ini.

Pembedahan mungkin tidak disarankan jika kamu masih ingin memiliki anak. Karena kehamilan dan proses melahirkan dapat merusak kembali otot panggul yang sebelumnya sudah diperbaiki. 

Pembedahan histerektomi

Histerektomi adalah pengangkatan rahim. Biasanya dilakukan pada kondisi-kondisi tertentu. Prosedur ini tidak akan disarankan pada wanita yang masih berkeinginan memiliki anak. 

Perawatan lainnya yang mungkin dilakukan

Selain melakukan beberapa cara mengatasi peranakan turun seperti yang sudah disebutkan, ada beberapa langkah lainnya yang perlu dilakukan. Langkah-langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga agar kondisi tidak kembali memburuk.

Untuk menghindari otot semakin melemah, kamu juga sebaiknya menghindari mengangkat beban yang berat. Semakin berat beban, akan semakin membuat otot panggul melemah. 

Jika mengalami batuk kronis atau bronkitis, segera lakukan pengobatan agar batuk terkontrol. Batuk yang terlalu kuat dapat memberikan tekanan pada otot panggul sehingga membuat rahim semakin merosot ke saluran vagina. 

Terakhir, hidup sehat dengan mengonsumsi makan-makanan dengan nutrisi seimbang. Termasuk makanan yang kaya serat agar tidak sembelit. Sembelit juga dapat memberikan tekanan pada otot panggul, dan dapat menjadi penyebab terjadinya turunnya peranakan. 

Demikian informasi seputar cara mengatasi peranakan turun, yang bisa kamu lakukan. Punya pertanyaan lebih lanjut?

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayoclinic, diakses 17 Maret 2021
Uterine prolapse
Healthline, diakses 17 Maret 2021
Uterine prolapse
WebMd, diakses 17 Maret 2021
Prolapsed Uterus
Medical News Today, diakses 17 Maret 2021
What you need to know about uterine prolapse

    register-docotr